Kuliner

Sensasi Makan di Hutan Bambu Ala Warung Tuman

Warung Makan Bernuansa Jawa di Kota Jakarta

Di Jakarta, restaurant bergaya tradisional sepertinya bisa dihitung dengan jari. Warung makan bernuansa alam juga belum banyak ditemui. Nah kalau restaurant di alam lepas dan bergaya tradisional Jawa kira-kira ada belum ya? Tentu ada! Dimana? Di Jakarta dong.

Suasana

Mengusung konsep ‘ndeso’, Warung Tuman sukses menarik hati para pecinta kuliner di Ibu Kota. Terletak di tengah hutan bambu, membuat suasana disana sangat sejuk. Bau tanah liat, semilir angin, ditambah suara jangkrik dan burung akan menemani kita selama santap disana.

Warung Tuman
Warung Tuman

Bangunan yang sudah berumur satu tahun ini hanya berupa sebuah gubuk dengan 1 dapur dan 2 ruang makan. Cara memasak serta alat masaknya masih tradisional. Terlihat dari bentuk wajan, langseng, dan spatula batok kelapa. Dapurnya terbuka sehingga kita bisa memesan sambil melihat proses memasaknya.

Area Dapur di Warung Tuman
Area Dapur di Warung Tuman

Karena letaknya yang di hutan, banyak pengunjung memilih makan dengan cara lesehan. Pihak pengelola pun sudah menyediakan tikar bagi pengunjung yang ingin makan lesehan.

Outfit dari para pelayan nya juga cukup menyita perhatian. Pakaian adat Jawa Tengah dipilih untuk menambah kekentalan Jawa terhadap warung makan ini.

Menu dan Harga

Banyak yang penasaran dengan harga makanan di Warung Tuman. Secara ini adalah restaurant yang dikemas tradisional di Ibu Kota. Pastilah harga mengikuti pasaran di Jakarta.

Pilihan Makanan
Pilihan Makanan dan Minuman

Harga Makanan di Warung Tuman mulai dari 5.000-35.000. Sedangkan harga minuman nya kisaran 2.000-15.000 saja. Pilihan menu yang disajikan sangat terasa masakan Jawa. Ketika berkunjung kesana saya pesan Tumis Daun Pepaya, Mangut Pari Asap, dan Gulai Bareh. Untuk makanan pembukanya saya pesan Tempe Mendoan. 1 porsi berisi 2 iris. Irisan nya cukup tebal jadi cukup untuk porsi saya. Sedangkan minumannya yang paling favorit adalah Es Jeruk Kunci, jadi saya tidak melewatkan nya.

Menu Makan Siang yg Saya Pilih
Menu Makan Siang yg Saya Pilih
Tempe Mendoan
Tempe Mendoan
Es Jeruk Kunci dan Es Teh Manis
Es Jeruk Kunci dan Es Teh Manis

Pilihan menu minuman bisa dipesan di gerobak ini. Menunya pun ‘Jowo’ banget. Mulai dari wedang uwuh sampai jeruk kunci ada disini.

Gerobak Pemesanan Minuman
Gerobak Pemesanan Minuman
Gubuk Mendoan dan Pisang Goreng
Gubuk Mendoan dan Pisang Goreng

Hal menarik lain dari Warung Tuman adalah pemilihan alat makan nya. Piring dan Gelas yang terbuat dari seng lengkap dengan aksen bunga mengingatkan kita dengan rumah ‘si mbah’.

Dari segala sudut, sisi modern disini terletak di meja kasir. Metode pembayaran nya sudah bisa menggunakan Debit dan Credit Card loh!

Meja Kasir di Warung Tuman
Meja Kasir di Warung Tuman

Lokasi

Terletak di pinggir Kota Jakarta, membuat warga Ibu Kota ‘menyerbu’ Warung Tuman saat akhir pekan. Terlihat dari antrian pengunjung di hari minggu lalu.

Antrian pengunjung saat akhir pekan
Antrian pengunjung saat akhir pekan

Letaknya yang terpencil membuat akses menuju Warung Tuman cukup sulit. Pengunjung harus melewati kampung warga dan kuburan. Namun kondisi jalanan nya cukup bagus untuk dilalui oleh kendaraan. Di depan warung tedapat sebuah lapangan bola luas milik warga setempat.

Akses jalanan ke Warung Tuman
Akses jalanan ke Warung Tuman

Kondisi parkiran nya pun cukup luas untuk mobil maupun motor.

Parkiran Mobil
Parkiran Mobil
Parkiran Motor
Parkiran Motor

Untuk yang sudah bersiap berwisata kuliner ke Warung Tuman catat lokasi dan jam operasionalnya ya!

Alamat: Jl. Ciater Tengah, RT.04/RW.07, Ciater, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15317

Jam Operasional: Selasa-Minggu, 08.00-17.00 WIB

 

Tags
Show More

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *