Air Terjun

Air Terjun Aik Genit persinggahan Jalur Torean

Gunung Rinjani kediaman sang dewi Rinjani dengan sungguhan alam dengan segala keangkuhan akan keindahannya. Animo pecinta alam tak cukup berpuas diri jika belum menaiki gunung tertinggi ke-2 ini. Rute pendakian yang umum untuk mendaki adalah Senaru dan Sembalun sebagai langkah awal menginjak kaki di Taman Nasional Gunung Rinjani.

Jalur yang melewati padang savanna, hutan dan bebatuan untuk mencapai summit. Namun masih ada jalur yang biasa dilalui oleh masyarakat setempat menuju Segara Anak untuk melakukan ritual keagamaan yakni Torean.

2 bukit jalur Torean kerennn!! by tengakarta
2 bukit jalur Torean kerennn!! by tengakarta

Torean berada di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Jalur Torean ini diapit oleh  dua bukit yaitu Plawangan Sembalun dan Pelawangan Senaru. Jalur ini cukup ekstrem, walaupun disuguhkan pemandangan yang kereennn!. Melewati hutan yang berakhir pemandangan 2 bukit dan berpapasan beberapa air terjun. Dari beberapa air terjun yang akan kamu temui. Ada sebuah air terjun untuk mencapai lokasi kamu melewati jalan setapak dan di sebelah kanan kirimu adalah jurang, wuihhhh tegang.

jalan setapak menuju Aik Genit.  by tengakarta
jalan setapak menuju Aik Genit. by tengakarta

Namanya Air Terjun Aik Genit,  yang unik dari air terjun ini memiliki pipa air berwarna gelap yang menggantung diatasnya. Menikmati kesegaran dan sambil mengsitirahatkan diri dengan jamuan pemandangan yang cukup memukau, sebelum melanjutkan perjalanan yang masih lebih menegangkan lagi. Air Terjun yang tidak terlalu tinggi ini mampu mengundang para pendaki untuk singgah.

Air Terjun Aik Genit.  by tengakarta
Air Terjun Aik Genit. by tengakarta

Beberapa hal yang harus diperhatikan, jika kamu ingin menikmati pesona jalur torean khususnya menikmati beberapa keindahan air terjun di rute ini. Perhitungkan perbekalan dan lokasi yang nyaman untuk berkemah. Rute ini sampai saat ini belum ada pos seperti Jalur Senaru dan Sembalun karena jalur Torean belum diresmikan untuk pendaki.

Jika menggunakan jasa porter carilah referensi porter yang mengenal baik rute ini karena Torean memiliki jalan bercabang yang dapat membuat kamu tersesat. Hindari rute ini jika musim penghujan dan hati-hati jika berkabut karena membuat kamu tidak dapat dengan jelas jurang yang dalam. Aik Genit salah satu air terjun yang akan menyambutmu ketika mengunjungi, Torean Gunung Rinjani.

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close