Kuliner

Ini Dia 5 Menu Takjil Ala Anak Kos

Takjil Hemat dan Cepat Ala Anak Kos

Yang anak kosan coba angkat tangannya… Yang anak kosan dan terkurung karena pandemi covid angkat tangan lagi…. Yang anak kosan tapi ga bisa masak angkat lagi tangannya… Yaudah gausah tunggu lama lagi nanti keburu maghrib. Yuk kepoin ulasan ini untuk bisa siapin takjil yang simple dan minim bahan ala anak kos.

Rekomendasi Takjil Cepat untuk Anak Kos

1. Pancake Milo Cream Cheese*

Kalau kalian udah putus asa gara-gara baca headingnya, itu salah besar. Karena pancake yang ini sangat simple.

pancake milo choco ceese (photo source: cookpad)
pancake milo choco ceese (photo source: cookpad)
Bahan-bahan:

100gr Tepung Terigu
2 sachet Milo
2 butir telur (pisahkan putih dan kuningnya)
1 sachet susu kental manis
1 pcs susu UHT size 250ml
Keju parut
3 sendok tepung meizena
Oreo (optional)

Cara membuat adonan:
  1. Campurkan tepung terigu, milo, kuning telur, SKM secukupnya, susu UHT secukupnya, lalu aduk sampai rata dan kental
  2. Kocok putih telur yang tadi sudah dipisahkan. Kocok sampai pegel hehehe sampai teksturnya seperti susu
  3. Campurkan putih telur yg sudah dikocok ke adonan pertama, aduk hingga rata
  4.  Panaskan teflon dengan api kecil
  5. Tuang adonan tadi dan diamkan hingga bersarang, lalu dibalik, dan angkat
Cara membuat isian:
  1. Panaskan sisa susu UHT tadi
  2. Tambahkan gula dan garam secukupnya sebagai penyeimbang rasa
  3. Tambahkan keju parut
  4. Masukan larutan tepung meizena
  5. Aduk hingga mendidik
Cara penyajian:
  1. Siapkan pancake yg sudah matang tadi
  2. Tuang isian diatasnya
  3. Taburkan keju sebagai topping (boleh tambah oreo)
  4. Lipat. Dan Pancake siap disajikan

2. Dadar Pisang Choco Cheese*

Dadar, dadar apa yg manis? Ya dadar pisang! Haha gariiing… Langsung aja intip menu unik yg 1 ini yuk!

Dadar Pisang Coklat Keju (photo source: cookpad)
Dadar Pisang Coklat Keju (photo source: cookpad)
Bahan-bahan:

3-5 buah pisang jenis apa saja
100gr tepung terigu
3 sendok makan tepung tapioka
1 butir telur
2 sachet Milo
5-10 pcs biskuit Regal
2 sendok susu kental manis
Susu UHT secukupnya
Keju parut secukupnya

Cara membuat adonan:
  1. Campurkan tepung terigu, tapioka, telur, susu UHT, aduk
  2. Masukan 1 sachet milo, kemudian aduk lagi sampai adonan rata
  3. Panaskan teflon dengan api kecil, bersihkan teflon dengan tisu dulu ya supaya adonan ngga lengket ketika dituang
  4. Tuang 1-2 centong (saya pakai centong sayur) pada teflon. Lalu ratakan, balik sebentar, dan angkat dadar coklatnya
Cara membuat isian:
  1. Siapkan mangkok
  2. Hancurkan 5-10 pcs Regal
  3. Tambahkan 1 sachet Milo dan 2 sendok makan SKM, aduk sampai rata sempurna
  4. Masukan isian pada plastik supaya ketika dituang ke dadar tidak berceceran
  5. Oya! jangan lupa potong pisangnya… Bentuknya sesuai selera aja
Cara penyajian:
  1. Siapkan dadar coklat yg sudah matang tadi
  2. Simpan 2-3 pisang (selera) di tengahnya
  3. Tuang adonan isian (yang sudah dimasukan dalam plastik) secukupnya
  4. Kasih parutan keju
  5. Yeay dadar pisang choco cheese siap disantap untuk takjil

3. Dongol for takjil

Untuk menu ketiga kita selingi sama yang asin-asin ya.. Namanya Dongol yaa ini beneran aku nggak typo. Dongol kependekand dari ‘Endog Nongol’ yang dalam bahasa sunda artinya telur yg muncul. Yang ngasih nama makana ini ibuku, jadi kalian dilarang protes ya. Hehe

Dongol (photo source: cookpad)
Dongol (photo source: cookpad)
Bahan-bahan:

1 bungkus kulit lumpia
10 pcs telur puyuh mentah
1 sachet bihun jagung putih (yg kecil aja)
1 sendok garam dan merica
Bon cabe secukupnya

Cara membuat:
  1. Rebus bihun selama kurang lebih 5-10 menit. Tiriskan
  2. Aduk bihun dengan garam dan merica
  3. Siapkan kulit lumpia. Kalau dapat kulit lumpia yg tipis atau bolong, tumpuk aja kulitnya jadi 2 ya supaya ketika digoreng nggak rusak
  4. Masukan 1 sendok bihun pada kulit lumpia
  5. Ceplok telur puyuh di tengah kulit
  6. Taburi bon cabe sesuai selera
  7. Gulung
  8. Siapkan wajan dengan api sedang
  9. Tuang minyak secukupnya
  10. Goreng lumpia yg sudah diisi telur dan bihun. Tiriskan
  11. Waw menu yang gurih siap menyambut Buka Puasa kalian

4. Buko Pandan

Dessert ini berasal dari Filiphina. Seperti apa cara memasaknya? Langsung catat bahan dan step-stepnya.

Buko Pnadan )Photo source: brilio.bet)
Buko Pnadan )Photo source: brilio.bet)
Bahan-bahan:

1 sachet agar warna hijau, 2 Lembar daun pandan
200ml susu UHT, 200ml whip cream
5 sendok makan gula pasir, 5 sendok makan susu kental manis
1 sachet nata de coco, daging kelapa muda secukupnya (optional)

Cara membuat puding:
  1. Tuang 700ml air putih, 200ml susu UHT, dan 5 sendok makan gula pasir pada panci. Masak dengan api kecil
  2. Masukan daun pandan dan agar-agar
  3. Aduk terus sampai mendidih. Tiriska selama 5 menit
  4. Tuang pada wadah anti panas. Diamkan selama 15 menit, kemudian masukan ke dalam kulkas
Cara membuat dessert:
  1. Potong puding yang sudah didinginkan tadi (ukuran sesuai selera)
  2. Masukan whipcream, SKM, Nata de coco
  3. Aduk sampai rata
  4. Sajikan. Sesimple itu bukan?!

5. Es Timun Serut

Mari kita tutup menu takjil kita dengan sesuatu yang menyegarkan. Apa itu? Pastinya Es Timun Serut dong!

Es Timun Serut (Photo source: cookpad)
Es Timun Serut (Photo source: cookpad)
Bahan-bahan:

1 buah timun
2 sendok makan gula pasir
2 sendok makan biji selasih (optional)

Cara membuat:
  1. Kupas timun, kemudian parut
  2. Siapkan gelas, masukan gula pasir dan air secukupnya. Aduk hingga larut
  3. Masukan 1-2 sendok timun yang sudah diparut
  4. Jadi deh!

Yeay itu dia 5 rekomendasi menu takjil ala anak kos. Menu 1, 2, dan 4 sebetulnya memiliki bahan yang berkesinambungan. Jadi kalian bisa beli susu UHT kemasan 1liter, 1 bar keju, 1 renceng milo, dan 1 sachet susu SKM untuk membuat 3 menu sekaligus. Lebih irit pastinya. Menu 5 ter-da best deh, so simple! Biasanya aku pakai 2 pcs timun untuk 3-4 gelas. Minuman ini terinspirasi dari kedai Mie Aceh. Dulu (sebelum pandemi Covid-19 melanda) aku sering jajan Mi Aceh dan pilih minuman nya pasti es timun serut. Habis makan pedes, ditutup sama yang dingin seger itu rasanya sempurna.

Last but not least, selamat puasa ya semua! Semoga dengan adanya pandemi ini kita tetap bisa produktif.

*Klaim: Original menu diambil dari instagram @bellmir
Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles