City Tour & LandmarkGoa

Tempat Rekreasi Gua Monyet, Tenau Kupang

Di kota Kupang, bukan hanya terkenal dengan Pantai Tablolong, Pantai Oetune, serta Pantai Kolbano, melainkan ada juga salah satu destinasi yang cocok banget untuk dikunjungi apalagi bersama dengan keluarga. Penasaran? Yupz, lokasi wisata ini bernama Gua Monyet!

Gua Monyet
Pict by DetikTravel

Lokasi dan Transportasi ke Gua Monyet

Tempat rekreasi yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur ini berada di Kelurahan Tenau, Kecamatan Alak, Kota Kupang, dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan maupun penduduk setempat setiap harinya. Oh iya, lokasinya mudah ditemukan kok, karena terletak dipinggir jalan raya menuju ke dermaga laut Tenau.

Nah, jika dari terminal kota Kupang, kalian bisa naik transportasi jurusan Kupang-Tenau dengan mengeluarkan biaya kurang lebih Rp10.000,-/orang sekali jalan. Atau dengan opsi lain yaitu menyewa jasa ojek Rp20.000,- dan jasa travel Rp50.000,-/orang. Menghabiskan waktu sekitar 45 menit perjalanan, kalian akan tiba di depan gapura Gua Monyet.

Infonya, disini terdapat 327 ekor monyet yang terbagi dalam 4 kelompok. Kelompok terbanyak sekitar 180 ekor, dan kelompok terkecil sekitar 40 ekor. Setiap hari ini, penjaga disini menyediakan 8Kg jagung untuk dimakan oleh para monyet. Hmmm… kalau sekarang mungkin lebih banyak ya gaes dengan mengikuti jumlah monyetnya.

Walaupun monyet-monyet disini terbilang jinak, ada baiknya kalian tetap menjaga barang bawaan atau ditinggal di mobil, mengingat bagaimanapun juga ini masih masuk dalam kategori hewan buas. Selama didalam, kalian akan disuguhkan dengan banyak aksi dan tingkah dari para monyet mulai dari bergelantungan, meloncat dari satu pohon ke pohon lain, berkejaran, berguling serta menggendong anaknya. Ini menjadikan pemandangan yang menarik perhatian para pengunjung.

Pict by Molina Olivia
Pict by Molina Olivia
Pict by Molina Olivia

Menurut informasinya juga, tempat rekreasi ini sudah dikelola secara baik sejak tahun 1988, sehingga sekarang sudah ada beberapa lopo untuk para pengunjung. Nah, jika kalian datang kesini, jangan lupa untuk membawa beberapa makanan agar bisa diberikan kepada para monyet seperti kacang-kacangan atau ubi dan pisang rebus.

 

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close