Air Terjun

Air Terjun Riam Dait, Si Cantik Di Ujung Utara Kalimantan Barat

Kalimantan Barat. Siapa yang tak mengenalnya. Provinsi yang terkenal dengan “seribu sungai” ini memang memiliki ratusan sungai besar yang bahkan bisa dilayari. Kondisi geografisnya pun dipenuhi aliran sungai yang menyebabkan banyaknya air terjun di provinsi ini. Selain itu, air terjun yang tersebar di berbagai daerahnya pun memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya air terjun 7 tingkat yang terbentuk dari patahan Sungai Dait.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Sebut saja Air Terjun Riam Dait. Atau biasa dikenal dengan Air Terjun Remabu oleh warga sekitar. Lokasinya jauh berada di pelosok timur laut Kota Pontianak.  Tepatnya di Desa Skendal, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak. Untuk menuju kesini, kamu dapat mengakses dari Kota Ngabang melewati Kecamatan Tayan dengan waktu tempuh sekitar 6 jam perjalanan jika kamu memulainya dari Pontianak.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Fyi guys, Air Terjun Riam Dait memiliki ciri khas berupa air terjun dengan 7 tingkatan. Di tingkat pertama, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. Sebuah air terjun menjulang tinggi dengan rimbunnya pepohonan yang mengelilinginya. Yakin deh, kamu pasti akan mendecak kagum dengan apa yang kamu lihat didepan mata.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Selain itu, di sekitarnya juga terdapat hamparan pasir putih yang belum tentu kamu temui di pantai. Menjadikan lokasi ini lebih seru jika dinikmati sambil berkemah karena sensasinya yang mirip seperti berada di pantai. Dan jika belum puas, kamu bisa menapaki tingkat selanjutnya dengan trek yang cukup rapat dan beberapa tebing pendek yang mengharuskan kamu untuk memanjat.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Adapun yang paling mudah dijangkau adalah air terjun tingkat 2 dan 3. Sedangkan tingkat 4 sampai 7 kamu harus melakukan traking yang extra melelahkan dengan jalur yang cukup sulit. Tapi tak perlu khawatir, karena sesampainya kamu diatas, lelahmu pasti terbayar sudah dengan panorama dan percikan air yang dapat menyegarkan mata dan pikiranmu. So, kamu tak perlu ragu untuk berkunjung kesini. Karena perjalanan yang panjang dan melelahkan akan sepadan dengan apa yang kamu dapatkan. Selamat berkunjung :)

Referensi : Galeri Indonesia Kaya

Tags

kikyamaleader

Perkenalkan! Aku adalah salah satu dari tetesan benih yang jatuh ke Bumi. Perlahan menjelma menjadi seorang Accounting yang bereinkarnasi menjadi Travel Journalist di Backpacker Jakarta. Dan sekarang tengah asik mengexplore indahnya Indonesia lewat goresan pena. Saat ini sedang mengejar target untuk bisa mendaki seluruh gunung di Tanah Air. Serta sedang bermimpi menapaki gagahnya Carstensz Pyramid, titik tertinggi Tanah Air Indonesia. Aku cinta menulis. Sebagaimana menulis adalah caraku melukiskan pikiran, perasaaan, serta gairah jiwa. Dan tulisan-tulisan itulah yang akan menandakan bahwa aku pernah ada dan melintas di Bumi ini sampai aku menghilang menjadi setitik debu di birunya semesta. Warm Regards, Rizky Amalia | Part of UKM Seni Budaya STEI & Teater Enjuku'18

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *