Home / Masjid / Wisata Religi ke Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta

Wisata Religi ke Masjid Raya KH Hasyim Asyari Jakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari adalah sebuah Masjid Raya kebanggan warga Ibu Kota Jakarta yang berada dikawasan Kalideres Jakarta Barat. Masjid Raya KH Hasyim Asyari memang baru saja dibangun dan diremsikan oleh Bapak presiden Joko Widodo pada 15 April 2017 lalu.

foto : @masjidrayajakarta

Masjid Raya KH Hasyim Asyari dibangun di atas lahan seluas 2,4 hektar dengan luas bangunan sebesar 16.985,43 meter persegi ini berlokasi tak jauh dari Jalan Raya Daan Mogot. Masjid Raya KH Hasyim Asyari terlihat begitu megah dan besar mengingat masjid ini menjadi Masjid Utama warga Jakarta menggantikan masjid Itiqlal yang selama ini sering digunakan.

Foto : kompas.com

Akses menuju Masjid Raya KH Hasyim Asyari ini sangat mudah bis adilalui berbagai kendaraan pribadi maupun endaraan umum. Masjid Raya KH Hasyim Asyari sendiri sudah dilintasi oleh lajur busway transjakarta koridor tiga tujuan Kalideres dan berhenti di Halte Pesakih.

foto : @sopianardiansyah

Selain Transjakarta tentunya kita bisa menggunakan bus umum yang mengarah ke Kalidereslalu turun di Halte Pesakih. Nah dari Halte Pesakih ke Masjid Raya KH Hasyim Asyari tidak terlalu jauh, kurang lebih sekitar 100-200 meteran. Jadi kalian tinggal berjalan kaki menuju Masjid.

foto : @rsp_boy

Masjid Raya KH Hasyim Asyari memiliki daya tampung sekitar 12.500 jemaah dan juga memiliki dua lantai. Lantai pertama diperuntukan untuk gedung serba guna. Sedangkan lantai kedua adalah ruang utama masjid sebagai tempat Ibadah. Oh ya Dilantai dua masjid juga terdapat sebuah lantai mezzanine yang dapat digunakan apabila jamaah membludak.

foto : @tyoafri
foto : @saidah_atta

Design Masjid Raya KH Hasyim Asyari mengambil konsep budaya Betawi yang merupakan budaya Jakarta. Masjid Raya KH Hasyim Asyari memiliki lima tiang dengan kubah berbentuk limas segi empat yang menjulang tinggi tepat disamping Masjid. Nah keren kan bentuknya, selain tentunya tempat beribadah kita juga bisa menjadikan masjid ini sebagai tujuan wisata religi.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj
Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Taman Langsat, Tempat Terbaik untuk Menikmati Kesunyian Jakarta

Seperti yang kita ketahui jika Jakarta memiliki Ratusan Taman yang tersebar disegala penjuru Ibu Kota. …