City Tour & Landmark

Megahnya Jembatan Tayan, Jembatan Terpanjang kedua di Indonesia

Kabupaten Sanggau adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Kalimantan Barat. Yap, Kabupaten Sanggau merupakan salah satu daerah yang terletak di tengah-tengah dan berada di bagian utara provinsi Kalimantan Barat dengan luas daerah 12.857,70 km² dengan kepadatan 29 jiwa per km².

foto : .panoramio.com

Sebagian besar transportasi di Kabupaten Sanggau masih mengandalkan transportasi sungai seperti sampan, speedboat dan lain-lain. Nah karena itulah pemerintah setempat membangun sebuah jembatan yang bisa membantu meningkatkan peerekonomian masyrakat setempat. Mengingat beberapa daerah di Sanggau dipisahkan oleh aliran sungai.

foto : banjarmasin.tribunnews.com

Jembatan yang dibangun oleh pemerintah Kabupaten Sanggau adalah Jembatan Tayan. Jembatan Tayan Atau yang biasa disebut Jembatan Kapuas Tayan ini Memiliki Panjang 1480 M dan lebar 11,5 M melintang panjang di Sungai Kapuas. Jembatan Tayan ini juga melewati Pulau Tayan yang terletak di Kecamatan Tayan Hilir.

foto : Win Photoblog
foto : kompasiana.com

Jembatan Tayan terbagi dalam dua bentangan yang menghubungkan Kota Tayan dengan Desa Piasak. Bentangan pertama jembatan dari arah Kota Tayan menuju Pulau Tayan. Sedangkan bentangan kedua adalah jembatan dari arah Pulau Tayan menuju Desa Piasak.

foto : pinterest.com

Bentangan pertama yang menghubungkan Kota Tayan dengan Pulau Tayan memiliki panjang sekitar 300 meter. Sedangkan bentangan kedua yang menghubungkan Pulau Tayan dengan Piasak memiliki panjang sekitar 1.140 meter. Kini Jembaan tayan selain berfungsi sebagai jembatan penghubung juga menjadi kawasan Objek Wisata daerah sanggau dan Kalimantan barat menginga keindahan bentuk jembatan ini.

foto : Pekerjaan.co

Jembatan Tayan juga dikenal sebagai jembatan merah putih mengingat warna keseluruhan pada jembatan ini dinominasi oleh warna Merah dan putih seperti halnya warna bendera Indonesia. Objek wisata disekitar pulau dan pinggir sunggai juga kini tengah diperbaiki menjadi kawasan wisata unggulan Kabupaten Sanggau.

foto : Kompasiana.com

Jembatan Tayan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Maret 2016 lalu. Jembatan Tayan sendiri menjadi bagian dari Jalan Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah. Jembatan Tayan juga menjadi jembatan terpanjang yang ada di Kalimantan dan jembatan terpanjang nomor dua di Indonesia setelah Suramadu di Jawa Timur.

Refrensi : Wikipedia

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *