Seputar TravellingTips Travelling

Rambut tetap sehat selama traveling? Aloe Vera aja

Rambut sehat dan cantik memiliki nilai estetika yang baik bagi manusia. Dalam kesehariannya rambut memproduksi sebum yang mengandung campuran lemak, zat lilin, minyak, dan pecahan sel yang berfungsi sebagai pelembut kulit.

Produksi sebum dan keringat yang berlebih dapat menimbulkan rasa gatal, ketombe dan menyebabkan rambut menjadi lepek. Terlebih kita tinggal di negara dengan iklim tropis yang dapat memicu timbulnya keringat berlebih pada kulit, hal itu diperparah jika kita memiliki aktivitas luar ruangan dengan intensitas yang cukup tinggi, hhhmm bisa kebayangkan gimana gak nyamannya kondisi tersebut. Selain itu polusi udara dan paparan sinar matahari ikut berkontribusi dalam pertumbuhan rambut. Berdasarkan hal tersebut kebersihan dan kesehatan rambut perlu mendapat perhatian khusus.

Aloe Vera
Aloe Vera

Manfaat Aloe Vera

Nah, untuk mengatasi hal tersebut Aloe Vera bisa jadi alternatif solusinya loh! Kenapa demikian? Karena tumbuhan menakjubkan ini memiliki kandungan antioksidan, antibakteri serta memperbaiki kerusakan akibat radiasi yang dapat dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan dan kecantikan rambut. Merupakan tumbuhan kaktus daerah tropis yang berasal dari Family Liliaceae. Daunnya terlihat unik dengan karakteristik fisik: memanjang seperti pisau, tebal, dengan warna hijau sampai gray – kehijauan dan memiliki tepi yang bergerigi. Tumbuhan ini bisa tumbuh dengan tinggi 60 – 100 CM dengan berat dapat mencapai 1,5 KG.

Lapisan Aloe Vera/Sumber: Shekh Rahman, Princeton Carter and Narayan Bhattarai

Aloe Vera terdiri dari tiga lapisan, yaitu : (1) bagian dalam disebut gel, merupakan bagian yang paling banyak diambil manfaatnya. Sebanyak 99% komponen mengandung air dan sisanya terdiri dari amino acid, lipid, sterol, dan vitamin (2) bagian tengah atau lapisan terluar dari gel terdiri dari getah yang berwarna kuning mengandung antrakuinon dan glikosida (3) bagian terluar lapisan disebut sebagai daun berfungsi sebagai pelindung  dan sintesis karbohidrat dan protein.

Gel Aloe Vera

Gel Aloe Vera inilah yang digunakan sebagai sarana perawatan rambut. Adapun penggunaan nya juga cukup mudah, yaitu:  (1) bersihkan rambut dengan sampo terlebih dahulu (2) lalu ambil gel secukupnya, aplikasikan mulai dari kulit kepala hingga ujung rambut (3) setelah itu diamkan sekitar 30 menit – 1 jam (4) selanjutnya bersihkan kembali rambut dengan sampo. Rangkaian kegiatan ini setidaknya dilakukan 2 kali dalam satu minggu agar hasilnya lebih maksimal.

Setelah menggunakan Aloe Vera, rambut menjadi terasa lebih lembut, ringan, dan mudah diatur. Selamat mencoba perawatan rambut yang relatif aman, murah, dan lebih efisien penggunaan waktu.

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close