Danau & SungaiEditor Picks

Umbul Ponggok “pencetus Foto Indah Underwater Indonesia”

Tempat yang  tak asing  bagi pecinta fotorafi Underwater di Indonesia, Bahkan merupakan salah satu tempat yang paling di buru beberapa tahun yang lalu untuk mengekspesikan jati diri para pencinta fotografi. Inilah Umbul ponggok,  tempat yang paling ngehit pada masanya, sebelum tempat-tempat lain bermunculan. Umbul ponggok Merupakan sebuah kolam alami yang di kembangkan menjadi wisata tirta dan merupaka wisata yang cukup terkenal di daerah Klaten.

umbul ponggok 2

Kolam air tawar di Umbul Ponggok berasal dari mata air dari proses alam dan debit air yang cukup mengalir terus,w isata ini terletak di desa Ponggok yang berada di kecamatan polan Harjo Klaten, jawa tengah. Mencapai Umbul ini biasanya menggunakan kendaraan pribadi denga motor atau mobil, belum ada kendaraan umum. bisa di capai dari jalan Solo- Yogya, setelah Pom bensin pakis belok kanan, lalu mengikuti jalanan yang menikung ke kanan sampai di pertigaan tugu belok kiri, tidak jauh dari sini sudah terlihat umbul ponggok,

umbul ponggok

Hanya dengan membayar tiket Rp 5000 rupiah sekaligus membayar parkir untuk motor seharga Rp.2000 anda dapat melenggang masuk ke dalam Umbul Ponggok. kolam ini di lihat sekilas nampak layaknya seperti kolam renang biasa, kolam  ukuran 50 X 25 meter dengan kedalaman rata-rata 1,5 meter – 2.6 meter banyak di kunjungi oleh wisatawan, baik yang akan snorkling maupun yang mau melakukan diving. Bagi traveller yang akan melakukan foto underwater dengan berbagai konsep alangkah lebih baik datang bukan di hari libur.

umbul ponggok 4

Di sebelah kanan umbul terdapat jejeran ruko-ruko, tempat penyewaan alat-alat untuk berenang atau snorkling, untuk menyewa pelampung,kaki katak, hanya mengeluarkan Rp. 5000 rupiah dan untuk kacamata untuk menyewa snorkling seharga Rp.10.000. masuk kedalam lagi ada tempat yang menyewakan kamera underwater, untuk 1 jam seharga Rp. 100.000 sedangkan bila menyewa 30 menit hanya Rp. 60.000, melewati tempat penyewaan berjejer warung yang menawarkan makanan dan minuman yang harganya relatif murah lohhh..

umbul ponggok 6

Kolam yang istimewa  sangat tiada duanya, air yang jernih, alami tanpa kaporit, segar, dasar yang di dominasi oleh bebatuan baik berukuran besar maupun kecil, pasir putih, dan beraneka ragam ikan air tawar berbagai ukuran menjadi hiasan yang tak terkira di Umbul Ponggok  dan satu lagi yang paling penting adalah walau banyak terdapat ikan, tidak tercium amis sedikitpun, hal ini karena air yang mengalir terus menerus seperti sungai. Saat travelelr berfoto  Ikan ikan akan menghampiri seolah merasa senang bisa menemani dan menikmati keindahan di dalam air tawar. Traveller dapat  bercumbu dengan beberapa ikan yang ada, bebatuan besar dan kecil menjadi pelengkap eksotiknya wisata air tawar ini. Tak heran Umbul ponggok menjadi satu-satunya tempat snorkling air tawar  terbaik di Indonesia.

umbul ponggok 5

Hal lain yang menarik adalah bila traveller akan melakukan pemotretan dengan menggunakan konsep, travelelr  dapat membawa aksesoris langsung kedalam kolam, aksesoris yang sering di bawa adalah sepeda, kursi, tenda, TV, bunga bahkan beberapa hir ini ada Motor yang di bawa ke dasar kolam, yang pasti aksesoris ini mampu bertahan di dalam air. Bila ingin melakukan pemotretan dengan aksesoris sebaiknya datang di hari senin – jumat pukul 07.00 – 09.00 WIB. karena Unggul Ponggok tidak begitu ramai.  Aksesoris bisa di sewa di warga sekitar dengan harga berfariasi.

Dengan  menggunakan konsep tentunya foto Underwater anda akan bertambah semakin indah, dan ini tak  dapat di temui kecuali di Unggul Ponggok klaten. Jadi kapan nih traveller berfoto ria di Umbbul Ponggok??

sumber : Jalantraveller.blogdpot.com

Jejak tak berujung

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *