Alam & TamanPulau

Melihat lebih dekat Keindahan Pulau Kenawa

Pulau Kenawa adalah salah satu dari sekian pulau indah yanga da di Provinsi Nusa Tenggara barat (NTB). Pulau yang masuk Kabupaten Sumbawa Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat ini menjadi salah satu pulau yang paling banyak diburu oleh kalanga trveller. Yap karena selain keindahan pemandangan disekitar pulau juga karena pulau ini masih snagat alami dan tak berpenghuni.

Pulau yang memiliki karakter dan ciri khas ini terlihat dari yang hanya ditumuhi oleh rumput nan hijau terbentang mengelilingi pulau. Pluas iconya yang berada ditengah pulau yakni sebuah bukit kecil. Dari bukit inilah wisatawan yang datang akan dibuat terkesima dengan keindahan yang ada disekitar pulau.

foto : @miqdama

Hamparan savana nan indah mengelilingi pulau yang luasnya hanya sekitar 15 hekatar ini. Pulau ini Tepat berada ditengah lautan luas yang biru dan pulau ini juga dikelilingi oleh pantai yang memiliki warna pasir putih, membuat perpaduan alam yang sangat indah.

foto : @farizannur
foto : @rt_organizer

Untuk menuju Pulau Kenawa memang akasesnya cukup sulit. Karena tak berpenghuni jadi biasanya hanya akan dikunjungi oleh wisatawan yang memang sengaja datang kepulau ini untuk berlibur. Untuk menyebrang kepulau Kenawa kita harus menyewa perahu dahulu dengan tarif sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000 tergantung tawaran yang kalian lakukan.

kapal nelayan pulau Kenawa (foto : @pulau_kenawa.)
dermaga pulau kenawa (foto : @sisitimur)

Perahu yang kita sewa bisa menampung sekitar 10-15 penumpang jadi sangat cocok bila ketempat ini bareng temen-temen kamu. Perjalanan menuju Pulau Kenawa juga tak tak terlalu lama yakni hanya sekitar 25 menitan penyebrangan laut dengan kapal nelayan setempat.

foto : @chantcute

Buat kalian yang berasal dari Lombok jangan khawatir karena kalian bisa kepulau ini melalui pelabuhan Khayangan yang ada di Lombok Timur. Dari Pelabuhan Kayangan jarak yang akan ditempuh sekitar 1-2 jam perjalanan laut untuk tiba di Pelabuhan Poto Tano di Sumbawa Barat. Nah dari pelabuhan Poto Tano kita tingal berjalan kaki selama 10 menit menuju pelabuhan nelayan untuk menyebrang kepulau Kenawa.

pemandangan dari dermaga pulau kenawa (foto : @errymsubhan)
foto : @chantcute

Mengingat Pulau Kenawa tak berpenghuni jadi tidak ada fasilitas dipulau ini. Tak ada penginapan, restoran atau listrik sehingga benar-benar sepi dan masih sangat alami. Namun buat kalian yang ingin menginap dipulau ini diperbolehkan mendirikan tenda dengan biaya izin sekitar 25 ribuan/ tenda. Pulau ini hanya berdiri pos penjagaan atau pos untuk petugas yang berjaga saja.

foto : @lentengtedes
foto : @robithah

Buat kalian yang suka snorkling, disekitar pulau knawa pemandangan lautnya juara. Bahkan tak jauh dari pantai kita sudah bisa melihat keindahan bawah lautnya. Oh ya dipulau ini juga sudah ada dermaga kecil untuk berlabuh kapal-kapal pengangkut wisatawan. Nah biasanya didermaga ini bila sore hari sering dijadikan spot foto keceh dengan sunset atau sunrisenya yang menggoda mata.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *