City Tour & LandmarkMasjid

Masjid Raya Bandung, Masjid Instagenik yang Megah dan Paling Ramai dikunjungi wisatawan

Kamu pernah ke Bandung ?

Nah kamu pasti tau dong sama masjid yang cukup megah yang ada dikota ini. Yap Masjid Raya Bandung yang berada dipusat alun-alun kota Bandung ini memang menjadi salah satu lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Bandung. Selain beribadah sholat Zuhur atau Ashar, banyak wisatawan yang datang ketempat ini untuk mengabadikan momet di area masjid yang cukup instagenik. Tak hanya itu saja, wisatawan yang datang juga bisa Naik Menara yang ada disebelah Masjid Raya hingga sampai kepuncak. Di puncak tower inilah kita bisa melihat keindahan kota Bandung dari atas.

foto : wiraarsitek.com

Masjid Raya Bandung berada di Alun-alun Bandung dekat ruas Jalan Asia-Afrika, pusat Kota Bandung. Lokasinya yang berada di pusat kota membuatnya dengan mudah ditemukan oleh wisatawan yang hanya sekedar melintasi jalan raya asia afrika atu memang sengaja datang ketempat ini. Selain itu, Masjid Raya Bandung juga berdekatan dengan Gedung Merdeka dan Hotel Preanger, dua bangunan yang begitu lekat dengan sejarah Konferensi Asia-Afrika tahun 1955.

foto : ANTARA Foto

Masjid Raya Bandung yang berada di ibukota Provinsi Jawa Barat ini dulunya dikenal dengan nama Masjid Agung Bandung adalah masjid yang berada di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Status masjid ini adalah sebagai masjid provinsi bagi Jawa Barat. Masjid ini pertama dibangun tahun 1810, dan sejak didirikannya, Masjid Agung telah mengalami delapan kali perombakan pada abad ke-19, kemudian lima kali pada abad 20 sampai akhirnya direnovasi lagi pada tahun 2001 sampai peresmian Masjid Raya Bandung 4 Juni 2003 yang diresmikan oleh Gubernur Jabar saat itu, H.R. Nuriana. Masjid baru ini, yang bercorak Arab, menggantikan Masjid Agung yang lama, yang bercorak khas Sunda (wikipedia).

foto : lokawisatabandung.com

Masjid Raya Bandung memiliki dua menara kembar di sisi kiri dan kanan masjid setinggi 81 meter yang selalu dibuka untuk umum setiap hari Sabtu dan Minggu. Atap masjid diganti dari atap joglo menjadi satu kubah besar pada atap tengah dan yang lebih kecil pada atap kiri-kanan masjid serta dinding masjid terbuat dari batu alam kualitas tinggi. Kini luas tanah keseluruhan masjid adalah 23.448 m² dengan luas bangunan 8.575 m² dan dapat menampung sekitar 13.000 jamaah.

Masjid ini ramai dikunungi wisatawan (foto: kompasiana)

Jadi buat kamu yang datang berkunjung ke Bandung jangan lupa melihat keindahan masjid kebanggan kota Bandung ini. Jangan lupa naik ke menaranya juga sebab dari atas menara ini pemandangan yang indah akan kamu lihat terutama motif didepan masjid yang unik dan keren. Tak hanya itu saja wajah kota Bandung akan terlihat dari atas menara ini.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *