Alam & Taman

Bukit Gundaling, Dalam Dekapan Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak

Bukit Gundaling berjarak kurang-lebih 3 km dari kota Berastagi yang berada di ketinggian 1.575 mdpl. Untuk menuju ke lokasi wisata, Anda bisa menggunakan Delman atau Sado sambil menikmati pemandangan indah gunung Sibayak dan Gunung Sinabung. Akses jalan menuju Bukit Gundaling ini kalau ditempuh dengan kendaraan roda 4 merupakan jalan searah yang mengitari Bukit itu sendiri.

travelnizazainal

Sumber : travelnizazainal ( Tugu Selamat datang di Bukit Gundaling )

Gunung Sinabung, gunung berapi aktif di dataran tinggi Karo dengan ketinggian gunung 2460 m. Gunung ini menjadi puncak tertinggi di Sumatera Utara, terakhir meletus tahun 1600, dan kembali meletus September 2010. Sedangkan Gunung Sibayak adalah gunung yang menghadap ke kota Brastagi. Orang Batak Karo menyebutnya Gunung Raja, dan meletus terakhir tahun 1881.

dimedan1

Sumber : dimedan (Gunung Sibayak dari bukit Gundaling )

magicaelly

Sumber : magicaelly (Gunung Sinabung dari bukit Gundaling)

Hawa di Bukit Gundaling sangat sejuk, banyak pohon dan tanaman yang indah, ada andong yang siap membawa kita berkeliling seputar Bukit Gundaling, pengunjung dapat bersantai duduk dengan menghampar selembar tikar bersama keluarga.

Di atas Bukit, terdapat taman dan beberapa situs yang berupa patung dan tugu. Pada puncaknya terdapat area yang cukup datar yang bisa digunakan untuk bermain.

tripdomestik

Sumber : tripdomestik (Patung selamat datang di Bukit Gundaling )

Selain itu, ada juga beberapa bangunan diantaranya gereja tua dan beberapa shelter untuk berteduh. Disana juga terdapat beberapa tenda yang bisa disewakan kepada pengunjung yang ingin menikmati keindahan pemandangan alam sambil lesehan ataupun menikmati bekal dari rumah alias botram. Bagi yang tidak membawa bekal, disana juga terdapat rumah makan yang terletak di pinggir bukit dengan hamparan lahan hijau yang menyejukkan mata.

pegipegi

Sumber : pegipegi (Tenda tempat beristirahat di Bukit Gundaling)

Bagi Anda yang senang berbelanja, tentu saja tak lengkap rasanya jika sepulang dari tempat wisata tidak membawa buah tangan. Di sepanjang jalan di atas bukit ini terdapat banyak kios yang menjual souvenir mulai dari kerajinan tangan khas Batak sampai dengan kaus bertuliskan Berastagi. Anda ingin mendapatkan harga yang miring? bisa, harga barang disini bisa ditawar kok. Tinggal Anda sajalah yang menentukan.

magicaelly2

Sumber : magicaelly (Pasar buah dan souvenir )

Selamat berwisata!

Resources : www.wikipedia.com, www.pariwisatasumut.net, www.pariwisatasumut.com

Created by : Guntur

Tags

admin

Komunitas Backpacker Jakarta adalah sebuah komunitas Travelling yang didirikan pada 5 April 2013 dan berpusat di Jakarta dan sekitaranya (Bogor, Tanggerang, Bekasi dan Depok. Instagram : @backpackerjakarta Twitter : @official_bpj Facebook : www.facebook.com/groups/backpackerjakarta Group Wa : 089507622003

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *