Pantai

Pantai Kolbano, Si Unik Yang Menarik Perhatian Wisatawan

Udah berapa banyak pantai yang udah kalian kunjungi? Pasti sebagian besar adalah pantai yang memiliki pasir putih atau hitam bahkan pink. Bukan begitu teman? Nah, disini saya mau informasikan bahwa ada satu pantai yang wajib kalian lirik karena memiliki keunikan lain yang memakau para wisatawan. Apa itu? Pantai Kolbano namanya!

Pict by Threevenue.com

Lokasi Pantai Kolbano

Berada di Desa Kolbano, Pantai Selatan Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, Kolbano memiliki hamparan batu yang berwarna-warni apabila terkena sinar terik matahari. Pantai ini memiliki ombak yang cukup keras karena memiliki banyak batu di dasar laut nya. Maka dari itu, gak salah kalau pantai ini juga dijuluki sebagai Pantai Batu di Kupang.

Pict by Basodara.com

Untuk sampai ke Pantai Kolbano, kalian bisa mengambil penerbangan ke Bandara El Tari. Lalu dilanjutkan dengan transportasi darat yang hanya ada 1x perjalanan dalam 1 hari ke pantai ini. So, apabila kalian tiba dan ketinggalan Bus, ada baiknya langsung cari tempat penginapan sambil menunggu esok pagi.

Bus Kota yang kalian gunakan untuk ke pantai membuka tarif sebesar Rp60.000,- sekali jalan dan menghabiskan waktu kurang lebih enam jam perjalanan. So, kalian harus siapkan fisik ya gaes!

Disamping itu, pantai yang diakui dunia karena keunikan akan hamparan batu warna-warni nya juga memiliki beberapa spot menarik yang gak kalah bagusnya untuk diabadikan.

Penasaran ada apa aja? Yuk simak dibawah ini:

Menjajaki Jembatan terpanjang di Pantai Selatan Pulau Timor

Sepanjang perjalanan menuju Pantai Kolbano jika dari Kota Kupang, kalian bukan hanya menemukan anak-anak sepanjang jalan yang dadah-dadah seolah menyambut kalian, melainkan juga ada Jembatan Noelmina di perbatasan Kabupaten Kupang dan Kabupaten Timor Tengah Selatan. View yang ditawarkan disini sangatlah memanjakan mata kalian. So, jangan lupa mengabadikan moment ya!

Pantai Kolbano
Pict by Isma Hanifa Ma’ruf

Ke’eksotisan Puncak Batu Fatu Un

Nah, ini adalah satu satu spot yang selalu menjadi incaran para wisatawan karena memiliki bentuk menyerupai kepala singa yakni Batu Fatu Un. Untuk melihat keindahan bentang alam Pantai Kolbano dari ketinggian, kalian bisa menaiki nya hingga ke puncak, setelah itu laut yang tenang dan luas di depan mata akan menghipnotis kalian dalam sekejap dengan gradasi warna biru muda.

Pict by Nandhajourney

Sejarah Mite “Bi Kabin”

Bercerita tentang seorang gadis anak manusia bernama Bi Kabin yang menikah dengan Raja Laut Na’ Besimnasi (Buaya). Konon, untuk menjaga kelestarian alam dan hubungan kekerabatan dengan Na’ Besimnasi, keluarga Bi Kabin serta warga sekitar melakukan ritual di Pantai Kolbano sebagai ucapan terimakasih kepada Raja Laut karena Pantai Kolbano selalu dilimpahi kekayaan ikan yang mudah ditangkap tanpa merusak pantai.

Panorama Sunset dan Sunrise

Gak afdol rasanya jika mampir ke sebuah pantai gak menikmati panorama sunset dan sunrise. Nah, kalian bisa melihat keduanya dengan datang pada saat shubuh untuk melihat matahari terbit dan kembali lagi diwaktu sore untuk menyaksikan ia tenggelam.

So, tidak ada salahnya kalau kalian mau mencoba ke Pantai Kolbano dan melihat batu-batunya yang indah! Happy traveling.

Tags

febeshinta

Hi, I'm Febe Sinta Franciska, author of www.febeshinta.com and also www.backpackerjakarta.com; Besides that, I like writing and photography. So, I can share my experience and capturing a perfect moment as long as I travel. If you want to know my daily activities and where I am going, just follow my Instagram @febe_shinta Please enjoy both of this website with a cup of coffee or tea! Happy reading! Me love you all :)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *