Kuliner

Kuliner Cabuk Rambak yang mulai Langka

Jika kamu suka makanan enak dengan harga yang murah, kamu perlu untuk beberapa hari tinggal di Solo, Jawa Tengah. Tidak ada habisnya untuk membahas beragam kuliner menggiurkan yang harganya sangat terjangkau. Bahan pangan lokal sebagai bahan dasar membuat penganan tradisional, dihasilkan sendiri oleh petani dan ladang yang masih terhampar luas di Solo Raya.

Cabuk rambak
sumber : satyawinnie

Salah satu kuliner andalan di Kota Solo Adalah CABUK RAMBAK. Nama “rambak” mengacu pada pelengkap kuliner ini yang berupa kerupuk dari kulit sapi. Namun karena harga kerupuk dari kulit sapi ini semakin mahal, maka sekarang “rambak” yang digunakan adalah kerupuk dari nasi, atau sering juga disebut “karak”. Dalam seporsi cabuk rambak, terdapat irisan ketupat “gendar janur” yang disiram saus khusus yang terbuat dari wijen sangrai dicampur kelapa. Tidak lupa tambahkan kerupuk rambak untuk melengkapi kenikmatan penganan ini.

cabuk rambak solo
foto: surakarta.go.id

Cabuk rambak biasanya disajikan dalam wadah pincuk daun pisang. Dijajakan lesehan atau tanpa kursi, jadi penikmat kuliner makan diatas tikar yang digelar. Harga satu pincuk penganan ini sekitar lima ribu rupiah. Menimati cabuk rambak bersama sahabat terdekat akan menjadi kenangan tersendiri yang membuat rindu dan selalu ingin kembali ke Kota Solo.

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close