Editor PicksGunungSeputar TravellingTips Travelling

Baru Pertama kali naik gunung, Daki 8 gunung ini

Buat temen-temen yang ingin memulai hobi melakukan pendakian hendaknya untuk lebih selektif memilih gunung yang akan didaki. Tujuanya adalah agar teman-teman tidak terkejut dengan jalur yang akan dilalui dan beratnya meadan pendakian. Tak hanya itu saja, kebutuhan yang kita rasa penting dibawa akan akan lebih dimaksimalkan saat kita sudah pernah melakukan pendakian ke gunung kecil terlebih dahulu.

Nah beberapa gunung dibawah ini bisa menjadi refrensi kalian untuk memilih gunung mana yang akan kalian daki terutama bagi kalian para pendaki yang ingin memulai hobi mendaki.

1.  Gunung Andong – 1.726 mdpl

Gunung Andong adalah salah satu gunung yang cocok pendaki pemula. Gunung yang berada di Kabupaten Magelang ini memiliki ketinggian 1.726 mdpl dan terletak di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabak. Di kecamatan Ngablak sendiri Gunung Andong dilingkari berbagai desa seperti Desa Jogoyasan, Desa Madyogondo, Desa Girirejo, Desa Pagergunung. Namun jalur pendakian Gunung Andong di buka lewat Desa Girirejo. dan memiliki tiga jalur yaitu Kampung Pendem, Kampung Gogik, dan Kampung Sawit.

Selengkapnya : Gunung Andong – Magelang

2. Gunung Lembu – 729 mdpl

Gunung memiliki ketinggian sekitar 729 mdpl dengan pemandangan utamanya adalah waduk Jatiluhur. Gunung yang berada di Purwakarta Jawa Barat ini semakin populer karena banyak dijadikan alternatif pendakian terutama para pemula yang mulai mencintai atau belajar mendaki. Memang pendakian sampai kepuncak lembu tidak terlalu sulit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Hanya dibutuhkan sekitar 3-4 jam pendakian santai kamu sudah sampai dipuncak gunung Lembu.

Bisa kalian simak videonya disini :

3. Gunung Munara – Lebih dari 800 Mdpl

Kota Bogor selain terkenal dengan kota hujan, ternyata menyimpan keindahan alam yang sangat memesona. Salah satunya adalah Situs Gunung Munara yang berketinggian di bawah 1300 Mdpl. Mungkin ini lebih cocok disebut dengan bukit jika di lihat dari ketinggiannya. Namun, kawasan ini sudah terkenal  dengan sebutan Gunung Munara.

Selengkapnya baca disini : Situs Gunung Munara

4. Gunung ungaran – 2050 mdpl

sumber : boss-cell.blogspot

Ungaran adalah salah satu kota dikabupaten Semarang yang ada di Jawa Tengah tepatnya berada disebelah kota Semarang. Dikota inilah ada sebuah gunung berapi yang cukup tinggi dan biasa dikenal dengan Gunung Ungaran. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter adalah gunung tinggi pertama yang dilihat pengendara dari Semarang ke arah selatan.

Selengkapnya baca disini : Gunung Ungaran Gunung Tertinggi di Semarang

5. Gunung Papandayan – 2665 mdpl

Gunung Papandayan

Jika ditanya gunung mana di daerah Garut yang paling indah untuk di datangi, tentu jawaban nya adalah Gunung Papandayan. Salah satu gunung yang sudah terkenal di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan ini memiliki ketinggian 2665 mdpl, dan gunung ini selalu menjadi incaran para pendaki pemula karena memiliki trek yang lumayan landai.

Selengkapnya baca disini : Keeksotikan Gunung Papandayan – Garut

6. Gunung Prau – 2565 mdpl

sunrise pagi anugrah terindah tuhan

Gunung prau merupakan salah satu gunung yang paling diidolakan oleh para pendaki gunung. Gunung prau memiliki banyak keistimewaan selain karena pemandanganya yang indah bisa melihat 5 gunung disekitarnya juga karena trackingnya yang tidak terlalu sulit. Gunung ini memiliki ketinggian 2565 mdpl.

Pemandangan di Prau

Gunung prau sendiri berada di Dieng Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Gunung Prau berada diantara gunung-gunung besar seperti gunung Sindoro, gunung sumbing, gunung Slamet, gunung merapi dan gunung merbabu.

Selengkapnya baca disini : Pendakian Gunung Prau Part 7 Jalur Patak Banteng

7. Gunung Bongkok – 1.000 mdpl

Gunung yang terletak di Desa Cikandang, Purwakarta ini memiliki ketinggian 975 mdpl. Meski gunung ini terbilang pendek dan tidak mencapai ketinggian 1.000 mdpl, namun gunung ini memiliki panorama alam yang tidak kalah menakjubkannya. Dari puncak gunung ini kamu akan dapat menyaksikan indahnya Waduk Jatiluhur, Gunung Parang, serta hamparan keindahan Kota Purwakarta.

Selengkapnya baca disini : Menjajal Terjalnya Trek Gunung Bongkok

8. Gunung Artapela – 2194 mdpl

Pesona Kabut digunung Artapela

Sedikit masih asing memang ditelinga para pendaki tentang keberadaan gunung yang satu ini. Artapela sendiri adalah sebuah Gunung yang ada didaerah Kertasri, berbatasan dengan kecamatan Pangalengan Bandung Jawa Barat. Dengan ketinggian sekitar 2194 lebih mdpl, gunung Artapela kini menjadi salah satu gunung baru populer dan mulai banyak didaki oleh para pendaki Indonesia.

Selengkapnya baca disini : Mengenal Gunung Artapela Bandung

Itulah 5 gunung yang bisa kalian coba daki. Selain jalurnya yang ringan, pemandangan yang disuguhkan jug atak kalah indahnya. Yang terpenting untuk memulai pendakian kita bisa menikmati prosesnya dan kemudian menikmati hasilnya.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *