City Tour & LandmarkMasjid

Wisata Rohani Di Masjid Agung Annur, Riau

Foto by liandamarta

Di salah satu sudutnya terdapat bangunan besar berkubah hijau. Itulah Masjid Agung Annur. Makin mirip dengan kolam dan menara yang menjulang tinggi. Dengan kenyamanan seperti itu, nggak begitu mengherankan jika Masjid Agung Annur bukan hanya dijadikan sebagai tempat ibadah saja, tapi juga destinasi wisata rohani yang bikin adem mata dan hati. Nggak percaya? Datang saja langsung ke alamat Masjid Agung Annur di Jalan Syehk Burhanuddin, Kota Pekanbaru, Riau.

Sebenarnya, pembangunan masjid telah diupayakan sejak dulu, namun baru terwujud sekitar tahun 60an ketika Kaharuddin Nasution menjadi Gubernur Riau. Pendirian masjid dimulai sekitar tahun 1963, tahun 2000 dilakukan perluasan masjid hingga luasnya mencapai 12,6 hektare dan sekitar 3000 jama’ah akhirnya bisa ditampung.

Foto by Berita Riau

Artinya ada penambahan luas sekitar tiga kali lipat dari jumlahnya sebelumnya yang hanya sekitar 4 hektare saja. Di sekitarnya juga dilengkapi dengan ruang terbuka berupa taman, termasuk juga kolam air mancurnya. Selain sebagai tempat ibadah, ternyata beberapa bangunan masjid Annur juga sempat menjadi kampus Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sultan Syarif Kasim. Sebelum kampus tersebut berubah menjadi menjadi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Pekanbaru sekitar tahun 1973

Agar para jama’ah yang datang ke masjid untuk beribadah jadi lebih nyaman. Pengurus masjid menyediakan berbagai fasilitas. Misalnya saja kantor sekretariat untuk pengurus masjid, manajemen, remaja masjid hingga ruangan mengaji agama Islam. Wifi gratis disediakan buat kamu yang ingin memanfaatkan jaringan internet untuk berbagai keperluan terutama belajar.

Daripada nongkrong di kafe-kafe yang sudah pasti boros dan nggak aman, lebih baik di Masjid saja kan? Selain itu, terdapat taman dan lapangan yang cukup luas. Kamu bisa berjalan di sini sambil memandang kemegahan Masjid Annur. Kamu yang membawa kendaraan juga nggak perlu khawatir karena terdapat area parkir yang lebih luas.

Itulah beberapa ulasan tentang Masjid Agung Annur, yuk ramaikan masjid dengan berbagai hal yang bermanfaat. Kamu bisa beribadah sambil melakukan wisata rohani. Semoga informasi di atas membawa banyak manfaat ya untuk kita semuanya.

 

Tags

bubuy

Backpackology

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *