Museum & Sejarah

Benteng Kustbatterij op de Landtong te Cilacap Pendem

Benteng yang ada di atas tanah dan menjorok ke laut menyerupai lidah (sumber : nationalgeografic) itulah makna dari judul yang berbahasa Belanda ini. Benteng yang sebelumnya terkubur sekitar 100 tahun ini ditemukan pada tahun 1986. Menyususri setiap tempat-tempat bersejarah di Benteng Pendem penuh misteri. Arsitektur khas colonial Belanda sangat melekat pada setiap bangunannya. Benteng markas pertahanan Belanda ini dipergunakan untuk menahan serangan musuh dari arah laut, masih perkasa sampai saat ini.

Benteng_Pendem_Cilacap_entrance

Sumber  id.wikipedia

Setelah melewati pintung gerbang, sebelum mencapai bangunan terdapat bundaran parit kecil konon dipergunakan untuk memperlambat laju musuh dan pembuangan air dari terowongan. Bangunan ini terdiri dari 14 barak  juga dilengkapi Ruang Klinik Pengobatan yang terdiri ruang tindakan dan konsultasi pasien. Ruang penyimpanan arsip dan ruang penjara yang dilengkapi terowongan kecil di bagian bawah terdapat lubang kecil untuk memberikan makanan para tahanan. Pada bagian pengintai musuh terdapat lubang  diperuntukkan untuk menyimpan senjata dan amunisi.

benteng cilacap

Sumber hilsya.files

Menjelajah setiap ruangan, terowongan dan bagian dari bangunan membuat kita membayangkan kejadian-kejadian saat Belanda menjajah Indonesia. Benteng peninggalan Belanda ini merupakan wisata sejarah penuh mistis selain dikarenakan pencahayaan yang kurang sehingga terlihat bangunan seperti angker namun memukau.

Referensi artikel  : hilsya.files

   

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *