Air Terjun

Air Terjun Parang Ijo di Karanganyar

Untuk kamu yang gemar wisata alam, air terjun parang ijo dapat menjadi tujuan kamu berikutnya. Lokasinya terletak di lereng gunung lawu, tepatnya di kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa tengah. Tidak jauh dari tempat wisata ini, terdapat candi sukuh dan air terjun jumog.

Jpeg

Tiket masuk ke air terjun parang ijo hanya tiga ribu rupiah per orang. Tidak seperti air terjun lainnya, tidak banyak anak tangga yang harus kamu lalui untuk menuju air terjun ini. Dari area parkir, hanya butuh jalan kaki sekitar lima menit saja untuk sampai ke lokasi. Pemandangan selama perjalanan pun sangat aduhai. Lereng gunung lawu memang memiliki panorama yang indah.

 

Ada legenda rakyat yang menarik terkait asal usul nama air terjun ini. Dahulu kala, terdapat sebuah pohon sangat besar dengan daun hijau rindang yang dianggap keramat. Pohon tersebut dua kali terkena banjir bandang yang disebut baru klinthing. Posisinya yang diantara dua karang, Pohon tersebut menyumbat aliran air dari gunung ke lembah. Pada banjir berikutnya, Pohon ini tumbang, sehingga aliran air dapat dengan deras terjun diantara dua tebing. Nama parang ijo berarti pohon hijau diantara dua tebing.

Keindahan air terjun parang ijo ini juga dapat dinikmati melalui video berikut ini,

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *