Alam & TamanDanau & SungaiEditor PicksMasjidMuseum & SejarahPantaiSeni & Budaya

Mau Liburan Ke Ternate? Kunjungi 8 Tempat wisata keren ini

Ternate adalah nama sebuah pulau yang ada di Provinsi Maluku Utara. Di Pulau Ternate ada sebuah kota yang sangat cukup ramai bernama kota Ternate. Kota ini lokasinya berada di bawah kaki gunung api Gamalama dimana gunung api ini menjadi central pusat pulau Ternate. Kota Ternate memiliki julukan kota 1000 benteng karena dikota ini atau dipulau ini berdiri banyak sekali Benteng-benteng sisa peninggalan Sejarah dimasa penjajahan.

Kota Ternate merupakan Ibukota sementara Provinsi Maluku Utara secara de facto dari tahun 1999 hingga 2010. Namun Pada tanggal 4 Agustus 2010, Kota Sofifi diresmikan menjadi ibukota baru pengganti Ternate. Sejarah mencatat jika Kota Ternate bermula dengan adanya Kesultanan Ternate yang berdiri sekitar abad ke-13 di Pulau Ternate, yang menjadikan kawasan kota ini sebagai pusat pemerintahannya.

Ternate juga merupakan kota kepulauan yang memiliki luas wilayah 547,736 km², dengan 8 pulau. Pulau Ternate, Pulau Hiri, Pulau Moti, Pulau Mayau, dan Pulau Tifure merupakan lima pulau yang berpenduduk, sedangkan terdapat tiga pulau lain seperti Pulau Maka, Pulau Mano dan Pulau Gurida merupakan pulau berukuran kecil yang tidak berpenghuni.

Beberapa tempat wisata alam yang menarik yang bisa kalian kunjungi jika liburan ke Ternate adalah :

1. Benteng Tolukko
foto : @emyebpj

Benteng ini terletak di Kelurahan Sangadji, Ternate Utara  yang dibangun pada tahun 1540 oleh panglima Portugis bernama Fransisco Serao. Pada tahun 1610, Benteng ini juga pernah diperbaki oleh seorang Belanda bernama Pieter Both. Benteng Tolukko tegak diatas pondasi batuan beku dengan 3 buah bastion, yaitu ruang bawah tanah, lorong, halaman dalam serta bangunan utama yang berbentuk persegi. Bagi penggemar wisata sejarah, maka berkunjung ke Benteng Tolukko dan menelusuri setiap sudutnya merupakan kegiatan yang mengasyikkan.

2. Benteng Oranje

amabeltravel8

Seperti namanya, Benteng Oranye dibangun pemerintahan kolonial Belanda pada tahun 1607. Ketika itu, Benteng Oranye ini dijadikan markas besar VOC sebelum dipindahkan ke Jakarta pada tahun 1619. Dulunya Benteng Oranye ini juga digunakan sebagai kediaman gubernur Belanda di Ternate. Saat ini Benteng Oranye masih digunakan sebagai markas tentara dan polisi di Indonesia, tetapi wisatawan masih diizinkan untuk melihat kemegahan benteng Belanda ini.

3. Benteng Kalamata

Benteng Kalamata sendiri dibangun oleh bangsa Portugis pada tahun 1540. Benteng Kalamata disebut juga Benteng Kayu Merah mengingat benteng ini berada kelurahan Kayu Merah, Kota Ternate Selatan.

foto : @feri_latief –

Umumnya penamaan benteng di Ternate akan disesuaikan dengan nama daerah keberadaan benteng tersebut dibandingkan nama aslinya. Nama asli benteng ini sendiri yakni Santa Lucia namun pada akhirnya benteng ini lebih dikenal dengan Benteng Kalamata. Nama Kalamata sendiri berasal dari nama Pengeran Kalamata, yakni adik dari Sultan Ternate Madarsyah.

Selengkapnya : Melihat Keindahan Sejarah Benteng Kalamata, Sisa peninggalan Portugis di Ternate

4. Benteng Kastela

Benteng Kastela adalah benteng peninggalan Portugis yang dikenal juga dengan nama Benteng Gamlamo. Benteng Kastela terletak di Jalan Raya Benteng Kastela Santo Paulo, Desa Kastela, Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara. Lokasi benteng ini berada di sebelah utara kawasan wisata Pantai Kastela.

www.indonesiakaya.com
foto : www.indonesiakaya.com

Sementara Benteng-benteng lainya yang ada di Ternate adalah Benteng Kota Naka, Benteng Santo Pedro, Benteng Talagame dan Benteng Willyam Star.Benteng ini dibangun oleh Portugis secara bertahap selama kurun waktu kurang lebih 20 tahun. Setelah menyelesaikan pembangunan benteng ini pada tahap awal, pada tahun 1521 Jorge de Brito kembali ke Goa (India Barat) namun belum sampai di sana ia telah tewas dalam salah satu pertempuran di Aceh.

Selengkapnya : Sejarah Benteng Kastela

5. Pantai Sulamadaha

Pantai Sulamdha adalah salah satu destinasi wisata yang sangat terkenal di Ternate Maluku utara. Pantai Sulamdha terkenal akan keindahan lautnya yang biru menggoda mata dan sangat bening sehingga dari atas perahu kita bisa melihat langsung kebeningan airnya. Mungkin kalian pernah ke Labuan cermin yang ada di Drawan Kalimantan Timur. Nah Pantai Sulamdha juga sangat mirip dengan labuan cermin yakni kejernihan lautnya dan airnya yang dalam.

foto : Flickr

Pantai Sulamanda juga memiliki bentuk angka U seperti berada ditengah-tengah danau dan dikelilingi hutan yang cukup lebat. Terlebih disekitar Pantai Sulamdha banyak tebing-tebing menjulang tinggi ditumbuhi berbagai pepohonan membuat Pantai Sulamdha terkesan sangat alami.

Selengkapnya : Pantai Sulamdha, Labuan cerminya Ternate Maluku Utara

6. Pantai Jikumalamo

Maluku memiliki banyak destinasi indah dan mampu membuat siapapun terpana pada pandangan pertama. Beberapa diantaranya memiliki lokasi tersembunyi, sehingga sedikit wisatawan yang mengetahui tempat wisata tersebut. Salah satunya adalah Pantai Jikomalamo!

Berbeda dengan kebanyakan pantai, Jikomalamo hanya memiliki panjang garis pantai sekitar 50 – 100 meter. Walaupun begitu kalian tidak akan kecewa karena pasir yang terhampar pada pantai ini masih sangatlah bersih.

Selengkapnya : Nirwana Tersembunyi Di Pantai Jikomalamo, Ternate

7. Danau Ngada / Danau Laguna

Terletak di Desa Ngade, Kelurahan Fitu, Kota Ternate, Maluku Utara, Danau Ngade terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan. Walau belum sepopuler Danau Tolire, potensi yang dimiliki oleh danau inipun cukuplah besar.

Credit by @asokaremadja

Bagaimana tidak? Spot yang ditawarkan oleh danau ini bisa diancungkan jempol karena perpaduan antara danau, hutan, dan langit nya membuat siapapun yang mampir kesini betah berlama-lama untuk mengabadikan moment terbaik. Jika dilihat, jarak pemisah antara Danau Ngade dengan pantai didepannya hanya sebuah jalan raya ber-aspal sehingga panorama yang disuguhkan menjadi sangatlah indah apabila dilihat dari ketinggian.

Selengkapnya : Danau Ngade, Pemandangan Paling Menawan Di Ternate, Maluku Utara

8. Danau Tolire

Terlepas dari kisah Legenda, Danau Tolire tetaplah danau yang sangat mempesona. Hamparan Danau seluas 5 hektar dengan kedalaman mencapai 50 meter ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan. Tidak hanya itu, Danau Tolire terbagi menjadi 2 yakni besar dan kecil. Bila sore menjelang, baik kedua danau tersebut akan menjadi tempat sempurna untuk menikmati matahari terbenam dengan latar lautan biru nan indah.

foto: @emyebpj
Beberapa warga percaya bahwa gempa itu merupakan hukuman dari Yang Maha Kuasa karena perbuatan maksiat antara Ayah dan putrinya tersebut. Desa itu pun terguncang dengan tanah yang retak, muncul air dan menenggelamkan seluruh desa beserta penduduknya ke dalam bumi. Akhirnya desa tersebut pun menjadi sebuah Danau raksasa yang dikenal sebagai Danau Tolire besar.

Selengkapnya : Danau Tolire, Tempat Liburan Di Ternate Yang Penuh Dengan Legenda

9. Batu Angus

Batu Angus Ternate sendiri dikenal sebagai salah satu permata hitam yang dimiliki oleh Kota Ternate. Kenapa disebut Batu Angus ? Sebab penampakannya memang berupa tumpukan batu hitam yang dikelilingi oleh panorama yang begitu sempurna.

Batu Angus, Ternate. Photo by @emyebpj

Fyi gengs, batu hitamnya sendiri berasal dari perut bumi yang dimuntahkan oleh Gunung Gamalama pada tahun 1673 dalam bentuk lahar pada saat gunung meletus lalu. Lama-kelamaan, lahar tersebut mengering dan mengerasa menjadi batu dan kemudian berubah warna menjadi hitam seperti hangus.

Selengkapnya : Batu Angus Ternate, Sebongkah Keindahan Dari Perut Bumi

10. Masjid Al Munawwaroh Ternate 

Masjid Raya Al Munawar adalah Masjid terbesar di Kota Ternate. Masjid yang dibangun pada pertengahan tahun 2003 ini diresmikan pada tangal 5 atau 6 Agustus 2010 oleh Walikota Ternate Drs. H. Syamsir Andili. Terletak di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Masjid ini menjadi ikon kota Ternate serta kebanggaan warganya.

foto : Ichal Bombastiec

Masjid Raya Al Munawar di bangun diatas lahan seluas kurang lebih 6 hektar dan dapat menampung sekitar 15.000 jamaah sekaligus. Dan hal ini dinilai sangat wajar mengingat Kota Ternate dikenal sebagai Kota Madani, dimana 95% penduduknya adalah beragama Islam.

Selengkapnya : Megahnya Masjid Raya Al-Munawar Yang Berdiri Dibibir Pantai Swering Gamalama, Ternate

11. Keraton Kesultanan Ternate

Buat teman-teman yang ingin mencicipi kuliner Ternate, Pusat tempat makanan di kota ini terletak di Swering, yang lokasinya berada di belakang Jatiland Mall, namun hanya buka mulai sore hingga tengah malam. Oh ya selain destinasi diatas sebenarnya masih banyak lagi wisata lainya yang bisa kamu kunjungi seperti Kebun Cengkeh yang sedang ngehits atau Pantai Bobane Ici.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 089507622003 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *