Pulau

Pulau Dodola, Pulau Terindah di morotai Maluku Utara

Sudah sejak lama kita tahu jika Maluku menyimpan begitu banyak potensi wisata terutama keindahan alamnya. Salh satu destinasi wisata di Maluku yang kini tengah menjadi pusat perhatian adalah Morotai sebuah Kabupaten di Provinsi Maluku Utara. Nah di Morotaipun wisatanya sangat banyak dan beragam pilihanya seperti salah satunya yakni Pulau Dodola.

foto : @ceritadestinasi

Pulau Dodola merupakan sebuah pulau cantik di Maluku Utara yang memiliki hamparan pasir putih dan lautanya yang sangat biru. Pulau Dodola sendiri terdiri dari Pulau Dodola Besar dan Pulau Dodola Kecil. Kedua pulau ini lokasinya sangat dekat dan bersebelahan. Bahkan jika saat air laut sedang surut kita bisa saling menyambangi kedua pulau ini melalui jalan pasir.

foto : @Lifestyle Liputan6

Secara administratif, Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai Provinsi Maluu Utara. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju daruba kemudian dilanjutkan dengan menggunakan speedboat menuju Pulau Dodola dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

foto : pulaumorotaikab.go.id

Selain keindahan pulaunya yang masih terbilang sepi dengan hamparan pasir putih dan ombak laut yang tenang, Pulau Dodola juga menjadi tempat favorit snorkling dan diving. Keindahan bawah laut  Pulau Dodolatak kalah dengan spot diving atau snorkling lainya di maluku. Banyak terumbu karang dan ikan yang berwarna warni dan beragam jenisnya dipulau ini.

foto : @raniepalma
foto : travelingyuk.com

Bahakan kini sudah tercatat ada 13 titik penyelaman di sekitar Pulau Dodola. Salah satu spot diving yang sangat disukai penyelam adalah ada beberapa kapal dan pesawat perang yang sudah karam. Kini bangkai kapal dan pesawat tersebut menjadi habitat rumah ikan dan biota laut Pulau Dodola.

foto : @jeffrylight
pesawat tempur saat perang dunia ke dua (foto : english.cri.cn)

Pulau Dodola sendiri dulunya menjadi salah satu perlintasan Perang Dunia anatara Jepang dangan Sekutu. Itulah sebabnya disekitar Morotai khususnya Pulau Dodola banyak sekali bekas sisa peninggalan perang dunia baik di daratan maupun di lautan.

 

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata disemua daerah di Indonesia. ( Follow Instagram @emyebpj )

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *