Air Terjun

Menyusuri Legenda Cinta di Air Terjun Putuk Truno Pasuruan

Pasuruan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang menyimpan sejuta potensi wisata alam. Sudah menjadi rahasia umum, Pasuruan menjadi salah satu destinasi wisata alam yang paling digemari oleh masyarakat, baik masayarakat Jawa Timur maupun masayarakat dari luar daerah. Termasuk Air Terjun Putuk Truno, wisata pasuruan yang terletak di kaki gunung Arjuno dan Welirang ini, atau tepatnya di Kecamatan Prigen.

Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan (foto : dio_dwi19)

Tiket Masuk dan Fasilitas

Untuk sampai di sini cukup mudah. Jika dari Pasuruan, arahkan kendaraan menuju ke arah Kecamatan Prigen, tepatnya Polsek Prigen. Dari sana ambil kiri dan lurus terus sejauh kurang lebih 200 meter hingga sampai lokasi pintu masuk Air Terjun Putuk Truno.  Kamu akan disambut dengan gemericik suara air, suasana yang asri dan udara yang sejuk.

Baca juga : Coban Jodo, Satu Lagi Air Terjun Indah yang ada di Malang

Tak perlu khawatir harga tiket masuk ke Air Terjun Putuk Truno cukup terjangkau, Harga tiket masuknya hanya Rp10.000/orang, Rp2.000 untuk parkir roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat. Wana wisata ini telah dikelola dengan baik, sehingga buat Kamu yang ingin menikmati panorama indah di sana.

Tak perlu cemas, sejumlah fasilitas telah disiapkan untuk kenyamanan pengunjung. Antara lain parkir yang luas, toilet, gazebo dan juga warung dengan aneka kuliner. Kuliner tradisonal khas ini akan memanjakan lidah Kamu saat lapar melanda ditengah menjelajah air terjun

Air Terjun Kebanggaan Pasuruan

Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan , adalah salah satu wisata kebanggan bagi warga pasuruan, terbukti setiap akhir pekan banyak sekali pengunjung baik dari sekitar Pasuruan ataupun dari luar daerah yang memenuhi area wisata ini. Keindahan panorama seorang menghipnotis setiap yang datang, dengan gemericik air yang jatuh ke kolam serta udara yang segar dan masih alami dari pepohonan di sekitarnya.

Baca Juga : Mencicipi Kuliner Legendaris Bakso Pak Kus Surabaya

Yakin Ga Pengen ke Air Terjun Putuk Truno?

Air Terjun Putuk Truno memiliki ketinggian 45 Meter, dengan air yang sangat jernih. Jika beruntung, kamu bisa melihat penampakan pelangi dari jarak dekat. Hal tersebut menjadikan Air Terjun ini sebagai salah satu air terjun terindah di Jawa Timur. Jernihnya air serasa memanggil langkah kaki mendekat dan bermain dalam kesegarannya.

Kamu bisa kok main air di kolam yang berada tepat di bawah air terjun. Tapi jangan lupa ya tetap hati-hati. Terutama jika sedang musim penghujan karena debit air bisa lebih deras dan berbahaya. Sebaiknya jika berkunjung di musim penghujan tidak bermain atau berenang di kolam ya.

Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan (foto : trianrhdyh)

Legenda Cinta Joko Taruno dan Sri Gading Lestari

Tapi selain keindahan panoramanya, daya tarik dari air terjun cantik ini ada di cerita legenda yang menyelimuti di sekitar area tersebut. Nama Putuk Truno sendiri beraasal dari kisah cinta legendaris antara Joko Taruno, seorang pria biasa dari kalangan bawah yang mencintai putri bangsawan Raden Arya Wiraraja, Sri Gading Lestari. Sri Gading Lestari disembunyikan oleh sang ayah Raden Arya Wiraraja di sebuah tempat bernama Coban Baung, di kawasan Purwodadi, Pasuruan. Raden Wiraraja tidak merestui hubungan cinta putrinya dengan sang Joko Taruno.

Baca Juga : 6 Warung Ayam Betutu Paling Laris di Bali yang Harus Kamu Coba

Cinta Joko Taruno yang besar kepada Sri Gading Lestari membuatnya tak patah arang, Joko Taruno memilih bertapa dan memohon petunjuk kepada yang maha kuasa, di tengah pertapaannya Joko Taruno berubah menjadi ular. Berbekal kesaktiannya akhirnya Joko Taruno berhasil menembus pagar gaib yang dibuat oleh Raden Wiraraja. Diam-diam Sri Gading Lestari pun melarikan diri dari tempat persembunyian dan bertemu sang pujaan hati di sebuah air terjun yang kini dikenal dengan nama Air Terjun Putuk Truno, Putuk berarti ular dan Truno berarti Joko Taruno.

Air Terjun Cinta Abadi

Cerita legenda ini masih kerap diceritakan oleh masayarakat sekitar, bahkan ada mitos yang berkembang bahwa jika sepasang kekasih berendam dibawah air terjun maka hubungannya akan abadi atau langgeng. Tak heran air terjun inipun berjuluk air terjun Cinta Abadi. Wahh, kalau Kamu ingin hubungan dengan pasangan awet ajakin pasanganmu mandi dan berenang kesini yuk, agar hubunganmu abadi cinta Joko Taruno dan Sri Gading Lestari.

Air Terjun Putuk Truno di Pasuruan (foto : dwitaasr)

Wahh, pasti makin penasaran dong ya. Pastikan Air Terjun Putuk Treno  dimasukkan ke dalam daftar destinasi wisata kamu berikutnya. Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan dan jangan merusak alam ya, agar wisata alam kita tetap terjaga keasriannya.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *