Home / Blog / Pendakian Merbabu Via Selo

Pendakian Merbabu Via Selo

Gunung Merbabu, gunung yang terletak di perbatasan provinsi Jawa Tengah dengan D.I.Yogyakarta ini memang selalu menjadi favorit para pendaki, hampir tiap akhir pekan selalu saja banyak pendaki yang mendaki gunung ini. Selain viewnya yang indah, namun jalur terbilang mudah bahkan untuk saya yang terbilang “Newbie” ini.

puncak merbabu

Banyak jalur pendakian yang bisa dilalui untuk mendaki Merbabu dan salah satunya via Basecamp Selo Boyolali. Lewat jalur ini selama di perjalanan kita bakal disuguhi pemandangan Gunung Merapi di belakang kita. Tapi memang tidak mudah juga mendaki melalui jalur selo ini sehingga dibutuhkan stamina yang fit dan semangat pantang menyerah tentunya.

merbabu

Sama seperti halnya jalur pendakian yang lain,trek jalur via selo juga dimulai dengan medan yang landai.Namun lambat laun treknya semakin terjal bahkan jika kita telah di Pos 3 arah sabana 1 kita harus extra hati-hati karena selain terjal, jalurnya berupa tanah berpasir yang licin. Perlu perjuangan extra sekali melewati jalur apalagi buatku. Lama juga waktu yang aku habiskan selama pendakian. Kurang lebih hampir 9 jam lamanya. Waktu yang lumayan lama untuk sebuah pendakian. Mungkin karena seringnya beristirahat di tengah jalan sehingga tak terasa menghabiskan waktu yang lama.

merbabu 2

Tapi saya termasuk orang yang berujung karena selama pendakian cuacanya pun cukup bersahabat. Banyak momen yang kita dapatkan saat pendakian waktu itu.Mulai dari view sekitar, lautan awan yang indah,Sunset di ujung barat dan sunrise yang mempesona yang dapat kita lihat di keesokan harinya. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan takkan pernah terlupakan bagiku tentunya,seorang yang ingin mencoba mendaki dan mengenal Gunung di Indonesia tanpa harus mengotorinya tentunya.

merbabu selo

Aku pun selalu diingatkan untuk tidak membuang sampah di Gunung dan Selalu Bawa Turun Sampahmu. Kalimat yang mungkin tidak seberapa tapi memiliki arti yang luar biasa karena memang Alam Indonesia tercipta dengan keindahannya untuk kita nikmati bukan untuk kita kotori. Jadikan Alam ini sebagai Warisan Anak Cucu kita nanti.

About supray

Check Also

Lirikan Manja Sang Patih Gajah Mada

Apa yang ada di benakmu mendengar nama Patih Gajah Mada? Kalau aku identik dengan Sumpah …

  • Nisrinat

    mas, mau bilang, sepertinya ada orang yang dengan sengaja upload foto2 mas diatas tanpa memberi credit..

    • siapakah itu kaka

  • weny

    mas kira kira butuh berapa hari ya dari jakarta ke merbabu dan ke jakarta lagi ??