Air TerjunAlam & TamanCandiDanau & SungaiEditor PicksPantaiSeputar Travelling

Mau Liburan ke Sumatera Utara, Jangan Lupa kunjungi 10 tempat keren ini

Sumatera Utara adalah sebuah provinsi yang terletak di Pulau Sumatera, Indonesia dan beribukota di Medan. Sumatera Utara merupakan provinsi keempat terbesar jumlah penduduknya di Indonesia setelah Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah. Menurut hasil pencacahan lengkap Sensus Penduduk (SP) 1990, penduduk Sumatera Utara berjumlah 10,81 juta jiwa, dan pada tahun 2010 jumlah penduduk Sumatera Utara telah meningkat menjadi 12,98 juta jiwa.

foto : Kamera Budaya

Sumatera Utara merupakan provinsi multietnis dengan Batak, Nias, dan Melayu sebagai penduduk asli wilayah ini. Daerah pesisir timur Sumatera Utara, pada umumnya dihuni oleh orang-orang Melayu. Pantai barat dari Barus hingga Natal, banyak bermukim orang Minangkabau. Wilayah tengah sekitar Danau Toba, banyak dihuni oleh Suku Batak yang sebagian besarnya beragama Kristen (wikipedia).

foto : beautifully-indonesia

Nah dari keterangan diatas kita simpulkan jika jalan-jalan ke Sumatra Utara tentunya kan menghabiskan waktu cukup lama terlebih semu atempat diberbagai daerah sumatra Utara sangtlah indah. Ets tenang saja, saya sudah merangkum kedalam 7 destinasi yang paling populer dan keren wajib kamu kunjungi bila kamu jalan-jalan ke Sumatra Utara.

1. Masjid Raya Medan

Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun merupakan sebuah masjid yang terletak di Medan, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909. Pada awal pendiriannya, masjid ini menyatu dengan kompleks istana. Gaya arsitekturnya khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat.

Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam sebagai pemimpin Kesultanan Deli memulai pembangunan Masjid Raya Al Mashun pada tanggal 21 Agustus 1906 (1 Rajab 1324 H). Keseluruhan pembangunan rampung pada tanggal 10 keseluruhan pembangunannya menghabiskan dana sebesar satu juta Gulden.

Selengkapnya : Kemegahan Masjid Raya Medan – Sumatera Utara

2. Patung Dewi Kwan Im

Patung Dewi Kwan Im adalah salah satu patung agama Buddha yang mencerminkan sikap welas asih. Patung yang memili ketinggian hingga 22,8 meter ini didirikan di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematang Siantar atau jalan sipiso-piso Provinsi Sumatra Utara.

foto : wongmuntilan

Patung Dewi Kwan Im dinobatkan oleh Rekor MURI menjadi patung Dewi Kwan Im terbesar dan tertinggi yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Tak heran bila patung ini bisa terlihat dari kejauhan saat kita berjalan menuju arah vihara Avalokitesvara.

Selengkapnya :Melihat rupa Patung Dewi Kwan Im Yang Tertinggi di Asia Tenggara

3. Air Terjun Ponot / Sigura-gura

Air Terjun Ponot adalah air terjun tertinggi di Indonesia dan berada di Dusun Sampuransiarimo, Desa Halado, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Air Terjun Ponot memang tidak seterkenal air terjun Sipiso-piso yang ada di Danau Toba sehingga banyak yang mengatakan jika air terjun Sipiso-piso inilah air terjun tertinggi di Indonesia. Kini semakin banyaknya info mengenai air terjun Ponot mengingatkan kita semua jika Air Terjun Ponotlah yang menjadi air terjun tertinggi di Indonesia.

foto : kompasiana.com

Air Terjun Ponot ini memiliki ketinggian hingga lebih dari 250 meter jika ditotal ketinggianya. Hal ini terkait bentuk air terjun ponot yang tidak langsung mengalir kebawah namun memiliki dua buah undakan air terjun. Air Terjun Ponot sendiri berada di aliran Sungai Ponot yang merupakan anak Sungai Asahan di ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan air laut.

Selengkapnya : Ini dia Air Terjun tertinggi yang ada di Indonesia

4. Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah danau tekto-vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.

iperkirakan Danau Toba terbentuk saat ledakan sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan bahwa jumlah total material pada letusan sekitar 2.800 km3 -sekitar 2.000 km3 dari Ignimbrit yang mengalir di atas tanah, dan sekitar 800 km3 yang jatuh sebagai abu terutama ke barat. Aliran piroklastik dari letusan menghancurkan area seluas 20.000 km2, dengan deposito abu setebal 600 m dengan kawah utama.

Selengkapnya : Danau Toba yang melegenda

5. Bukit Gundaling

Bukit Gundaling berjarak kurang-lebih 3 km dari kota Berastagi yang berada di ketinggian 1.575 mdpl. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan Delman atau Sado sambil menikmati pemandangan indah gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Akses jalan menuju Bukit Gundaling ini kalau ditempuh dengan kendaraan roda 4 merupakan jalan searah yang mengitari Bukit itu sendiri.

Bukit Gundaling

Gunung Sinabung, gunung berapi aktif di dataran tinggi Karo dengan ketinggian gunung 2460 m. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara, terakhir meletus tahun 1600, dan kembali meletus September 2010. Sedangkan Gunung Sibayak adalah gunung yang menghadap ke kota Brastagi. Orang Batak Karo menyebutnya Gunung Raja, dan meletus terakhir tahun 1881.

Selengkapnya : Bukit Gundaling, Dalam Dekapan Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak

6. Danau Linting

Sumatra Utara ternyata tidak hanya memiliki Danau Toba yang terkenal sebagai danau vulkanik terbesar di dunia. Sumut juga menyimpan banyak lokasi-lokasi wisata yang mempesona selain Danau Toba dan tentu patut untuk dijelajahi. Danau Linting adalah salah satu pesona wisata yang ada di Sumut.

Danau Lintang (foto : panduanwisatamedan)

Danau ini terletak di tiga desa yakni Desa Sibunga-Bunga, Desa Gunung Manumpak dan Desa Durian IV Mbelang, Kecamatan Sinembah Tanjung Muda (STM) Hulu, Kabupaten Deliserdang. Untuk menuju ke Danau Linting, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum dari terminal Amplas Medan dengan biaya sekitar Rp 20.000,- per orang. Namun, alangkah lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi baik mobil maupun motor.

Selengkapnya : Danau Linting, Maskot Sumatra Utara Yang Belum Di Kenal Selain Danau Toba

7. Candi Bahal

Menempuh perjalanan lebih kurang 10 jam dari kota Medan dan 3 jam dari Padang Sidempuan melalui jalur darat, tidak ada yang menyangka ada sebuah candi yang di claim oleh Wikipedia adalah sisa – sisa peninggalan dari kerajaan sriwijaya dimasa lampau yakni sekitar 11 abad yang lalu.

Selengkapnya : Candi Bahal Si Eksotis dari Tapsel – Sumatra Utara

8. Pantai Lagundri

Ada Pulau Kecil dibagian barat pulau Sumatra yang berhadapan langsung dengan lautan lepas Samudra Indonesia dan juga tempat bertemunya teluk sehingga menawarkan pemandangan pantai dengan ombak yang cukup tinggi dan bergulung, pulau itu bernama Pulau Nias.

Pulau Nias berjarak sekitar 125 km dari pulau Sumatra, letaknya sedikit terpencil namun mempunyai 2 pemandangan pantai yang luar biasa yaitu Pantai Lagundri dan Pantai Sorake. Kedua pantai tersebut terletak di desa Botohilitano, kecamatan Teluk Dalam, kabupaten Nias Selatan, provinsi Sumatra Utara dengan jarak keduanya hanya 2 km dan berlokasi 12 km dari teluk dalam.

Selengkapnya : Berselancar Indah di Pantai Lagundri Dan Sorake

9. Istana Maimun

Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, sekitar 10 km dari bandara. Wisata istana Maimun adalah sebuah peninggalan dari Sultan Kerajaan Deli yaitu Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah.

Arsitektur bangunannya yang indah serta sangat bersejarah seakan menjadi daya tarik dari salah satu istana megah, unik nan cantik ini, di Indonesia. Desain interiornya terlihat sangat unik karena memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

Selengkapnya : Wisata Istana Maimun Dan Prasasti Meriam Puntung Yang Melegenda Di Medan

10. Bukit Sipolha dan Pulau Hole

Bagi para penikmat alam khususnya yang berasal dari Sumatera Utara, lokasi ini tentunya sudah tidak asing lagi. Berlokasi di Desa Beringin, Tuk Tuk Margaret, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, anda akan menghabiskan waktu kurang lebih 5 jam dari Kota Medan.

Foto oleh @winazulfani

Sepanjang perjalanan, mata anda akan disegarkan oleh pemandangan bukit-bukit hijau. Sekitar 5 menit sebelum sampai di lokasi, tidak lagi jalanan aspal mulus yang dilalui melainkan batu kerikil dan jalanan curam yang cukup membuat anda tersentak dari kenyamanan duduk. Ini akan membuat anda harus lebih berhati-hati dalam berkendara.

Selengkapnya : Sisi lain Toba: Bukit Sipolha dan Pulau Hole

 

Sebenarnya ada ratusan destinasi wisata yang keren lainya yang ada di Sumatra Utara. Namun saya hanya merangkumnya kedalam 10 destinasi saja. So jangan lupa selain destinasinya yang keren juga wisata kulinernya yang sangat beragam. Jangan lupa guys kunjungi 10 destinasi diatas bila kamu berkunjung ke Sumatra Utara.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *