City Tour & LandmarkSeputar TravellingTempat Ibadah

Melihat rupa Patung Dewi Kwan Im Yang Tertinggi di Asia Tenggara

Patung Dewi Kwan Im adalah salah satu patung agama Buddha yang mencerminkan sikap welas asih. Patung yang memili ketinggian hingga 22,8 meter ini didirikan di Vihara Avalokitesvara yang berlokasi di pusat kota Pematang Siantar atau jalan sipiso-piso Provinsi Sumatra Utara.

foto : wongmuntilan

Patung Dewi Kwan Im dinobatkan oleh Rekor MURI menjadi patung Dewi Kwan Im terbesar dan tertinggi  yang ada di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Tak heran bila patung ini bisa terlihat dari kejauhan saat kita berjalan menuju arah vihara Avalokitesvara.

foto : medanholidays.com

Patung yang diimpor langsung dari China ini dibangun hamir 3 tahun lamanya. Patung Dewi Kwan Im ini akhirnya diresmikan pada tanggal 15 November 2005. Patung Dewi Kwan Im di vihara ini terletak di lantai dua. Jadi sebelum menuju area patung ini kit aharus menaiki anak tangga terlebih dahulu.

Taman diarea Vihara (foto : wongmuntilan)
Tangga & Taman di area Vihara Avalokitesvan (foto : jurnal asia)
foto : defence.pk

Saat menaiki tangga kita akan disambut oleh dua patung yang terletak di dua sisi tangga yakni patung catur mahadewa-raja, alias malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Pemandangan lainya yakni kita bisa melihat nuansa negri bambu dengan adanya lampion-lampion yang ada disekitar area vihara dan Tepat didepan patung Dewi Kwan Im ada sebuah lonceng besar.

Shio dengan bentuk wajah binatang (foto : lihat.co.id)

Keindahan vihara ini semakin tercipta saat ada patung shio yang berjejer rapi dalam bentuk hewan-hewan yang merupakan simbol shio-shio. Kita bisa melihat shio seperti tikus, kerbau, macan, kelinci, naga, ular, kuda, kambing, monyet, ayam, anjing, dan babi yang lucu dan unik tentunya dengan perpaduan bentuk dan karakter yang berbeda.

Lonceng didepan patung (foto : wongmuntilan)
Dikunjungi oleh wisatawanLainya(foto :sintar.com)

Patung Dewi Kwan Im ini menjadi daya tarik wisata religi baik yang beragama budhha maupun agama lainya. Selain merupakan tempat ibadah utama warga Tionghoa Pematang Siantar juga kini Patung ini atau Vihara Avalokitesvara juga menjadi tujuan wisata utama di Siantar yang bahkan dikunjungi wisatawan asing.

Vihara Avalokitesvara – Patung Dewi Kwan Im

Alamat: Jl. Pusuk Buhit, Karo, Siantar Sel., Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara 21131
Telepon: 0819-1993-2888
Provinsi: Sumatera Utara

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close