PantaiPulau

Jelajahi Keindahan Negeri Laskar Pelangi

Destinasi Favorit di Belitung

Belitung atau yang biasa disebut dengan Belitong, siapa yang tak kenal pulau yang berada di lepas pantai timur Sumatera ini. Sejak tahun 2000an lalu pulau Bangka dan Belitung memerdekakan diri dari pulau Sumatera dan berdiri menjadi provinsi Bangka Belitung dengan ibukota nya di Pangkal Pinang. Artikel kali ini kita akan membahas pulau belitung terlebih dahulu yah guys, khususnya tempat wisatanya. Pulau Belitung sendiri di bagi menjadi 2 Kabupaten yakni Kabupaten Belitung Barat yang beribukota di Tanjung Pandan dan Belitung Timur di Manggar.

Pulau Belitung memiliki luas wilayah 4.800 km2 atau sekitar 480.000 ha. Sebagian besar penduduk nya bermata pencaharian sebagai nelayan, selain itu ada juga yang berprofesi sebagai penambang timah, Belitung memang di kenal sebagai salah satu wilayah penghasil timah di Indonesia.

Berbicara soal wisatanya, pulau belitung sudah tak di ragukan lagi, pulau ini memiliki banyak tempat menarik yang biasa menjadi favorit para wisatawan. Tak hanya itu, belitung juga pernah menjadi salah satu tempat yang di jadikan lokasi syuting film Laskar Pelangi beberapa waktu lalu. Sejak saat itu nama belitung semakin di kenal masyarakat luas dan sering disebut sebagai Negeri Laskar Pelangi .

Ada beberapa tempat favorit yang bisa kalian kunjungi saat berada di negeri laskar pelangi ini. Apa sajakah tempat tersebut, berikut lokasi atau tempat yang wajib kalian kunjungi saat berada di belitung.

Pulau Lengkuas 

Pulau Lengkuas menjadi tempat favorit yang harus di kunjungi saat berada di Belitung. Pulau ini berjarak sekitar 30 menit dari pantai Tanjung Kelayang dengan menyewa kapal hopping kalian bisa mengunjungi pulau pulau kecil di belitung, yang salah satunya pulau lengkuas

Di pulau Lengkuas berdiri megah sebuah mercusuar peninggalan hindia belanda setinggi 70 meter dengan total 13 lantai. Dari atas mercusuar ini kalian bisa melihat keindahan pulau belitung. Di sepanjang pantai nya kalian akan di manjakan dengan hamparan pasir putih dengan air laut yang jernih. Di pinggir pantai di dominasi batuan granit raksasa yang memang menjadi ciri khas pantai pantai di Belitung. Tidak jauh dari lokasi pantai, terdapat spot untuk kegiatan snorkling. Keanekaragaman terumbu karang dan ikan dengan berbagai bentuk dan warna menjadi pemandangan bawah laut yang indah yang di tawarkan pulau ini.

Batu Garuda 

Batu Garuda terletak tak jauh dari pantai Tanjung Kelayang. Di namakan batu garuda karena salah satu batu granit yang menonjol di atas bebatuan tersebut berbentuk seperti kepala burung garuda.

Batu Belayar 

Dinamakan batu belayar karena letak bebatuan ini berada di tengah tengah laut. Beberapa batuan granit raksasa berdiri di atas sebuah pulau kecil yang di kelilingi air laut. Dari kejauhan bebatuan ini terlihat seperti mengapung di lautan, mungkin karena inilah pulau kecil tersebut di namakan batu belayar.

Pulau Kepayang 

Pulau Kepayang letaknya tak jauh dari pulau lengkuas. Dengan garis pantai sepanjang kurang lebih 1,5 kilometer pulau Kepayang memiliki pantai yang landai dengan pasir putih yang halus dan ombak yang tenang. Air laut yang berwarna jernih kebiruan membuat kita tergoda untuk bermain air atau berenang di pinggiran pantai pulau ini.

Pulau Kelayang 

Pulau Kelayang menawarkan pemandangan yang berbeda dari yang lain. Di pulau ini kita bisa masuk menyusuri jalan setapak untuk melihat goa yang ada di dalamnya. Goa tersebut terbentuk dari batuan granit besar yang saling mengapit dan di tengah tengah nya terdapat celah. Di celah celah inilah air laut masuk membuat sebuah pemandangan yang indah dan unik yang jarang kita jumpai di pulau lain.

Bebatuan granit ini membentuk sebuah goa yang di tengah nya terdapat sela untuk masuknya air laut

Pulau Pasir

Pulau Pasir letaknya tak jauh dari Pulau Kelayang. Pulau ini hanya bisa kalian jumpai saat air laut sedang surut. Saat surut daratan pulau ini akan terlihat di tengah tengah laut. Di pulau ini jika beruntung kalian bisa menjumpai bintang laut lho.

Pulau Pasir terlihat di atas permukaan air laut yang masih pasang

Pantai Tanjung Kelayang 

Pantai Kelayang terletak di desa Sijuk. Pantai ini memiliki pasir putih yang halus dengan air laut yang jernih. Di pantai ini banyak perahu penduduk berlabuh. Perahu ini yang nantinya bisa kalian sewa untuk hopping pulau pulau yang ada di belitung.

Pantai Tanjung Tinggi 

Masih ingat bukan dengan film laskar pelangi, yah benar sekali. Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu tempat yang di jadikan lokasi syuting film ini. Di pinggir pantai nya akan kalian jumpai batu batu granit besar dengan berbagai bentuk. Deburan ombak di sela selanya dan juga pasir putih nya membuat betah berlama lama disini. Aktivitas air seperti berenang sangat cocok di lakukan disini karena memang ombak nya yang tenang dan di beberapa titik terdapat kubangan air yang di apit batuan granit seperti layaknya kolam pribadi. Tempat yang sangat indah untuk di abadikan dalam bidikan kamera .

Danau Kaolin 

Tak hanya di Bangka, Belitung juga punya danau kaolin. Lokasi danau ini terletak di desa Air Raya Perawas, Tanjung Pandan. Danau ini terbentuk dari hasil galian tambang kaolin (bahan baku untuk membuat cat). Danau kaolin belitung ini terletak tak jauh dari kota Tanjung Pandan sekitar 10 menit dari bandara. Warna air di danau ini terlihat hijau tosca berbeda dengan danau kaolin di bangka yang terlihat berwarna biru.

Replika SD Laskar Pelangi 

Buat kalian yang ingin mengunjungi SD Muhammadiyah yang dulu sempat di jadikan lokasi syuting film laskar pelangi kalian bisa mengunjungi replika nya ini di desa Gantong, tepatnya di Jl. Laskar Pelangi, Belitung Timur.

Dermaga Kirana / Rumah Keong

Tak jauh dari replika SD Laskar Pelangi, tepatnya di sebrang jalan kalian bisa mampir dan mengunjungi Dermaga Kirana atau biasa di sebut Rumah Keong. Di sebut rumah Keong karena di tempat ini terdapat bangunan pondok yang berbentuk seperti keong.

Pondok tersebut di buat dari anyaman rotan dengan lantainya yang memakai papan kayu. Di lokasi ini juga terdapat sebuah dermaga kecil dengan perahu yang bisa di sewa untuk berkeliling di sekitaran danau.

Museum Kata

Museum sastra ini didirikan oleh penulis novel laskar pelangi yakni Andrea Hirata. Museum ini berisi tentang literatur dari berbagai genre seperti literatur film, musik, arsitektur, seni dan juga terdapat gambar gambar dari potongan film laskar pelangi. Oh iyaa, untuk masuk ke museum ini agak lumayan harganya yaitu 50ribu per orang

Tampak depan Museum Kata Andrea Hirata

Kampung Ahok

Masih di desa yang sama dan berdekatan dengan SD Muhammadiyah Gantong dan Museum Kata tadi, kalian bisa berkunjung ke kampung ahok. Kampung ahok ini berupa sebuah rumah adat Belitung.

Di dalam rumah adat ini terdapat berbagai pernak pernik khas belitung, oleh oleh khas belitung, dan makanan khas belitung yang bisa kalian beli.

Kelenteng Fuk Tet Che

Tak jauh dari kampung ahok, sekitar beberapa meter saja di pertigaan jalan bisa kita jumpai kelenteng megah tempat peribadatan umat kong hu chu ini. Namun, kelenteng ini hanya di buka saat ada peribadatan saja. Tapi, jika ingin mampir dan berfoto kita bisa singgah di depannya.

Beberapa tempat tersebut merupakan destinasi favorit yang ada di belitung, baik di belitung barat ataupun belitung timur. Berwisata ke Belitung kebanyakan orang ada yang ikut paket tour ataupun jalan sendiri dengan menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Untuk biaya masuk wisata pun terbilang cukup murah, rata rata 2 – 3 ribu saja sekali masuk, terkecuali untuk museum kata sebesar 50 ribu. Akses kesana pun juga gampang, dari Jakarta jika melalui jalur udara hanya memakan waktu satu jam perjalanan dan jalur laut sekitar satu hari.

Jadi, bagaimana guys. Sudah siapkah untuk keluar dari zona nyaman mu dan nikmati keindahan negeri laskar pelangi ?

 

 

Tags

Related Articles

1 thought on “Jelajahi Keindahan Negeri Laskar Pelangi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close