Kuliner

Yuk Cicipi Cita Rasa Bubur Pedas khas Kalimantan Barat yang Lezat!

Kamu penggemar wisata kuliner Indonesia? Jika iya, rasanya kamu wajib untuk mencicipi kuliner khas nusantara yang satu ini jika sedang berwisata ke Kalimantan Barat. Penasaran kuliner apa yang khas dari provinsi yang beribukota Pontianak ini?

Cita rasa unik yang tersaji di sini dijamin akan menggoyang lidah kamu para pecinta makanan nusantara. Perpaduan beraneka ragam sayuran yang dimasak menjadi satu adalah ciri utama kuliner yang dikenal dengan nama Bubur Pedas khas Sambas ini.

Ya, bubur yang satu ini memang beda dari yang lain. Tak hanya beda dan unik, sajian unggulan Suku Melayu yang bermukim di Kabupaten Sambas ini konon dulunya merupakan makanan yang disajikan di kerajaan Melayu Deli yang kental akan budayanya. Menarik bukan?

Terlihat menggugah selera, ya? | Foto: instagram/tiradwins

Namun kini, bubur pedas bisa kamu jumpai dengan mudah di daerah Sambas, Bengkayang, Mempawah, Singkawang dan tentunya Pontianak. Kuliner lezat ini biasanya ramai dijumpai terutama pada bulan Ramadhan sebagai salah satu takjil kegemaran masyarakat Kalimantan Barat.

Lantas, apakah yang membuat bubur pedas ini unik? Tak sekadar rasa yang memikat dan campuran beragam sayuran yang kaya akan gizi seperti kangkung, daun pakis, kentang, jagung manis dan daun kunyit saja, ternyata terdapat bahan unggulan yang ditambahkan yakni daun kesum. Daun unik yang memiliki aroma dan rasa yang sedikit pedas ini hanya tumbuh di Kalimantan Barat, loh!

Bubur yang terbuat dari beras yang ditumbuk halus kemudian dioseng ini, ternyata tak hanya kaya akan gizi tetapi juga kaya akan rempah. Perpaduan rempah yang menjadi ciri utama masakan Indonesia ini juga menjadikan rasa bubur pedas menjadi begitu diminati. Terutama penambahan lada hitam yang menciptakan rasa agak pedas di bubur ini. Dijamin kamu akan tergiur ingin segera mencicipinya!

Bubur pedas yang lezat dan penuh gizi | Foto: instagram/purnamasariyoung

Untuk menikmati sajian yang menggugah selera ini sempatkanlah untuk mengunjungi beberapa kedainya, diantaranya Pondok Burdas Merdeka Baru di Jalan Merdeka Barat No. 392, Kedai Bubur Pedas di Jalan Sultan Abdurrahman atau Kedai Bubur Pedas Pa’ Ngah yang terletak di Jalan Kom. Yos Sudarso, Gang Jagung, No.1.

Tak sekadar unik dan enak, ternyata kuliner ini juga terbilang murah meriah. Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp. 7.000—10.000 saja, kamu dapat merasakan kelezatan bubur pedas lengkap dengan taburan kacang tanah dan ikan teri goreng yang gurih.

Tertarik untuk mencoba kenikmatan kuliner khas Indonesia yang satu ini? Yuk, segera catat hari libur kamu dan segera bertandang ke Kalimantan Barat!

Tags
Show More

Hilal Guswati

Seorang pengagum alam yang gemar membebaskan imajinasinya berceloteh ria || Explorer || Self-taught Writer || I'm a member of Backpacker Jakarta's Fantastic Four! #BPJ4

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *