Gunung

B-29 Negeri Di Atas Awan

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki banyak tujuan wisata yang sudah banyak kita kenal. Selain Gunung Semeru dan Gunung Bromo yang banyak di kunjungi para wisatawan, ada satu lagi tempat tujuan wisata di Lumajang yang wajib kita kunjungi. Namanya Puncak B-29 atau lebih di kenal dengan Puncak Argosari. B-29 letaknya berdekatan dengan Gunung Bromo dan Gunung Semeru dan masuk dalam kawasan wisata TNBTS. Puncak ini berada di Desa Argosari , Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang.

Photo. Matajatim.com
Photo. Matajatim.com

Puncak Bukit ini memiliki ketinggian 2900 mdpl dan lebih tinggi di bandingkan dengan puncak Gunung Bromo. Oleh karena itu, puncak bukit ini dinamakan B-29. Trek menuju lokasi ini memang lumayan sulit karena sepanjang jalannya  berkelok kelok, menanjak dan berliku serta satu sisinya adalah jurang. Namun, semua kesulitan itu akan terbayarkan saat kita sudah mencapai puncak B-29.

bukit b 29

Berada di puncak , kita akan melihat hamparan awan yang bergerak dan menari – nari. Hamparan bukit yang rindang dan savana yang hijau membuat kita merasa seperti ada di Negeri di Atas Awan.Tak hanya itu, dari puncak ini kita juga bisa melihat barisan Gunung Semeru, Gunung Bromo, dan lautan pasirnya serta Gunung Batok. Sangat indah bukan? Oleh karena itu, banyak yang menyebut B-29 ini sebagai Negeri di Atas Awannya Lumajang. Hawa yang sejuk di tambah pemandangan TNBTS dari atas yang sangat memesona, membuat kita sadar bahwa Indonesia begitu indah. Selain itu, kita juga bisa camping di sini untuk melihat sunset ataupun sunrise dengan latar belakang Gunung Bromo dan Semeru. Sangat memukau bukan?

bukit b 29 lumajang

Jika berkunjung ke Puncak B-29 ini, kita cukup membayar retribusi sebesar Rp3.000,00 di pos perizinan dan juga parkir sebesar Rp5000,00. Perjalanan  dari pos perizinan menuju puncak berjarak sekitar 2 kilometer. Kita bisa berjalan kaki atau juga bisa menyewa ojek dari warga setempat dengan harga berkisar antara Rp25.000,00 – Rp50.000,00. Kebanyakan warga Desa Argosari ini merupakan suku asli Tengger. Ayo, mari kita naik ke puncak bukit Negeri di Atas Awan ini dan menyaksikan alam ciptaan Tuhan yang sangat indah.

Editor:  Aemilia Dessy S

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close