Kuliner

Sensasi Nikmat, Mangut Lele Yogyakarta

Sudah pernah coba belum jenis kuliner khas Yogyakarta yang satu ini, namanya Mangut Lele. Makanan berbahan utama lele ini kudu kamu coba ketika kamu bertandang ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Foto: @voilajogja.com

Mangut lele, konon hidangan khas yang satu ini bakalan bikin kamu manggut-manggut setelah menyantapnya. Dengan bahan dasar ikan lele, tangan-tangan koki sesepuh terdahulu berhasil mewariskan resep masakan dari dapur tradisional dengan cita rasa khas yang luar biasa. Salah satu Lele Mangut yang namanya sudah merajalela adalah Lele Mangutnya Mbah Marto. Menjadi kuliner blusukan yang banyak diburu pengunjung, kenikmatan yang disajikan Mbah Marto ini memang berbeda dari rumah makan manapun. Sebab, Lele mangutnya dikenal memiliki tekstur daging lele yang empuk, kesat, dan bumbu mangut serta pedasnya benar-benar meresap.

Mangut sendiri merupakan jenis makanan gulai pedasnya orang jawa. Biasanya berkuah santal kental dan berwarna kuning, sehingga ikan-ikan yang dimasak kedalam bumbu mangut benar-benar menyatu dengan resapan bumbu rempah-rempah yang khas. Nah, untuk lele mangut Mbah Marto yang hits ini, memiliki kelebihan di dalam proses memasaknya diluar resep bumbu rahasia yang dimilikinya. Cara memasaknya yang masih menggunakan pawon alias dapur tradisional dan tungku, dengan bahan bakar kayu memberikan suguhan aroma yang berbeda. Mbah Marto juga menyediakan Lele asap yang diasapi dari bambu dibungkus pelepah daun pisang yang menciptakan bau asap lele yang lezat.

Nah, jika kamu ingin mencicipi cita rasa mangut lele Mbah Marto ini, kamu cukup berkunjung langsung ke sekitaran punggungharjo, Bantul. Dengan jam buka pagi hingga sore, warung makan bergenre prasmanan ini bisa kamu nikmati dengan mengambil sendiri porsi nasi dan lauknya. Ayo kesini dan nikmati lezatnya kuah kental lele mangut khas Jogja.

Tags

Defi Susisusanti

Gadis biasa yang tak punya kelebihan namun punya beragam kegemaran.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *