Museum & SejarahSeni & Budaya

Wisata Istana Maimun Dan Prasasti Meriam Puntung Yang Melegenda Di Medan

infomedannet

Sumber : infomedannet ( Istana Maimun )

Tahukah kalian?  Jika sebagai warga Indonesia, sudah tugas kita untuk lebih mengenal  keanekaragaman dan potensi keindahan negara kita Indonesia, agar selanjutnya kita bisa dengan bangga memperkenalkan Indonesia seutuhnya pada dunia.

Indonesia oh Indonesia, Negara dengan segala keanekaragaman yang luar biasa di dunia, Negara dengan potensi keindahan wisata yang luar biasa di dunia dan Negara yang dikenal dengan keramahtamahan warganya yang luarbiasa di dunia…

Yuk Travelers,  Kita mulai lebih mengenali Indonesia!

Kita mulai dari Indonesia bagian mana ya? Pulau mana dulu nih yang bakal kita cari tahu dan telusuri? Kota mana pula yang bakal kita kupas lebih dalam kali ini? Penasaran pastinya kan travelers??

Yuk Simak yaa!!

(Sudah diputuskan.. hihi) Kali ini kita mulai dengan mencari tahu apa saja yang bisa kita temukan di salah satu kota terbesar keempat di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya dan Bandung yaitu Kota Medan. Sebuah ibukota dari Sumatera Utara, yang sangat terkenal dengan kuliner khasnya seperti bika ambon, bolu meranti dan olahan durennya, serta kain ulosnya tentunya kan Travelers! (Kain ulosnya cantik! Suka!)

Eitss tapi kali ini kita ga bakal mengupas lebih dalam kuliner khasnya loh, tapi kita bakal kupas lebih dalam potensi sejarahnya yaa, pokonya ampe tuntas… tas…tas… taas! (Tapi bukan sambil jualan tas juga loh ini.. Hihi)

Yuk kita mulai dengan telusuri sejarah dari Istana paling terkenal di Kota Medan  yaaa!

Hmm, coba tebak istana apakah itu?

Ya, betul ! Istana tersebut adalah Istana Maimun, salah satu istana terindah di Indonesia. Saking indahnya pasti bakal bikin travelers  jatuh cinta pada pandangan pertama dan dipastikan juga ga bakal bosen deh liatnya (tuh kan jadi inget pasangan dirumah, iya yang punya pasangan sih hihi).

Udah deh bapernya yuk kita mulai cari tau dan telusuri yaa, Travelers!

Point 1 : Istana Maimun Terkenal Akan Kemegahannya dan Arsitektur Bangunannya yang Indah serta Unik

rahmadbudhi8blogspot

Sumber : rahmadbudhi8blogspot ( Istana Maimun )

id.wikipedia.org- Istana Maimun adalah istana Kesultanan Deli yang merupakan salah satu ikon kota Medan, Sumatera Utara, terletak di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kelurahan Sukaraja, Kecamatan Medan Maimun, sekitar 10 km dari bandara. Wisata istana Maimun adalah sebuah peninggalan dari Sultan Kerajaan Deli yaitu Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah.

Arsitektur bangunannya yang indah serta sangat bersejarah seakan menjadi daya tarik dari salah satu istana megah, unik nan cantik ini, di Indonesia. Desain interiornya terlihat sangat unik karena memadukan unsur-unsur warisan kebudayaan Melayu, dengan gaya Islam, Spanyol, India dan Italia.

ruangan-singgasana-sultan-deli-di-istana-maimun-medan-oldlookindonesia-travel

Sumber : oldlookindonesiatravel ( Ruangan Singgasana Sultan Deli Di Istana Maimun Medan )

singgasana-sultan-deli-di-dalam-istana-maimun-plus-google

Sumber : plusgoogle ( Singgasana Sultan Deli Di Dalam Istana Maimun)

Istana Maimun Medan ini didesain oleh arsitek Italia dan dibangun oleh Sultan Deli, Sultan Mahmud Al Rasyid. Pembangunan istana ini dimulai dari 26 Agustus 1888 dan selesai pada 18 Mei 1891. Istana Maimun memiliki luas sebesar 2.772 m2 dan 30 ruangan.

Meski luas banget, kita ga bakalan cape ko menelusuri tiap sudut Istana Maimun ini, percaya deh Travelers! (Beneran deh, ciyus.. hihi).

Point 2 : Prasasti Meriam Puntung Dan Legenda Putri Hijau di Istana Maimun Medan

id.wikipedia.org – Legenda ini dimulai ketika pada abad 15 dan 16 di zona dataran rendah Aceh, Sumatera Timur, dan semenanjung Malaysia, Empat kerajaan saling memperebutkan kekuasaan pada zona perdagangan internasional yang kini dikenal dengan Selat Malaka.

Di tengah kecamuk perebutan kekuasaan ekonomi itu, pada tepian sungai Deli–tepatnya sekitar 9 km dari Labuhan Deli–lahirlah sebuah legenda klasik bernama Puteri Hijau. Legenda Sang Puteri yang selalu digambarkan dengan segala kosa kata kecantikan, bertahan hingga kini dalam dua versi.

Versi pertama berasal dari catatan sejarah yang mirip cerita lisan yang berkembang di masyarakat Melayu Deli. Versi kedua adalah hikayat dari masyarakat Karo. Keduanya bertentangan dan kelihatan sekali saling berlomba menonjolkan identitas dan ego suku masing-masing.

Selama bertahun-tahun legenda ini berkembang  dan menyebar dari mulut ke mulut, menyebar ke pelosok negeri, membuat  siapa saja yang berkunjung ke Istana Maimun Medan menjadi penasaran. Tak perlu bingung dengan versi cerita mana yang sebenarnya terjadi  ya Travelers!

Silahkan Travelers habiskan waktu  untuk puas berkeliling di Istana Maimun Medan ini. Lalu, sempatkanlah untuk memasuki sebuah bangunan khas Batak beratap ijuk di sisi kanan istana. Di dalamnya terdapat sebuah meriam buntung dengan legenda penjelmaan putri yang cantik.

rumah-meriam-putung-di-istana-maimun-detik1

Sumber : traveldetik ( Rumah Meriam Puntung Di Istana Maimun )

Disebutkan pula, Meriam Puntung adalah penjelmaan dari adik Putri Hijau dari Kerajaan Deli Tua bernama Mambang Khayali nan cantik jelita. Dia berubah menjadi meriam dalam mempertahankan istana dari serbuan Raja Aceh yang ditolak pinangannya oleh Putri Hijau.

traveldetik

sumber : traveldetik ( Meriam Puntung )

meriam-putung-wisata-medan

Sumber : wisatamedan ( Meriam Puntung )

Tak hanya itu, di depan pintu masuk  juga terdapat sebuah prasasti besar buatan Dinas Pariwisata Kota Medan. Isinya rupanya penjelasan soal bangunan ini dan Legenda Meriam Puntung alias meriam buntung.

bundavaniablogspot

Sumber : bundavaniablogspot ( Prasasti Meriam Puntung Di Istana Maimun Medan )

Ah, terlepas dari kepercayaan dan legenda yang ada, Meriam Puntung adalah kisah sejarah yang menarik. Sepotong kisah dari meriam yang sepotong juga, Meriam Puntung pastinya akan menambah pengalaman menarik bagi Travelers yang mengunjungi Istana Maimun Medan.

Untuk tiket masuk ke Istana Maimun cukup murah , hanya Rp. 5000/ orang. Buka setiap hari pukul 09.00 pagi -17.00 sore. Nah bagi kalian yang ingin mengisi liburan dengan wisata sejarah atau pengetahuan, istana maimun cocok untuk mengisi waktu liburan kamu. Jadi tunggu apa lagi, segera jadwalkan liburan ke Medan dan sempatkan pula mengunjungi Istana Maimun Medan ini yaa Travelers!!

Created by : Fitri Yuhana – BPJ 12

17 November 2016

Tags

Fitri Yuhana

Mojang Bandung yang hobi melangkahkan kaki ke segala penjuru arah mata angin dan memiliki banyak hobi lain yakni, bercerita, berteman dengan anak-anak, menulis, meliput dan memotret. #langkahkakiFYn

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *