BlogPantai

Pantai Soge, Keindahan Lain Pesisir Pacitan

Di Pacitan banyak sekali wisata pantai yang sangat menarik untuk kita jelajahi, salah satunya yaitu Pantai Soge. Pantai ini, dulunya belum banyak orang yang tahu, mungkin akses yang menuju pantai ini yang tidak mendukung. Namun, Semenjak Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan yang melewati pantai ini resmi dibuka, pantai ini mulai terlihat ramai, terutama pada hari libur. Sepanjang jalan kita akan banyak di suguhi pemandangan yang menarik, baik pemandangan alamnya sampai jalan raya yang seperti tol.

Pantai Soge dari kejauhan
Pantai Soge dari kejauhan

Pantai Soge terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan ngadirojo atau sekitar 50 km arah timur kota Pacitan. Pantai ini berada di pinggir jalan raya atau lebih tepatnya di JLS dan memiliki garis pantai yang membentang sepanjang 2 km. kondisi JLS yang masih mulus dan sepi memberi aura tersendiri saat kita melintasinya. Meski letaknya di tepi jalan, Pantai Soge menawarkan pesonanya yang cantik dan masih terlihat alami . Bahkan, keindahan pantai ini pun bisa dilihat sebelum kita menginjakkan kaki di pasir pantainya yang putih dan bersih.

Danau kecil dari kejauhan
Danau kecil dari kejauhan

Pantai Soge merupakan salah satu pantai yang menyajikan pemandangan laut yang sangat indah dengan pasir lembut berwarna putih dan air laut yang biru. Pantai ini pun sangat bersih dan memiliki ombak yang cukup besar. Banyak yang bisa kita lakukan disini. Sama seperti di pantai pada umumnya seperti berenang, berjemur, berkemah, atau sekedar duduk dibawah nyiur pohon kelapa menikmati pemandangan sekitar pantai sambil menyeruput es kelapa muda. Kita pun bisa berjalan kaki menyurusi setiap sudut pantai. Kelembutan pasir yang terasa di telapak kaki, ditambah hembusan angin sepoi-sepoi membuat suasana hati menjadi tenang dan damai.

Danau kecil dari kejauhan
Danau kecil dari kejauhan

Selain pantai yang bersih, pantai ini juga memiliki sebuah ‘danau kecil’. Danau ini terbentuk karena air laut tidak semuanya tertarik kearah laut saat terjadi air surut dan terpisah oleh gundukan pasir yang membentang di tengahnya. Danaunya memang tidak terlalu luas, tetapi kita bisa menikmatinya dengan menyewa perahu wisata yang sudah disedikan pengelola. Letak danau yang berada di pinggiran kebun kelapa membuat suasana menjadi teduh dan nyaman.

Pemandangan lain yang di suguhkan di sekitar pantai ini adalah Jembatan Soge yang berada di salah satu ruas Jalur Lintas Selatan. Konstruksi jembatan ini sangat futuristik, dengan pipa lengkung di bagian atasnya sehingga menyerupai rangka kubah raksasa. Banyak wisatawan ataupun pengendara yang sengaja berhenti hanya untuk sekedar berfoto. Dari jembatan yang memiliki panjang hingga 50 meter ini, kita juga bisa menikmati Pantai Soge dari celah muara sungai.

Pantai Soge dari dekat
Pantai Soge dari dekat

Masih banyak lagi yang bisa kita nikmati di sekitar Pantai Soge. Bagi anda yang hobi fotografi, banyak spot yang bisa di eksplore. Diantaranya adalah tanjakan melengkung diatas pantai, panorama, puncak puring, vegetasi yang berjejer saat menyusuri sungai, jembatan Soge yang futuristik. Mau yang sedikit ekstrim, kita bisa mendaki dan turun ke bukit Puring. Dari bukit ini kita bisa menjelajahi pemandangan sekitar pantai dari ketinggian.

Pantai Soge dari kejauhan
Pantai Soge dari kejauhan

Untuk sampai ke Pantai Soge tidaklah sulit. Jarak tempuh Pantai Soge dari pusat kota pacitan kurang lebih 30 menitdengan kendaraan bermotor. Dari arah kota Pacitan, ikuti jalan menuju Pasar Arjowinangun, tepat di pos pasar, belok kanan dan ikuti terus jalur utama Jalur Lintas Selatan.

Tags
Show More

Idrisaje -

bukan siapa-siapa. hanya mencoba berdamai dengan takdir Tuhan....

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *