City Tour & LandmarkMasjid

Ini dia 5 Masjid yang paling ramai di Kunjungi saat Bulan Puasa

Bulan Puasa atau Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan keagungan bagi Umat Muslim di seluruh Dunia tak terkecuali di Indonesia. Di bulan suci inilah banyak umat muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan dan beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa sebab di bulan suci ini segala bentuk kebaikan akan dilipat gandakan.

Masjid sendiri merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh masyarakat saat ibadah bulan Puasa. Selain tempat ibadah, banyaknya penjual takjil dan pedagang yang berjualan disekitar masjid menjadi daya tarik masyarakat untuk berbondong-bondong mengunjungi masjid. Nah Berikut ini akan saya infokan mengenai 5 Masjid terpilih di Tanah air yang paling ramai dikunjungi oleh masyarakat terlebih saat ibadah puasa seperti ini.

1. Masjid Raya Bandung

Kamu pernah ke Bandung ? Nah kamu pasti tau dong sama masjid yang cukup megah yang ada dikota ini. Yap Masjid Raya Bandung yang berada di pusat alun-alun kota Bandung ini memang menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Bandung. Selain beribadah sholat Zuhur atau Ashar, banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk mengabadikan momet di area masjid yang cukup instagenik. Tak hanya itu saja, wisatawan yang datang juga bisa Naik Menara yang ada disebelah Masjid Raya hingga sampai kepuncak. Di puncak tower inilah kita bisa melihat keindahan kota Bandung dari atas.

foto : ANTARA Foto

Masjid ini pertama dibangun tahun 1810, dan sejak didirikannya, Masjid Agung telah mengalami delapan kali perombakan pada abad ke-19, kemudian lima kali pada abad 20 sampai akhirnya direnovasi lagi pada tahun 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda (wikipedia).

Selengkapnya tentang Masjid Raya Bandung bisa disimak disini : Masjid Raya Bandung, Masjid Instagenik yang Megah dan Paling Ramai dikunjungi wisatawan

2. Masjid Agung Jawa Tengah Semarang

Masjid Agung ini terletak di Jalan Gajah Raja, Kelurahan Sambirejo, Kecamatam Gayamsari. Mulai dibangun pada bulan September 2002, dan resmi dibuka untuk umum pada bulan November 2006. Masjid ini memiliki gaya arsitektur berupa gaya bangunan Jawa dan Yunani yang dibangun diatas lahan seluas 10 hektar. Selain itu, Masjid Agung ini juga memiliki enam payung raksasa hidrolik yang sangat megah dan bisa terbuka otomatis.

Masjid ini sering dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah bila berkunjung ke Semarang. Selain sekedar beribadah masjid ini juga menarik banyak perhatian masyarakat karena kemegahanya atau keunikanya. Bila Bulan puasa tiba akan lebih banyak lagi masyarakat setempat dan masyarakat luar daerah yang sengaja datang dan beribadah dimasjid megah ini. Begitu juga masyarakat yang berjualan takjil dan dagangan diarea kawasan pedagang didepan masjid menarik banyak warga berdatangan ke masjid ini.

Selengkapnya info mengenai masjid agung Jawa Tengah ini bisa kalian baca diisni : Megahnya masjid agung semarang dari tower asmaul Husna

3. Masjid Raya Al-Munawar Ternate

Masjid Raya Al Munawar adalah Masjid terbesar di Kota Ternate. Masjid yang dibangun pada pertengahan tahun 2003 ini diresmikan pada tangal 5 atau 6 Agustus 2010 oleh Walikota Ternate Drs. H. Syamsir Andili. Terletak di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Masjid ini menjadi ikon kota Ternate serta kebanggaan warganya.

Foto by Ichal Bombastiec

Masjid Raya Al Munawar di bangun diatas lahan seluas kurang lebih 6 hektar dan dapat menampung sekitar 15.000 jamaah sekaligus. Dan hal ini dinilai sangat wajar mengingat Kota Ternate dikenal sebagai Kota Madani, dimana 95% penduduknya adalah beragama Islam. Masjid ini akan sangat ramai bila bulan Ramadhan tiba. Selain banyaknya warga yang lebih menyukai beribadah dimasjid besar ini juga banyakny apenjual makanan berbuka ataupun barang-barang yang berkaitan dengan ibadah digelar didepan halaman masjid.

Selengkapnya tentang masjid ini bisa kamu baca infonya diisni : Megahnya Masjid Raya Al-Munawar Yang Berdiri Dibibir Pantai Swering Gamalama, Ternate

4. Masjid Agung Annur, Riau

Di salah satu sudutnya terdapat bangunan besar berkubah hijau. Itulah Masjid Agung Annur. Makin mirip dengan kolam dan menara yang menjulang tinggi. Dengan kenyamanan seperti itu, nggak begitu mengherankan jika Masjid Agung Annur bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tapi juga destinasi wisata rohani yang bikin adem mata dan hati. Nggak percaya? Datang saja langsung ke alamat Masjid Agung Annur di Jalan Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau.

Foto by liandamarta

Sebenarnya, pembangunan masjid telah diupayakan sejak dulu, namun baru terwujud sekitar tahun 60an ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur Riau. Pendirian masjid dimulai sekitar tahun 1963, tahun 2000 dilakukan perluasan masjid hingga luasnya mencapai 12,6 hektare dan sekitar 3000 jama’ah akhirnya bisa ditampung.

Selengkapnya tentang Masjid Agung Annur Riau ini bisa kamu baca disini : Wisata Rohani Di Masjid Agung Annur, Riau

5. Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari adalah sebuah Masjid Raya kebanggan warga Ibu Kota Jakarta yang berada dikawasan Kalideres Jakarta Barat. Masjid Raya KH Hasyim Asyari memang baru saja dibangun dan diremsikan oleh Bapak presiden Joko Widodo pada 15 April 2017 lalu.

foto : @masjidrayajakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot. Masjid Raya KH Hasyim Asyari terlihat begitu megah dan besar mengingat masjid ini menjadi Masjid Utama warga Jakarta menggantikan masjid Itiqlal yang selama ini sering digunakan.

Selengkapnya : Wisata Religi ke Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close