Kuliner

Menilik Sejarah Lumpia Semarang

Mendengar kata Lumpia jelas langsung teringat Semarang bukan? Yes, Lumpia selama ini terkenal sebagai jajanan khas kota Semarang. Mari menilik sejarah tentang Lumpia Semarang. Lumpia Semarang merupakan jajanan rollade yang berisikan rebung, telur, dan daging ayam/udang. Siapa yang tahu ternyata sejarah dibelakang jajanan khas Semarang ini ternyata dikenalkan oleh pasangan Indonesia Tionghoa yaitu Tjoa Thay Yoe dan Wasih yang diteruskan dari generasi ke generasi dengan inovasi resep Lumpia yang mengikuti jaman walau tidak mengubah keaslian lumpia dari generasi pertama. Aslinya Lumpia Semarang berasal dari Lumpia goring khas Tiociu (Chaozhou) China.

Lumpia Semarang pertama kali dikenalkan oleh Siem Swie Kiem, yang khas dari Lumpia yang ia tawarkan yaitu racikan rebung yang tidak berbau juga campuran telur dan udang yang tidak amis. Selanjutnya oleh Siem Swie Hie, merupakan kakak dari Siem Swie Kiem membuat inovasi terbaru dengan tidak hanya menggunakan udang sebagai protein hewaninya melainkan ayam, yang akhirnya menciptakan pemilihan Lumpia Semarang isi Udang dan Lumpia Semarang isi Ayam.

foto : Toko Mesin Maksindo

Selanjutnya Siem Hwa Nio yang merupakan kakak perempuan dari Siem Swie Kiem yang membuka cabang Lumpia dibeberapa kota selain di Semarang. Ketiga generasi tersebut berasal dari satu keluarga pasangan Siem Gwan Sing dan Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta Lumpia Semarang. Sekarang kalian dapat menikmati banyak pilihan Lumpia Semarang diberbagai kios yang menyujukan keunikan masing-masing dengan merogoh kocek Rp80.000,- hingga Rp125.000,- per bungkusnya.

Selamat Jajan!!

~Gwendry R

Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Lumpia_Semarang

http://www.kompasiana.com/anthonytjio/lumpia-dalam-sejarah-dan-cerita-liar-penemuannya_5535a8cc6ea834f318da42e9l

http://cdn0-a.production.liputan6.static6.com/medias/1660/big/131128blumpia.jpg

Tags
Show More

Gwendry

an realistic-optimistic-dreamer yet ambivert doctor who loves travelling

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *