Air TerjunAlam & TamanKulinerOleh Oleh Nusantara

Mengenal Berasa Hitam Desa Wisata Cibeusi

Beras Hitam, emang ada ?

Kalian pasti belum pernah mendengar soal ‘Beras Hitam’ kan? Yups, tidak mengherankan memang, karena penggunaan beras hitam dalam menu makanan saat ini masih belum seluas kerabat beras lainnya.

Sejarah Beras Hitam sendiri berakar dari adat istiadat Cina Kuno, dimana waktu itu Beras Hitam hanya disediakan eksklusif untuk konsumsi Kaisar dan keluarganya. Sehingga, dari sinilah beras hitam mendapat julukan ‘Beras Terlarang’, karena jika rakyat jelata tertangkap basah makan nasi hitam tanpa izin, nyawa adalah taruhannya.

Akan tetapi, tenang saja, sebab di zaman modern seperti sekarang ini Beras Hitam sudah bebas untuk digunakan oleh siapapun. Indonesia sendiri menjadi salah satu lokasi budidaya Beras Hitam terbesar di Asia Tenggara, selain Filipina. Dan benar saja, berkat bukti-bukti medis dari klaim profil gizi dan kemampuan penyembuhnya, Beras Hitam kini dinobatkan menjadi salah satu biji gandum yang paling sehat di dunia.

Foto: tozsugianto.com
Cibeusi, penghasil Beras Hitam bermutu unggulan

Salah satu daerah yang terkenal akan Beras Hitamnya adalah Desa Wisata Cibeusi. Dimana Desa Wisata Cibeusi dijuluki sebagai salah satu penghasil Beras Hitam dengan mutu unggulan. Walaupun sebenarnya beberapa daerah di Kabupaten Subang sendiri juga menanam jenis ini, namun memang tekstur warna hitamnya tidak sepekat Beras Hitam yang ada di Cibeusi.

So, apasih keunggulan si Beras Hitam ini ? Tentu saja karena Beras Hitam kaya akan maanfaat. Baik dari seratnya, hingga proteinnya dapat membantu melawan kanker, diabetes hingga penyakit jantung. Bahkan sering digunakan juga untuk detoksifikasi.

Beras Hitam yang ditanam petani Desa Cibeusi biasa disebut Beras Gadog oleh masyarakat sekitar. Saat ini selain menanam padi hitam asli Cibeusi, masyarakat juga menanam padi hitam hasil kawin silang dengan varietas yang disebut ‘padi pendek’ oleh masyarakat sekitar. Hasilnya perkawinan berasnya berwarna lebih hitam dengan bentuk lebih lonjong dari Beras Gadog asli.

Buah Tangan pengunjung Desa Wisata Cibeusi

Saat ini Beras Hitam Cibeusi sudah dijual dalam bentuk kemasan dengan merek MENAK, beras ini juga menjadi salah satu buah tangan bagi para pengunjung yang berkunjung ke Desa Wisata Cibeusi. Dan yang paling penting, Cibeusi tidak hanya memiliki Beras Hitam dengan mutu unggulan saja, tetapi juga menyuguhkan aneka wisata seperti Curug Cibareubeuy, Curug Pandawa, Curug Cibihak, Curug Kosong, Curug Ciregoh, Curug Ciangin, Situs Batu Tapak, Jabon Camping Arena, dan Kampung Senyum serta Seni Tradisional Celempung.

Gimana ? Penasaran kah dengan destinasi wisata dan Beras Hitam yang ada di Desa Wisata Cibeusi ?

Editor : RA

 

Tags

BerlianSelig

Jangan biarkan dunia merubahmu tapi berusahalah dunia yg mengubah kita

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *