Editor PicksLiputan TripPantaiPulau

Trip Banyuwangi BPJ Part 9, Spot Menawan Pulau Menjangan

Taukah kalian?  Jika sebagai warga Indonesia sudah tugas  kita untuk lebih mengenal  keanekaragaman dan potensi kebudayaan juga keindahan negara kita Indonesia, agar selanjutnya kita bisa dengan bangga memperkenalkan Indonesia seutuhnya pada dunia.

Indonesia oh Indonesia, Negara dengan segala keanekaragaman yang luar biasa di dunia, Negara dengan potensi kebudayaan dan keindahan wisata yang luar biasa di dunia dan Negara yang dikenal dengan keramahtamahan warganya yang luarbiasa di dunia…

Yuk Travelers,  Kita mulai lebih mengenali Indonesia!

Kita mulai dari Indonesia bagian mana ya? Lanjut Pulau mana dulu nih yang bakal kita cari tau dan telusuri? Kota mana pula yang bakal kita kupas lebih dalam kali ini? Penasaran pastinya kan Travelers??

Yuk Simak yaa!!

(Sudah diputuskan.. hihi) Kali ini kita mulai dengan mencari tahu apa saja yang bisa kita temukan di pulau kecil yang terletak di 5 mil barat laut pulau Bali dan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Ayo ada yang tau pulau apakah yang dimaksud?

Yaps, pulau yang dimaksud yakni Pulau ‘Menjangan’. Sebuah pulau yang banyak dikenali wisatawan yang hobi diving. Pulau yang terkenal juga sebagai Wall Diving terbaik di Bali. Spot snorkeling yang indah, pemandangan laut biru dan hijaunya pulau-pulau lainnya yang berdekatan serta  berseberangan dengan Pulau Menjangan seakan memberikan kesan yang istimewa deh Travelers! (heem, istimewanya tuh pasti bikin hepii..piii..hepi!!).

Tak hanya dikenal dengan spot diving yang indah, seperti halnya dikutip dari laman id.wikipedia.org ternyata ‘Menjangan’ itu dalam bahasa setempat berarti ‘rusa/ kijang’, yaps alasannya jelas karena di pulau ini di huni juga oleh kawanan rusa atau kijang liar. Sehingga, wisatawan tak hanya bisa diving, melainkan juga bisa melihat kawanan rusa dan kijang liar kalau beruntung saat sedang mengunjungi pulau ini.

Pulau Menjangan, Bali Barat memang begitu menarik untuk dikunjungi, bahkan hingga berkali-kali. Seperti halnya yang dilakukan salah satu komunitas Indonesia yakni Backpacker Jakarta (BPJ) yang kembali menjadwalkan Trip Explore Banyuwangi untuk yang ke 9 kalinya, dengan destinasi Kawah Ijen, Pulau Tabuhan dan juga Pulau Menjangan. Trip Explore Banyuwangi yang ke 9 kalinya ini ternyata tak sepi peminat, tercatat ada 65 orang yang ikut trip.

Trip explore Banyuwangi ini telah terlaksana tanggal 16 hingga 18 Desember 2016 dengan empat cepe kece yakni Kak Aga, Kak Selly, Kak Edi dan Kak Galih. Peserta yang ikut trip ini sebanyak 65 orang, terdiri dari member grup RT BPJ dan di luar member grup RT BPJ. Biaya sharecostnya Rp 480.000,- dengan mepo pada tanggal 16 Desember 2016 di stasiun Senen, Jakarta pukul  14.00 wib.

Setelah semua peserta kumpul, perjalanan menuju Banyuwangi dimulai. Perjalanan menggunakan kereta api ekonomi jurusan Jakarta- Surabaya, sesampainya di Surabaya yakni keesokan harinya tanggal 17 Desember 2016 pukul 01.30 wib, dini hari. Kemudian perjalanan kembali dilanjutkan menggunakan elp yang sudah dibooking menuju Banyuwangi pada 17 Desember 2016 pukul 02.00 wib.

Perjalanan yang cukup panjang telah membuat semua peserta trip lelah, bayangkan saja dari Jakarta hingga Surabaya sudah menghabiskan waktu kurang lebih  12 jam di kereta. Lanjut menggunakan elp untuk mulai explore Banyuwangi dari Surabaya pukul 02.00 wib dengan menghabiskan waktu kurang lebih 8 jam untuk sampai di pulau Basring Banyuwangi yang merupakan jalur penyeberangan menuju pulau Menjangan pukul 10.00 wib.

Sesampainya di pulau Basring dan meski dalam keadaan lelah, ternyata itu tak menyurutkan semangat para peserta trip. Ada semangat baru, para peserta trip pun segera bergegas ganti baju untuk snorkeling. Kemudian segera juga mengantri untuk menunggu pembagian tim naik speedboat ke pulau Menjangan. Para peserta dibagi beberapa kelompok, kurang lebih satu kelompok terdiri dari 10 orang untuk 1 speedboat dengan 1 kakak cepe sebagai guide.

(Foto : Dokumentasi Panitia dan Peserta Trip Banyuwangi BPJ Part 9)

Perjalanan menggunakan speedboat pun dimulai, para peserta menikmati perjalanannya. Menikmati langit biru, laut biru dan hijaunya pulau-pulau yang indah sejauh mata memandang. Kemudian setelah 1 jam, sampailah juga di pulau Menjangan. Para peserta trip senang dan mulai mengexplore pulau Menjangan dan berfoto-foto. Setelah puas berfoto-poto, perjalanan speedboat dilanjutkan menuju ke spot diving di pulau Menjangan.

(Foto : Dokumentasi Panitia dan Peserta Trip Banyuwangi BPJ Part 9)

Para peserta pun telah bersiap dengan perlengkapan snorkel, kemudian sesampainya di spot diving semua bergegas segera melompat ke laut untuk sekedar berenang dan juga ber-snorkeling. Para peserta senang dengan menikmati indahnya bawah laut pulau Menjangan. Keanekaragaman terumbu karangnya itu benar-benar indah, biota-biota lautnya pun seakan menambah keindahan bawah laut pulau Menjangan menjadi sangat menawan.

(Foto : Dokumentasi Panitia dan Peserta Trip Banyuwangi BPJ Part 9)

Meski trip BPJ explore Banyuwangi 9 ini destinasinya tak hanya pulau Menjangan, masih ada pulau Tabuhan dan Kawah Ijen, bagi para peserta trip pulau Menjangan benar-benar memberikan kesan istimewa di hati. Terbukti benar adanya, kalau pulau Menjangan disebut destinasi para wisatawan yang hobi diving sehingga dikenal juga sebagai wall diving terbaik di Bali dan salahsatu destinasi wisata bawah laut terbaik di Indonesia.

“Trip Banyuwangi BPJ Part 9, Spot Menawan Pulau Menjangan” ini begitu sangat berkesan, semoga lain waktu diberikan kesempatan lagi untuk berkunjung lagi, menikmati lagi keindahan spot menawan pulau Menjangan, Bali. Menikmati langit biru, pulau-pulau hijau, laut biru serta indahnya terumbu karang, keanekaragaman biota -biota laut dan cantiknya ikan-ikan yang berenang kesana kemari di sini, yaps di pulau Menjangan, Bali Barat ini. :D

So, tunggu apalagi segera jadwalkan cari tau dan telusuri Spot Menawan Pulau Menjangan karena INDONESIA itu ISTIMEWA!

See NEXT TRIP! :D Salam HITS.

Created by : Fitri Yuhana (@fittriyuhanna) – 16 Januari 2017  Pukul 02.00 WIB

Tags

Fitri Yuhana

Mojang Bandung yang hobi melangkahkan kaki ke segala penjuru arah mata angin dan memiliki banyak hobi lain yakni, bercerita, berteman dengan anak-anak, menulis, meliput dan memotret. #langkahkakiFYn

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close