Air TerjunUncategorized

Coban Jodo, Satu Lagi Air Terjun Indah yang ada di Malang

Coban Jodo, salah satu air terjun baru yang kini tengah hits dikalangan traveller. Pasalnya Coban Jodo selain memiliki keindahan yang masih sangat alami juga sangat instagenik. Coban Jodo sendiri baru dibuka pada 2017 lalu setelah banyaknya wisatawan yang penasaran dan berdatangan ke lokasi air terjun dan menguploadnya kemedia sosial.

foto : @didin_emelu

Nama Coban Jodo diambil dari sejarahnya warga setempat. Konon dulu saat masa penjajahan ada sepasang pasangan yang melarikan diri ke air terjun ini, namun ada yang berpendapat lain jika nama Jodo diambil dari bentuk air terjunya karena ada 2 aliran air terjun yang mengalir deras sehingga terlihat seperti pasangan atau jodoh.

foto : @ichalldunkz

Karena Coban Jodo terbilang wisata baru maka akses menuju ke lokasi juga masih susah dan belum ada petunjuk yang jelas. Namun jika dilihat dari lokasinya, Coban Jodo terletak tak jauh dari Coban Jidor. Bahkan jalur yang harus ditempuh untuk ke Coban Jodo juga hampir sama. Nnatinya dari Coban Jidor kita tinggal lurus saja hingga menemui ujung aspal jalan dari Dusuna Bendolawang.

foto : @yusufalbast

Coban Jodo sendiri secara administratif terletak di Dusun Bendolawang, Desa Ngadirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu desa terakhir sebelum tiba dilokasi Coban Jodo adalah Dusuna Bendolawang. Dari dusun ini kita masih haru melanjutkan perjalanan dengan menempuh jalur bebatuan sejauh 1 km hingga akhirnya tiba di kawasan parkiran Wisata Coban Jodo.

foto ; @irv_dinata .

Dari area parkiran kita harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki lagi sejauh 1-2 km dengan jalur treking yang cukup licin dan dipenuhi bebatuan,semak dan jalan setapak yang lebarnya hanya sekitar 1 meter. Tak hanya itu saja, ada banyak turunan dan tanjakan yang cukup curam sampai akhirnya kita harus melewati beberapa aliran sungai yang arusnya lumayan deras. Tak jauh dari sana sudah terlihat dan terdengar gemecik air Coban Jodo.

foto : @ahmad_anjarwicaksono

Salah satu alasan mengapa banyak wisatawan yang ingin datang langsung ke Coban Jodo ini adalah tekstur tebingnya yang berlekuk dihiasi hijaunya pepohonan disekitarnya. Bahkan ada banyak rerumputan segar yang seperti terkesan sangat alami. Disekitar Coban Jodo juga ada banyak air terjun lainya yang bisa dikunjungi seperti Coban Jidor, Coban Kricik, Coban Arema, Coban Suko.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *