Kuliner

Es Tebak: Es Campur Yang Legendaris

Es Tebak
Foto oleh: kaba12.com

Es Tebak adalah minuman khas yang berasal dari Payakumbuh, Sumatera Barat. Seiring perkembangannya, minuman ini bisa dijumpai di berbagai daerah. Namanya memang cukup unik, namun soal rasa dijamin akan membuat kamu ketagihan saat mencicipi. Biasanya dijadikan sebagai hidangan penutup atau sekedar pelepas dahaga saja.

Kata “Tebak” berarti olahan dari tepung beras dan sagu yang dimasak dengan air kapur sirih dan garam, lalu dicetak tipis. Bentuknya sama persis dengan cendol, hanya saja berwarna putih dan teksturnya lebih keras.

Baca juga: Review Miss Mochi Ice Cream Padang

Biasanya Tebak dihidangkan dengan campuran santan matang, sirup berwarna merah, susu kental manis, tapai ketan hitam, kolang-kaling, cincau hitam, alpukat, nangka, agar-agar dan es batu serut. Saat ini, Es Tebak juga sudah mengalami banyak inovasi baik dalam rasa atau campurannya. Konsumen bisa request sesuai selera.

Es Tebak

Hmmm…kebayang kan gimana enaknya. Apalagi dinikmati saat cuaca panas atau berbuka puasa. Jika belum sempat berkunjung ke Payakumbuh atau sulit dicari di daerahmu, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bahan untuk Membuat Tebak
  1. Tepung beras 175 gr
  2. Tepung sagu 25 gr
  3. Airb 750 cc
  4. Air kapur sirih 2 sdt
  5. Garam ½ sdt
Bahan untuk Kolang-Kaling
  1. Kolang-kaling 350 gr
  2. Pewarna merah atau hijau ¼ sdt
  3. Gula pasir 80 gr
  4. Air bersih 75 cc
Bahan untuk Membuat Kuah Santan
  1.  Santan kelapa secukupnya
  2. Garam ½ sdt
  3. Daunp 2 lembar yang diikat
Bahan Pelengkap Es Tebak
  1. Tapai ketan hitam 250 gr
  2. Cincau hitam 250 gr, potong sesuai selera
  3. Susu kental manis 100 cc
  4. Sirup berwarna merah 100 cc
  5. Es serut 700 gr
Cara Membuat

Setelah semua bahan-bahan di atas tersedia, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut ini:

1. Langkah pertama, buat tebaknya terlebih dahulu. Siapkan satu wadah, kemudian campurkan tepung beras , tepung sagu, air kapur sirih, air bersih, dan garam. Aduk sampai menyatu dan merata. Selanjutnya rebus sampai mendidih dan matang lalu  yang sangkat.

2. Tebak yang sudah matang tadi dibuat bentuknya dengan cara memasukkannya ke dalam saringan cendol, lalu ditekan. Tebak yang keluar dari saringan cendol tadi, ditampung dalam sebuah wadah yang sebelumnya sudah diisi dengan air dingin.

3. Selanjutnya membuat kuah santan. Rebus santan terlebih dahulu, lalu masukkan daun pandan dan juga garam. Aduk hingga rata dan tunggu sampai matang, lalu angkat.

4. Panaskan kembali air dalam panci, tambahkan gula pasir dan juga pewarna makanan, lalu aduk hingga rata. Ambil kolang kaling yang sudah dibersihkan dan iris sesuai selera, kemudian masukkan ke dalam rebusan campuran dari air, gula, dan pewarna tadi. Aduk hingga merata, lalu tunggu selama beberapa saat sampai kolang kaling dirasa sudah matang serta campuran gula dan juga pewarna tadi meresap ke dalam kolang kaling.

5. Setelah semuanya selesai, lanjut dengan menuangkan Tebak ke dalam wadah saji. Kemudian tambahkan tapai ketan hitam, potongan cincau, dan juga kolang kaling tadi. Selanjutnya siram dengan kuah santan, susu kental manis, sirup, dan juga es serut.

6. Es tebak khas padang sudah jadi dan siap untuk Anda hidangkan.

Sebenarnya membuat Es Tebak, prosesnya cukup mudah. Namun mungkin prosesnya sedikit lama lantaran harus membuat Tebak nya terlebih dahulu.

Sumber: apasih.web.id

Tags
Show More

Wina Zulfani

Masalah terbesar kita cuma satu: mati tidak masuk Surga

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *