Danau & Sungai

Danau Kaolin Air Bara Bangka, Danau kaolin Terindah Yang ada di Indonesia

Pesona Baru Pulau Bangka

Danau Kaolin adalah sebuah danau yang terbentuk akibat bekas galian tambang namun bekas galian tersebut kemudian terisi oleh air sehingga membentuk sebuah danau yang berwarna biru atau hijau tergantung kedalamanya.

Danau Kaolin di Air Bara Kabupaten Bangka Tengah ini misalnya. Danau Kaolin ini biasa disebut Camoi Aek Biru oleh warga sekitarnya yang artinya danau yang airnya biru. Danau Kaolin Camoi Aek Biru lokasinya berada di Desa Air Bara, Kecamatan Air Gegas, Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Banga Belitung.

Untuk tiba di danau kaolin Air Bara ini dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Pangakal Pinang, ibu kota Provinsi Bangka Belitung. Jalan menuju danau kaolin ini juga cukup mudah. Selain jalanya sudah beraspal dan mudah dijangkau dengan berbagai kendaraan, lokasinya juga bisa dilihat dengan bantuan papan petunjuk atau aplikasi maps. Hanya saja dari jalan raya kita harus masuk lagi kedalam kawasan bekas pertambangan dimana jalanya masih jalan tanah yang kadang saat hujan sedikit licin dan kotor.

Awalnya danau ini hanyalah sebuah danau bekas pertambangan yang terlihat biasa saja dan terbengkalai seperti bekas galian tambang lainya di Bangka, namun semenjak banyaknya selebgram mengupload foto dengan latar belakang Danau Kaolin yang bewarna biru membuat banyak orang tertarik dan pensaran untuk melihatnya langsung.

Danau Kaolin di Air Bara yang bewarna Biru

Akibat fenomena selfie di media sosial, Kini danau kaolin air bara di Bangka menjelma menjadi objek wisata baru yang begitu populer. Tidak hanya bagi warga Bangka namun bagi wisatwan lainya yang sengaja datang ke Bangka hanya untuk melihat keindahan dan pesona danau kaolin ini.

Danau Kaolin di Air Bara yang bewarna Hijau

Salah satu keunikan yang ada pada danau kaolin air bara Bangka ini adalah warna airnya. Ada 2 warna air yang berbeda di sini yakni bewarna biru terang dan satu lagi bewarna hijau. Kedua danau yang berbeda warna tersebut bahkan posisinya bersebelahan sehingga jika difoto terlihat sangat unik. Pasir dan tanah bekas galian yang tergeletak disekitarnya menambah kesan dramatis dan terlihat menawan.

Danau Kaolin di Air Bara yang memiliki 2 warna

Harga tiket masuk ke danau ini juga masih gratis hanya perlu membayar parkir kendaraan saja. Menurut saya pribadi danau kaolin yang ada di Bangka ini jauh lebih indah dibandingkan dengan danau kaolin yang ada di tempat lain bahkan dengan di Belitung. Saat siang hari keindahan danau yang tercipta dari cahaya yang mengenai air danau membut danau ini semakin terlihat mengagumkan.

Itulah salah satu kekuasaan tuhan dimana manusia yang merusak alam namun tuhan punya cara untuk kembali mnejadikan bekas kerusakaan alam itu sebagai tempat yang bisa dimanfaatkan lagi. Kadang saya sendiri tak habis fikir mengapa banyak sekali bekas galian tambang yang dibiarkan begitu saja dan alam disekitarnya terlihat menyedihkan tanpa terurus. Beruntung satu-satunya danau bekas galian tambang yang bisa dijadikan objek wisata hanya danau Kaolin di desa Air Bara ini.

 

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *