Pantai

Surganya Pemancing di Ujung Barat Kupang, Pantai Tablolong

Dibalik panas dan teriknya Kupang, gak membuat destinasi wisata di kota ini menurun. Melainkan sebaliknya, ada banyak banget pantai yang tersebar di Nusa Tenggara Timur dan umumnya masih pada perawan alias belum terjamah oleh para wisatawan. Salah satunya adalah Pantai Tablolong (diambil dari nama salah satu perkampungan nelayan kecil yang berada di ujung timur).

Pict by indonesiakaya.com

Pantai ini sendiri sangat terkenal dengan kegiatan memancingnya, karena Pantai Tablolong terletak di ujung Pulau Timor dan posisinya tepat di seberang Pulau Semau sehingga apabila hujan turun, akan banyak ikan yang berlindung di Pulau Semau. Itulah mengapa pantai ini cocok dijadikan tempat memancing.

Pantai Tablolong
Pict by indonesiakaya.com

Dengan membayar tiket masuk sebesar Rp3.000,- kalian sudah bisa menikmati keindahan Pantai Tablolong yang berpasir putih hingga berenang. Oh iya, disana sudah difasilitas  toilet, kamar ganti serta sarana bermain untuk anak-anak. Dan buat kalian menginap di sekitaran pantai bisa menyewa vila di bagian barat pantai.

Lokasi Pantai Tablolong

Berada di baratnya Kupang, untuk mencapai kesini dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan. Nah, untuk aksesnya sendiri masih cukup rumit karena harus menggunakan kendaraan pribadi. Tapi jangan khawatir buat kalian yang gak memiliki kendaraan, ada juga jasa sewa ojek yang dibandrol Rp100.000,-/hari dan untuk mobil Rp300.000,-/hari. Jika sudah sampai didepan gapura, kalian wajib berjalan kaki lagi sekitar 500 meter untuk mencapai Pantai Tablolong.

Pict by indonesiakaya.com

Buat yang hanya mau berleyeh-leyeh atau sekedar menikmati angin semilir, disini juga ada beberapa gazebo yang bisa digunakan. Disamping itu, gak jauh dari lokasi pantai ada sebuah rawa yang dibudidayakan oleh penduduk setempat sebagai kolam pembibitan ikan. Sebagai pelengkap, di Pantai Tablolong juga ada Pohon Centigi (Pempis Acidula) yang tumbuh di sekitaran bebatuan karang, dan merupakan sebuah tanaman golongan perdu yang banyak diburu orang karena keunikannya.

Pict by indonesiakaya.com

So gaes, apalagi yang ditunggu? Pantai ini wajib masuk dalam bucked list kalian ketika berkunjung ke kota Kupang, karena memiliki hamparan pasir putih dan diapit oleh Pulau Rote serta Timor.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *