Kuliner

Gule Bulung Gadung Khas Mandailing

Foto oleh: gersangtapidamai.blogspot.com

Gule Bulung Gadung adalah masakan yang berasal Tapanuli Selatan, tepatnya makanan khas mayarakat Suku Mandailing. Gule artinya Gulai, sedangkan Bulung Gadung yang artinya daun singkong. Warnanya hijau dan baunya yang sedap membuat perut kita serasa tergelitik saat menyantapnya.

Uniknya, walaupun dihidangkan setiap hari namun lidah kita tidak pernah bosan dan ketagihan ingin mencicipinya lagi dan lagi. Masakan ini mempunyai rasa yang berbeda dengan daerah lain. Hal yang membuat cita rasanya berbeda karena ditambahkan Rimbang. Bagi anda yang ingin atau sedang melancong ke Sumatera Utara, jangan lupa untuk menikmati lauk yang satu ini. Jika orang Minang dengan bangga menyebutkan masakan paling enak adalah Rendang, maka masakan paling enak orang Mandailing adalah Gule Bulung Gadung.

Berikut ini adalah cara pembuatannya:

Bahan-bahan :

-Daun Singkong, lebih baik yg masih muda daunnya
-Santan Kelapa kental secukupnya
-Beberapa butir Rimbang
-Irisan Kincong atau Kecombrang
-Udang Kecepe
-Irisan Bawang Merah, kupas kulitnya
-Garam dan Gula secukupnya

Cara Memasaknya :

-Cuci bersih rimbang, kincong, udang kecepe, bawang merah, dan daun singkong yang telah disiangi.
-Masukkan sedikit demi sedikit semua bahan dan bumbu kedalam lesung, tumbuk hingga benar-benar halus.
-Panaskan santan kental, setelah mendidih masukkan bahan dan bumbu yang telah halus.
-Aduk daun singkong tumbuk, tunggu kira-kira 20 menit, masakan siap disajikan.

Foto oleh: youtube.com

Proses memasak Gule Bulung Gadung mudah tapi juga memerlukan kesabaran. Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses memasak, yaitu:
-Daun singkong yang diolah harus menggunakan daun ubi atau singkong yang masih muda untuk mendapatkan rasanya yang gurih. Ini juga akan memudahkan anda dalam proses menumbuk.

-Jangan mengurangi bahan terutama kincong, rimbang, dan udang kecepe. Jika dilakukan, bisa dipastikan akan mengurangi cita rasanya. Sebagai tambahan, kincong yang digunakan adalah kincong yg sudah dikupas kulitnya. Bagian paling dalamnya yang akan digunakan. Kincong ini akan membuat aroma khas pada masakan tersebut.

-Santan diaduk saat dimasak, sehingga tidak mengakibatkan santan tersebut menjadi encer.

-Untuk menambah kenikmatan, tambahkan Ikan Sale (ikan yang sudah diasapi) ke dalam masakan pada saat dimasak diatas api. Bisa juga menambahkan irisan jantung pisang. Gule Bulung Gadung biasanya disajikan bersama sambal ikan teri kacang. Dijamin makan anda akan tamboh-tamboh seperti istilah orang Medan.

Foto oleh: pikore.com
Sumber: www.kompasiana.com, mizy16.blogspot.co.id
Tags

Wina Zulfani

Tuhanmu adalah seperti apa yang kamu prasangkakan

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *