Home / Blog / Pulau / Pulau Hatta, Pulau kecil Sang Proklamator Indonesia

Pulau Hatta, Pulau kecil Sang Proklamator Indonesia

Bawah laut Pulau Hatta (foto by marischkaprudence)

Pulau Hatta adalah sebuah pulau kecil yang ada di Maluku Tengah. Pulau Hatta merupakan salah satu pulau yang dijadikan destinasi wisata oleh pemerintah setempat dan masuk kedalam pulau untuk trip Sailing Banda Neira.
Secara administratif Pulau Hatta masuk kedalam kecamatan Banda, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, Indonesia. Letak pulau ini ada 25 km di sebelah timur Kepulauan Banda.

foto : nyeduhteh.blogspot
Pesisir pulau Hatta (foto : nyeduhteh.blogspot)

Sebenarnya pulau ini dulunya bernama Pulau Rozengain. Namun demi menghormati salah satu Proklamator Bangsa diubah menjadi Pulau Hatta. Saat ini tercatat hanya ada 2 kawasan permukiman penduduk yang ada di Pulau Hatta dan kedua perkampungan tersebut masih terbilang tertinggal karna minim fasilitas umum dan air bersih.

foto : tripadvisor
foto : google
foto by marischkaprudence

Keindahan yang disuguhkan dipulau ini adalah pemandangan alam bawah laut, sunset dan pantainya yang bersih. Wisatawan yang datang kepulau ini umumnya menyelam melihat keindahan dan keberagaman biota laut yang ada disini. Keindahan lain yang ada dipulau ini adalah adat istiadat penduduk setempat yang maih terjaga.

Jalan diperkampungan Pulau hatta (foto : nyeduhteh.blogspot)
Batu Karang disepanjang pinggir Pulau Hatta (foto : nyeduhteh.blogspot)
Pemandangan dari atas Bukit Pulau hatta (foto : nyeduhteh.blogspot)

Untuk menuju pulau Hatta kita bisa menggunakan perahu stabil bertutup dari Banda Neira (estimasi sekitar Rp300.000-600.000,-). Namun biasanya Perahu yang akan kita sewa akan terlebih dulu singgah di beberapa tempat, seperti Pulau Syahrir dan Karnofol sebelum akhirnya menuju pulau Hatta.

Sunset dipulau Hatta (foto:Adiitoo)
foto : google

Nah buat kalian yang mau sailing Banda jangan lupa mampir kepulau ini. Menikmati sunset setelah diving atau snorkling membuat tripmu akan jauh lebih berkesan. Oh ya satu lagi, bila berkunjung kepulau ini jangan lupa bawa buku bacaan buat adek-adek yang tinggal dipulau kecil ini.

About Mr Edoy -

Follow Instagram @emyebpj Web Developer & Traveller Blogger

Check Also

Keajaiban Hamparan Pasir Timbul, Raja Ampat

Banyak sekali keajaiban yang terlihat di sini, keajaiban alam di Raja Ampat, Papua Barat yang …