Editor PicksPantaiPulau

Mengintip Destinasi Terbaik Wisata Bawah Laut, Pulau Waigeo Raja Ampat

Pulau Waigeo adalah pulau terbesar dari empat pulau utama di Kepulauan Raja Ampat yang paling terkenal karena keindahannya. Dibandingkan dengan Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta, Pulsu Waigeo juga yang paling mudah dijangkau dengan transportasi umum, meski untuk menjelajahinya dibutuhkan tantangan.

Foto : Instagram @instagoexplore

Bukan hanya wisatawan lokal,  wisatawan mancanegara pun banyak berkunjung di sini. Bagi para pencinta selam, Pulau Waigeo akan menjadi surga, bagaimana tidak?  Berdasarkan data National Coremap (Coral Reef Rehabilition and Management Program) Raja Ampat memiliki kekayaan ragam spesies unik yang tinggi. Hal ini terlihat dari jumlah jenis ikan yang mencapai 1.104  jenis ikan, 699 jenis moluska (hewan lunak) dan 537 jenis hewan karang.

Foto : eagle-adventure.com

Ketika Anda diving dan snorkeling maka Anda akan menyaksikan ikan-ikan berwarna-warni yang berenang di sepanjang terumbu karang. Selain diving, Pulau Waigeo juga sangat cocok menjadi tempat fotografi bawah air yang sangat baik karena keanekaragaman hayati dan makhluk laut yang eksotis terdapat di sini. Terdapat berbagai biota laut seperti ikan pipa bergaris-garis biru, kuda laut pygmy, penyu hijau, napoleon raksasa, dan ikan lepu. Selain itu terdapat karang yang melimpah dan kelompok besar ikan kecil.

Foto : www.gedenusa.com

Ketika melakukan diving, di kedalaman sekitar 30 meter, di sepanjang Pantai Waiwo, Anda bisa berkesempatan untuk melihat Ikan Hiu  Sirip Putih (white tip reef sharks) serta Ikan Hiu Sirip Hitam (black tip reef sharks ) yang biasa terlihat tidur dan kadang-kadang berpatroli di kedalaman perairan biru .

Foto : www.gedenusa.com

Berdasarkan hasil penelitian, kepulauan Raja Ampat memiliki 75% dari seluruh spesies karang di seluruh dunia. Karena kekayaan alamnya inilah rasanya tidak berlebihan Raja Ampat dinobatkan sebagai destinasi terbaik wisata alam bawah laut.

Foto : Instagram @briggita.sekar

Bagi yang ingin berwisata dan bermalam, maka Anda dapat tinggal di resort sekitar pulau atau tinggal di sebuah kapal pinisi yang sudah dimodifikasi yang pastinya akan memberikan kesan tersendiri.

Foto : wisatatempat.com

Referensi : www.pedomanwisata.com

Author : Maria Ulfah @backpackerjakarta_32
Tags

Maria Ulfah

I am an ordinary person, try my best with perseverance and persistence to make me extraordinary one.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *