Home / Blog / Gunung / Pendakian Gunung Prau Part 7 Jalur Patak Banteng

Pendakian Gunung Prau Part 7 Jalur Patak Banteng

Welcome prau

Gunung prau merupakan salah satu gunung yang paling diidolakan oleh para pendaki gunung. Gunung prau memiliki banyak keistimewaan selain karena pemandanganya yang indah bisa melihat 5 gunung disekitarnya juga karena trackingnya yang tidak terlalu sulit. Gunung ini memiliki ketinggian 2565 mdpl.

Pemandangan di Prau

Gunung prau sendiri berada di Dieng Kabupaten Wonosobo Jawa Tengah. Gunung Prau berada diantara gunung-gunung besar seperti gunung Sindoro, gunung sumbing, gunung Slamet, gunung merapi dan gunung merbabu.

Tampak gunung2 lainya disekitar prau

Tak heran jika kita bisa menyaksikan pemandangan hamparan awan mengelilingi pegunungan disekitarnya. Prau memiliki 2 jalur pendakian resmi yang sering dilalui yakni Jalur Patak Banteng (Terjal) dan Jalur Dieng (Landai). Bedanya yaitu jika jalur patak banteng bisa ditempuh waktu yang cukup singkat yakni 2-4 jam pendakian namun trackingnya cukup terjal. Sementara jalur pendakian Dieng bisa ditempuh dalam waktu 3-5 jam namun jalurnya landai sehingga tidak memerlukan tenaga ekstra saat mendaki prau melewati jalur dieng.

 

Tracking via Patak banteng

Backpacker Jakarta kembali mengadakan pendakian kegunung prau dieng untuk yang ke 7 kalinya. Sebenarnya Awal mei jadwal pendakian prau diadakan namun karena ada insiden di prau yang mana ada pendaki tersambar petir saat hujan membuat gunung prau di tutup untuk pendakian selama 2 minggu.

Menjumpai perkebunan disepanjang tracking

Alhamdulilah setelah mendapatkan informasi jika prau dibuka kembali maka BPJ kembali menjadwalkan ulang pendakian prau yang ke 6. Pendakian prau kali ini hanya diikuti 18 orang termasuk cp atau tour leader. Nah kebetulan Momo menjadi cp kali ini dibantu oleh emye.

ini momo sirambut kribo
aslinya keren kok

Biaya sharecost yang dikenakan kepada peserta yakni 295.000 dan kita menyewa 1 buah elf ac untuk transport jakarta-wonosobo. Perjalanan dimulai pukul 21.00 dengan lokasi meeting point berada di sekretariat backpacker jakarta dikawasan cawang uki.

Emye

Setelah semua peserta tiba kami berangkat sekitar pukul 21.30 wib menuju wonosobo. Sekitar pukul 08.00 pagi akhirnya kami tiba dibasecamp Patak banteng atau wonosobo. perjalananya lancar sehingga kami tiba lebih awal dari yang diprediksi sebelumnya.

Jalur pendakian

jalur pendakian – jika hujan pasti licin

Semua peserta mengisi perut untuk sarapan terlebih dahulu sembari packing ulang. Awalnya kami merencanakan memulai pendakian pukul 13.00 setelah sholat Zuhur namun karena kami tiba lebih awasl akhirnya kita memutuskan untuk melakukan pendakian lebih awal yakni pukul 10.30 pagi.

Warung disepanjang jalur pendakian

Alhamdulilah selama pendakian kami diberikan cuaca yang cukup cerah sehingga tracking patak banteng yang terjal dan selalu menanjak bisa akami lalui dengan aman. Oh ya buat kamu yang ingin melalui jalur patak banteng jangan khawatir karena ada banyak sekali dijumpai warung penjual makanan dan minuman dari mulai start pendakian sampai pos 2.

Jalur patak banteng memiliki 3 pos yakni pos 1, pos 2 dan pos 3 lalu kita akan sampai dikawasan camp area atau puncak prau. sebeanrnya karena kontur gunung prau yang ebrbukit2 puncaknya jadi banyak pendaki menilai jika kawasan camp area merupakan puncak prau juga karena ketinggianya sama dengan puncak2 prau lainya.

kabut prau
Kawasan Camp

Banyak peserta yang tiba terlebih dahulu karena hanya membutuhkan sekitar 2 jam pendakian saja sementara peserta lainya 3 jam pendakian. Kita membangun tenda dikawasan camp area dekat pepohonan mengingat takut ada badai besar sehingga sedikit terlindungi. Cuaca sore  itu sedikit berkabut namun tetap cerah. Setelah semua tenda berdiri maka para peserta mulai memasak dan ada juga yang memilih beristirahat.

eksis dulu setelah dirikan tenda
Camp area

Keajaiban kami dapatkan hari itu dimana cuaca kembali cerah dan menyisakan pemandangan menakjubkan. ini kali pertama saya dan temen2 pendaki lainya bisa menyaksikan sunset dipuncak gunung yang amat indah. Bagaiama gumpalan awan-awan putih mengilingi disemua pegunungan disekitar prau sehingga nampak lautan awan. Tak hanya awan putih saja, gunung-gunung tinggi terlihat jelas sekali kokoh berdiri membentuk lukisan yang amat indah. Tak hanya sampai disitu saja karena warna orange sunset mulai menambah kesempurnaan pemandadangan sore itu sehingga membuat semua pendaki yang ada di camp area berhamburan menyaksikan dan mengabadikan pemandangan ayang amat langka ini.

ciptaan yang sempurna
warga group baru bpj 27
foto-foto dulu gengs

Pemandangan di Prau
samudra awan sore itu

Setelah matahari terbenam dan hari mulai gelap kami kembali ketenda untuk menikmati makan malam. cuaca mulai tersa dingin sekali sehinga banyak teman-teman memilihi untuk masuk ketenda namun sebagian masih asik dengan canda tawa dan bermain uno. Hari itu pendaki tidak terlalu banyak yang melakukan pendakian sehingga tidak terlalu ramai disekitar camp area membuat kita menikmati pendakian kali ini.

Welcome prau

sunset sore di prau

sholat berjamaah jangan lupa

Malam haripun cuaca sangat cerah apalagi ada bulan purnama terang benderang menemani bintang-bintang membuat malam ini semakin sempurna. Sekitar pukul 03.00 dini hari banyak temen2 dan pendaki lainya sudah bangun. Ada yang menjalankan sholat subuh, ada yang memasak kopi atau air hangat dan juga ada yang mempersiapkan perlengkapan pemotretan berburu sunrise prau. Tepat pukul 05.00 pagi mulai nampak cahaya sunrise pagi. Subhannallah Sunrise pagi itu benar2 indah sekali tak kalah indahnya dengan sunset kemarin.

sunrise pagi anugrah terindah tuhan

Tampak sudah berjejer para pendaki menyaksiskan dan mengabadikan sunrise pagi. Sungguh indah ciptaan tuhan, sebuah mahakarya yang amat mahal bisa kita saksiskan selama berjam-jam. Tak terasa waktu semakin siang dan semua peserta puas mengabdikan moment disemua sudut disekitar prau kami kembali ketenda untuk masak sarapan pagi.

foto ala-ala

Yap ini yang saya sukai dari pendakian, sebuah kebersamaan yang terbangun dari masak bersama, makan bersama dan packing bersama. Sekitar pukul 09.30 pagi dan semua peserta sudah packing kembali kita bersiap2 untuk kembali turun ke basecamp. oh ya tak lupa kita mengabadikan foto bersama smua peserta tentunya dengan pemandangan prau yang mempesona.

Kami turun juga melewati jalur yang sama yakni patak banteng. lumayan singkat waktu yang kami butuhkan untuk tiba dibasecamp yakni sekitar 1-1.5 jam saja. Semua peserta terlebih dahulu mandi dan packing kembali bersiap-siap menuju jakarta.

foto bersama smua peserta
foto-foto dulu gengs

View saat turun ke basecamp

Sebelum menuju jakarta kita tentunya membeli oleh-oleh khas dieng yakni ca-rica manisan buah yang manis dan enak. Pukul 13.00 kami akhirnya bersiap menuju jakarta dan perjalanan kal ini tidak secepat saat berangkat karena kita harus makan sore didaerah pekalongan dan cukup lama sekali sekitar 1.5 jaman.

foto-foto dulu gengs
lelah euy

Sekitar pukul 23.45 kami akhirnya tiba kembali disekretariat backpacker Jakarta. ALhamdulilah semua perjalanan lancar dan semu apeserta kembali kerumahnya dengan selamat.

Berikut ini daftar peserta trip pendakian prau #7

1. Hans #26
2. Andi #21
3. Deindi #24
4. Anlio wibawa #27
5. Shine yakin #21
6. Azizah #4
7. Tri #27
8. Putut #21
9. Nicho #27
10. Tami #27
11. Karlim #21
12. Meli Non Rt
13. Panca Non Rt
14. Galuh #8
15. Anggoro Non Rt
16. Sulisa #21

 

Nah kita simak testimoni dari beberapa peserta yang ikut pendakian.

 

@Nichoronald

Seribu kali jejaki kaki d sini tidak pernah ada kata bosan apalagi bersama kalian keluarga besar backpacker jakarta.. Gokil gila seru, moment yg jarang dapat d rasakan oleh tiap orang.. Thanks buat keluarga besar bpj, thanks buat om ed yg udah bs gabung trip k mt prau bpj kali ini… BPJ JUARA…

@hianusaeka

Gunung Prau, gunung hipnotis, menghipnotis panca indera, trip Prau bersama BPJ 12-13 mei 2017

@Deindilintang

Dari tempat dan orang2 yg mengesankan meninggalkan kenangan yg gbs dilupakan. Dari pertama jalan yg pd diem sampai pulang yg berisik bgt hahahaha. Terimakasih prau atas keindahannya dan sukses terus backpacker jakarta😊😊

@adheutamie
@ccrin6

Ini trip perdana saya dengan bacpakerjakarta ke Mt. Prau, dan BPJ memang pantas berlabel Ju4ra. Saya tidak merasa seperti orang baru di keluarga BPJ, semua menyambut hangat dengan canda dan seyumnya. Terima kasih BackpakerJakarta serasa saya menemukan keluarga baru di tanah perantauan. Salam ju4ra 🙌. Udah ga sabar pengen gabung di trip” selanjutnya 😉

 

@Aka_Zahri

Kali ini trip bareng bpj ke mt prau…ya walaupun peserta kurang tp trip x ini bner” gokill..tertawa bareng..makan bareng..bener” kompak..cuaca pun bener” dapet apa yg qt harapkan..qt diberi kesehatan dari berangkat & pulang kerumah..intinya sih kmna pun tujuan qt,,bukan alam yg membuat diri qt bangga melainkan orng disekitar qt yg membuat qt berkesan

panca
Nur Yakin

Perjalanan yg sangat menyenangkan, berkesan dan menantang serta menambah pengalaman dalam berpetualang, ditambah lagi dgn kehadiran teman2 baru yg sangat mengasikkan,kompak sehingga menambah kesan yg sulit dilupakan….#salam BPJ

Sulisa
Anlio Wibawa
Putut
@tri.supriyant0

Trip paket lengkap. Sunrise, sunset, lautan awan dan view yang memanjakan mata. Keseruan peserta menambah hangatnya suasana.

 

 

 

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Bukit Moko, Keindahan Dari Atap Kota Bandung

Bukit Moko, merupakan sebuah bukit yang memiliki ketinggian kurang lebih 1500mdpl. Bukit ini terletak di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *