City Tour & LandmarkKuliner

Surga Terasi Ternyata ada di Kota Toboali

Toboali adalah sebuah Ibu Kota Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Toboali mungkin bagi sebeagain orang mengenalnya dengan sebuah Terasi udang yang biasa dibawa sebagai oleh-oleh khas Bangka. Yap memang Terasi Toboali adalah salah satu Produk oleh-oleh unggulan dari Kabupaten paling Selatan di pulau Bangka.

foto : m.radarbangka.co.id

Terasi Toboali terbuat dari bahan dasar Udang asli dari laut Bangka yang bebas campuran ikan. Tak heran jika rasanya sangat berbeda dari terasi pada umumnya. Bahkan kini Terasi Toboali sudah terkenal hingga kemancanegara seperti Prancis dan Jepang.

Terasi Toboali atau lebih dikenal oleh warga lokal sebagai belacan ini Teksturnya lembut dan berwarna kemerahan dan aromanya tak begitu menyengat. Itu sebabnya banyak orang menyukai terasi Toboali sebagai bahan campuran sambal atau masakan lainya.

Terasi Toboali banyak diproduksi di Kampung Padang Kota Toboali yakni sebuah wilayah sentra pembuatan terasi khas Kabupaten Bangka Selatan. Lokasinya terletak sekitar lima menit dari kawasan Simpang Lima Toboali. Proses pembuatan Terasi Toboali sendiri cukup panjang yakni melalui pengolahan lalu proses penjemuran sekitar dua jam. Setelah kering, Udang kemudian ditumbuk dan dicampur garam di dalam alat yang disebut lesung.

Setelah ditumbuk kasar, maka bahan setengah jadi tersebut harus diendapkan selama satu hari. Nah Keesokan harinya, bahan yang telah diendapkan tersebut dijemur kembali dan ditumbuk hingga halus setelah itu barulah proses pengepakan dilakukan.

Jadi buat kalian yang berlibur atau berkunjung ke Bangka jangan lupa bawa oleh-oleh Terasi khas Kota Toboali.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *