GunungPulau

Gunung Colo, Gunung Berapi Terpencil Yang Terlewatkan

Hai travellers! Seperti yang telah kita ketahui, bahwa negeri kita Indonesia merupakan kawasan cincin api yang memiliki deretan gunung berapi aktif di sepanjang wilayah Indonesia. Tak terkecuali di Provinsi Sulawesi Tengah. Yaps, kepulauan yang menjadi surga wisata bawah laut Indonesia ini pun juga memiliki gunung berapi yang masih aktif loh hingga saat ini.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Sebut saja Gunung Colo. Gunung berapi yang berada di Pulau Una-una, Kabupaten Tojo Unauna, Provinsi Sulawesi Tengah. Aktivitas Vulkanik Gunung Colo sendiri bisa dikenali dari gempa vulkanik yang terjadi dari dalam gunung. Dan sama seperti gunung lainnya, selagi statusnya tidak membahayakan, kamu pun juga bisa menapaki Gunung Colo ini yang berada di kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Fyi guys, gunung yang berada di pulau terpencil ini terakhir kali meletus pada tanggal 23 Juli 1983. Dimana pada saat erupsi, Gunung Colo menimbulkan efek yang cukup dahsyat hingga menghanguskan dua per tiga wilayah Pulau Una-una. Letusannya pun menyisakan sebuah danau yang dikelilingi rerumputan hijau hingga memenuhi area puncak Gunung Colo. Bahkan sampai ke beberapa gunung baru seperti Gunung Ambu dan Gunung Sokora.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

By the way, Gunung Colo yang berada di Pulau Una-una ini memiliki ketinggian 508 meter di atas permukaan laut. Sehingga pendakiannya pun hanya memakan waktu sekitar dua sampai tiga jam. Dengan kondisi jalur berupa bebatuan vulkanik dengan beragam ukuran yang terbentuk dari lahar.

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

So, jika kamu berlibur ke Sulawesi Tengah, sempatkanlah berkunjung kesini. Dan rasakan sensasi mendaki Gunung Colo yang terpencil ini. Selepas mendaki Gunung Colo, kamu juga dapat menikmati wisata bahari yang ditawarkan Pulau Una-una. Karena pulau cantik penghasil cengkeh ini memiliki surga bawah laut yang begitu menakjubkan. Dimana kamu akan disuguhkan pada pasir pantai berwarna hitam dan putih hasil dari letusan Gunung Colo

Sumber Foto : Galeri Indonesia Kaya

Nah, untuk menuju kesini kamu dapat mencapainya menggunakan speedboat dari beberapa titik. Seperti dari Gorontalo, Pulau Batudaka, dan Pulau Kadidiri. Dan sesampainya disini, kamu bisa langsung menikmati sepaket wisata laut dan gunung yang akan melengkapi liburanmu menjadi sempurna. Selamat berkunjung :)

Referensi : Galeri Indonesia Kaya

Tags

kikyamaleader

Nama saya Rizky Amalia. Seorang Accountant sekaligus Mahasiswi jurusan Hubungan Internasional yang hobby menceritakan indahnya Indonesia melalui goresan pena. Bagiku, menulis adalah cara untuk melukiskan pikiran, perasaan, serta gairah jiwa. Hingga pada akhirnya, tulisan-tulisan itulah yang akan menceritakan kembali siapa aku dan bagaimana aku melintas di bumi ini.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close