Air Terjun

Air terjun Sedudo, Tempat Pemandian Arca dan Ritual Awet Muda

Air Terjun Sedudo atau Coban Sedudo adalah sebuah air terjun yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Air terjun Sedudo Berada pada ketinggian 1.438 mdp dan memiliki ketinggian sekitar 105 meter. Air Terjun Sedudo memang cuup jauh jika kita tempuh dari ota Nganjuk yakni sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk.

foto : eastjava-vacationpackages

Air Terjun Sedudo memiliki keindahan yang memikat terbukti dari banyaknya wisatawan yang datang bila akhir pekan tiba. Wistawan yang datang ke Air Terjun Sedudo tidak hanya dari Nganjuk saja namun juga dari kota lainya.

Air Terjun Sedudo sudah dilengkapi berbagai fasilitas umum jadi kalian tak perlu khawatir lagi bila berkunjung ketempat ini. Ditempat ini sudah banyak warung yang didirikan dan juga kamar mandi untuk ganti baju atau bilas juga sudah tersedia,bahkan toko cindramata juga sudah ada di air terjun ini.

Ritual unik (foto : wisata Jatim)

Air Terjun Sedudo dipercaya oleh sebagain masyarakat setempat masih memiliki kekuatan supra natural. Ini bisa kita lihat jika Bulan Sura (kalender jawa) tiba, Air Terjun Sedudo ini akan ramai dikunjungi wisatawan. Menurut masyarakat setempat jika dibulan tersebut bisa membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Tangga Menuju Air Terjun (foto : wisata Jatim)

Setiap Tahun Baru Jawa air terjun Sedudo juga dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista. Uniknya lagi sisa bekas pencucian arca tersebut akan dipercikan untuk keluarga yang ingin mendapat berkah keselamatan dan awet muda. Demi melestarikan ritual sakral tersebut bahkan pemerintah Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Tags
Show More

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *