Museum & Sejarah

Mengenal Musium Tjong A Fei

Musium Tjong A Fei terletak di Jl Ahmad Yani No 105 Medan Sumatera Utara. Tak sulit untuk mencari musium ini, karena musium ini terletak di pusat kota Medan. Untuk dapat merasakan suasana rumah Tjong A Fei anda harus membayar tiket masuk sebesar Rp.35.000 di temani oleh pemandu anda akan di ajak keliling kesetiap sudut rumah Tjong A Fei.  Sang pemandu akan menjelaskan dan memperkenalkan ruang demi ruang museum  tersebut.

Musium Tjong A Fei

Tjong A Fei merupakan orang terkaya di kota  medan pada masanya. Tjong A Fei seorang pengusaha Tiongkok yang sukses membangun bisnis perkebunan di sumatera. kerajaan bisnisnya meliputi perkebunan, pabrik minyak kelapa sawit, pabrik gula, Bank dan perusahaan kereta api yang memperkerjakan lebih dari 10.000 orang karyawan.

Musium Tjong A Fei 6

Selain terkaya di kota medan beliau juga di kenal sebagai seorang yang dermawan dan sangat berjasa dalam pembangunan kota medan.  Beliau penyumbang menara lonceng untuk gedung di balai kota medan, menyumbang pembangunan Istana Maimun, gereja Uskup Agung sugiopranoto, kuil buda di brayan, kuil hindu untuk warga india, Batavia Bank, Deli Bank, Jembatan kebajikan di jalan Zainul Arifin serta pendiri rumah sakit Thionghoa pertama di indonesia.

Musium Tjong A Fei 3

Rumah Tjong A Fei yang sekarang di jadikan Musium menjadi saksi kedermawanan beliau, Bangunan kokoh dua lantai yang memiliki luas sekitar 6000m2 dan berumur lebih dari satu abad ini terpelihara dengan baik, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur cina kuno yang di gabungkan dengan nuansa Eropa dan Melayu, Perabotan rumah yang bersih dan terawat masih  tertata rapih di sini seolah-olah rumah ini masih berpenghuni.

Musium Tjong A Fei 2

Dilantai dua rumah Tjong A Fei terdapat  beberapa ruangan yang di larang untuk di ambil gambarnya karena sesuatu hal terutama ruang pemujaan, pemandu juga melarang kami menyentuh barang-barang di sana. Terdapat sebuah ruangan yang cukup luas yang biasanya di jadikan tempat untuk berdansa dan menari para tamu yang datang. Asik juga ternyata belajar sejarah masa lampau di musium Tjong A Fei, Sebuah warisan yang begitu indah dengan cerita di dalamnya yang sangat mempesona.

Musium Tjong A Fei 4

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *