Seputar TravellingTips TravellingUncategorized

Railink, Solusi Cepat dan Hemat Akses Menuju Bandara

Kini ke bandara ga perlu takut ketinggalan pesawat karena jalanan macet. Udah ada Railink! Solusi tepat buat kalian yang ingin mengakses bandara dengan cepat dan hemat.

Railink atau kerata bandara (source: kumparan.com)

02 Januari 2018 lalu, Kominfo bersama Presiden Jokowi Dodo secara resmi mempublikasikan Railink atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan kereta bandara. Sebetulnya, kereta bandara ini sudah soft launching sejak tanggal 26 Desember 2017. Namun, baru resmi beroperasi pada awal tahun 2018 ini. Nah, untuk kalian yang tertarik menggunakan Railink, berikut panduannya.

Rute dan Jadwal keberangkatan

Perlu kalian ketahui, bahwa Rute Railink ini adalah dari Soekarno Hatta International Airport (SHIA) sampai Stasiun Manggarai, dengan pemberhentian di Stasiun Batu Ceper, Stasiun Duri, dan Stasiun Sudirman Baru. Namun untuk saat ini, yang sudah resmi beroperasi hanyalah Stasiun Batu Ceper dan Stasiun Sudirman Baru.

Dalam sehari ada 25 kali perjalanan dengan jeda waktu 30 menit. Nantinya akan ada sekitar 80 perjalanan dalam sehari jika semua stasiun nya sudah mumpuni. Kereta ini mampu menampung kurang lebih 270 penumpang dengan total 6 rangkaian kereta.

Tampak dalam gerbong kereta

Waktu keberangkatan pertama dan terakhir dari Stasiun Sudirman Baru adalah jam 04.21 WIB dan jam 21.51 WIB. Sedangkan dari Stasiun Bandara Soekarno Hatta adalah jam 06.10 WIB dan 23.10 WIB. Adapun untuk lebih detailnya kalian dapat mengakses jadwal kereta bandara di railink.co.id atau pada gambar di bawah ini.

Jadwal Kereta Bandara (source: railink.co.id)

Harga dan Cara Membeli Tiket

Harga tiket kereta bandara terbilang cukup terjangkau, yakni Rp70.000 untuk sekali jalan dengan rute Stasiun Sudirman Baru-SHIA. Jadi jika ingin berhenti di Stasiun Duri, kalian hanya perlu membayar Rp35.000 saja.

Tiket Railink

Nah, untuk pembelian tiketnya ada 3 opsi. Di antaranya :

  1. Kalian bisa membelinya langsung di vending machine yang tersedia di tiap stasiun.
  2. Melalui aplikasi Railink yang dapat diunduh di playstore atau App-store di smartphone kalian.
  3. Kalian bisa reservasi online lewat situs resmi Railink di https://reservation.railink.co.id/ .

Metode pembayaran nya sendiri tidak bisa dengan uang tunai. Vending machine hanya bisa melayani debit card, credit card, dan e-money.

Tata cara reservasi tiket secara online (source: railink.co.id)

Ketika kalian sudah mendapatkan tiket Railink, pastikan tiket tersebut tersimpan dengan rapih. Jangan sampai robek atau basah. Karena terdapat bar code yang kalian perlukan saat masuk dan keluar gate kereta.

Bar Code yang ada di tiket

Cara Menjangkau Stasiun Sudirman Baru

Stasiun Sudirman Baru berada persis disebrang Stasiun Sudirman (commuter line). Jadi buat kalian pengguna KRL, bisa turun di Stasiun Sudirman dan jalan kaki sedikit ke Stasiun Sudirman Baru. Atau kalian bisa menggunakan Transjakarta dengan transit di Halte Dukuh Atas. Sebetulnya, Kominfo sendiri sudah menambahkan koridor baru Transjakarta dengan rute Stasiun Gambir-Stasiun Sudirman Baru. Namun armadanya masih sedikit, dan jam terakhir keberangkatannya  pun jam 7 malam.

Stasiun Sudirman Baru (source: kumparan.com)

Akses dari Stasiun Bandara ke Terminal yang Dituju

Nah kalau sudah sampai di Stasiun Bandara, kalian langsung terkoneksi dengan skytrain. Jadi kalian bisa dengan mudah berhenti di terminal yang kalian tuju dengan kereta layang ini. Jam operasional skytrain adalah mulai pukul 04.27 WIB – 00.17 WIB. Oya, fasilitas skytrain ini gratis loh!

Skytrain (source: kumparan.com)
skytrain schedule (source: angkasa pura)

Gimana… Masih mau pakai cara ribet ke bandara?

Editor : @rizkyamalia #BPJ30

Tags

Rahma (@_raahmaaa)

Walk humbly, talk politely, dress neatly, play atrractively.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close