Gunung

Mencapai Puncak Gunung Ijen

Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi aktif yang berada di wilayah Banyuwangi dengan ketinggian 2.443 mdpl. Pemandangan yang paling menarik dan menjadi daya tarik gunung ini adalah kawah asam Ijen dan pesona blue fire nya! Dan ternyata dua fenomena ini juga menjadi buruan para pendaki mancanegara!

foto : Aga Bpj 8
foto : Aga Bpj 8

Blue fire adalah fenomena api biru yang akan muncul pada pukul 02.00 – 04.00 WIB (dini hari). Uniknya, blue fire ini hanya akan dapat dijumpai di dua tempat, Islandia dan Ijen! Keren sekali ya! Jadilah, rombonganku berangkat dari jam 01.00 dini hari WIB untuk menaiki gunung Ijen untuk mengejar view Blue Fire.

foto : Aga Bpj 8
foto : Aga Bpj 8

Rombongan kami berangkat dari Pos 1 di Paltuding. Aku menjadi kelompok yang paling terakhir, (aku tergolong pemula dalam urusan pendakian gunung :p) dan membutuhkan waktu selama 3-4 jam untuk menempuh perjalanan menjajaki 4 pos hingga mencapai Puncak Gunung Ijen.

blue fire kawah ijen

(Blue Fire. Sumber Foto: back link: http://survival491m.blogspot.co.id/2014/01/fenomena-alam-api-biru-blue-fire-di.html. Sayangnya rombongan kami tidak bisa melihat fenomena blue fire secara langsung karena kabut dan awan yang mendung)

Kawah Ijen atau bisa juga disebut sebagai Kaldera Ijen berwarna hijau dan mengepulkan asap belerang. Ketika berada di puncak kita harus sudah siap dengan masker yang memadai untuk menyaring oksigen. Jika kita tak mengenakan masker sudah dapat dipastikan kita akan tersedak dan sesak nafas karena kita menghirup udara yang telah terkontaminasi kepulan asap belerang.

kawah ijen

(Kawah Ijen. Pada saat itu, kawah ini sedang mengepulkan asap belerang dengan volume yang tinggi, sehingga para pendaki tidak bisa menuruni gunung untuk mendekat ke area kawah Ijen)

foto ijen
(Bersama Pendaki Mancanegara)

Oiya, selama perjalanan pendakian kita akan seringkali menemui penambang belerang yang menjajakan souvenir belerang dan penjual jasa trolley yang menjual jasa pengantaran menaiki & menuruni Gunung Ijen, jika kita tidak kuat mendaki sendiri :p

souvenir belerang ijen

(Souvenir Belerang, dihargai sekitar Rp. 10.000,00, belerang ini digunakan untuk mandi sebagai obat penyakit kulit seperti gatal-gatal dan panu)

jasa trolly

(Penjual Jasa Trolley. Jasa pengangkutan ini ditawarkan seharga Rp.400.000,00 – Rp. 800.000,00)

Simak cerita lengkapnya di Culture Traveler (back link: http://www.cvlturetraveler.com/2016/05/mencapai-puncak-gunung-ijen.html)

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close