BlogKulinerReview

Lezatnya Ayam Geprek Mbah So

Kuliner Lokal Kekinian di Rumah Seni Banjarsari Solo

Kuliner ayam geprek semakin populer saja belakangan ini. Olahan daging ayam yang dimarinasi rempah dan dibalut tepung krispi ini menyita perhatian penikmat kuliner seantero media sosial. Tidak heran, karena ayam geprek memiliki cita rasa perpaduan gurih dan pedas yang banyak digemari lidah orang Indonesia. Di Kota Solo, kamu dapat menikmati kuliner ini di AYAM GEPREK MBAH SO SOLO.

Siapa sih yang belum pernah makan masakan daging ayam? Daging ayam memang lezat, baik digoreng, dibakar, dipanggang, maupun dibuat daging ayam olahan seperti nugget dan sosis. Di Indonesia, daging ayam merupakan pemasok protein paling populer. Berdasarkan data statistik BPS tahun 2017, setiap orang mengonsumsi lebih dari lima ribu kilogram daging ayam selama satu tahun. Wow!

Sumber : Tirto.id

Lokasi dan Suasana di Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari

Ayam Geprek Mbah So terletak di kantin Rumah Banjarsari, letaknya tidak jauh dari stasiun kereta api Solo Balapan. Rumah Banjarsari merupakan ruang publik dan seni yang terbuka untuk kegiatan seni masyarakat umum. Jadi lokasi ini sangat ideal untuk acara kumpul komunitas dan kegiatan kreatif lainnya.

Untuk menuju lokasi Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari, kita dapat mengikuti petunjuk google maps dengan kata kunci “Rumah Banjarsari”. Alamatnya di Jalan Syamsurizal No.10, Kelurahan Setabelan, Kecamatan Banjarsari, Kota surakarta, Jawa Tengah.

Kantin ini pun konsepnya seperti garden resto. Suasana yang asri dengan tempat yang nyaman menjadikan kita betah berlama-lama hang out di Ayam Geprek Mbah So. Untuk mengadakan acara komunitas, kita bisa memesan paket makanan di Ayam Geprek Mbah So dengan menu sesuai permintaan kita. Sstt, budgetnya ramah di kantong lo!

Tentang  Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari

Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari ini mulai diluncurkan pada bulan September 2017. Kehadiran tempat kuliner ini menjawab permintaan dari penikmat kuliner yang sering mengadakan kegiatan di Rumah Seni Banjarsari.

Kumpul bareng teman di food court Rumah Seni Banjarsari (foto : nirmalamedia.com)

Pemilik kedai ini Ibu Sylvia dan Bapak Sugiarto, yang biasa dipanggil “Mbah Rowo” ingin melestarikan kuliner tradisional, khususnya ayam geprek. Brand Ayam Geprek Mbah So diusung untuk mengenang “Mbah So” yang merupakan ayahanda dari pemilik brand ini. Dalam satu lokasi kantin Rumah Seni Banjarsari, kita juga dapat menikmati aneka menu wedhangan di “Wedhangan Mbah Rowo”.

Para pengelola di Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari dan Wedhangan Mbah Rowo ini merupakan teman-teman dari alumni SD Kristen Manahan. Mulai dari para pramusaji, sampai chef andalan yang bernama Ibu Sari. Nah, Ibu Sari (yang biasa dipanggil Kanjeng Mami Sari) ini menceritakan “rahasia dibalik lezatnya” Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari ini loo.

Rahasia Lezatnya Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari

Kalau kamu mau buka usaha kuliner, khususnya ayam geprek, kamu bisa nyontek rahasia ini, hahaha. Daging ayam fillet yang fresh merupakan kunci pertama. Daging ayam segar yang dimasak dadakan akan menyuguhkan cita rasa yang jauh lebih baik dibandingkan daging ayam frozen yang siap santap. Kekurangannya adalah kamu akan menunggu lebih lama untuk penyajiannya. Tapi semua itu akan terbayar dengan rasa yang tidak mengecewakan. Sepadan!

Ayam Geprek Mbah So di Rumah seni Banjarsari Solo (foto : kulinersoloraya.com)

Daging ayam dimarinasi rempah pilihan kemudian dibalut tepung krispi. Nah, rahasia berikutnya adalah adonan tepung krispi ini. Banyak penjual ayam geprek menggunakan tepung instant untuk alasan kepraktisan. Tapi di Ayam Geprek Mbah So Rumah Seni Banjarsari ini, tepung krispi diracik sendiri oleh Chef Sari. Penggunaan penyedap rasa dibatasi, diganti dengan bumbu-bumbu yang lebih berani. Hasilnya adalah tepung krispi yang renyah dengan rasa gurih yang pas di lidah.

Rahasia pamungkas selanjutnya adalah daging ayam harus lebih banyak daripada tepungnya. Namanya juga ayam geprek, bukan “tepung geprek” ye kan! Memang ini akan menambah cost produksi, namun ini dilakukan demi kepuasan pelanggan. Harga paket nasi ayam geprek dengan daging tebal ini masih bisa ditekan sampai dengan lima belas ribu rupiah saja per porsinya. Ingat, Solo surga kuliner enak dan murah!

Ayam Geprek Mbah So di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

Ayam Geprek Mbah So dengan  Lima  Pilihan Toping

Selain keunggulan yang sudah disebutkan tadi, Kamu juga bisa terhindar dari rasa bosan dengan sambal ayam geprek yang itu-itu saja. Di Ayam Geprek Mbah So ini, kamu bisa memilih sambal atau saus apa yang kamu suka. Ada 5 pilihan rasa yang semuanya lezat.

Ayam Geprek Original

Kelezatan ayam geprek yang sudah tidak diragukan lagi dalam khasanah kuliner Indonesia dapat kamu peroleh di sini. Ayam Geprek Mbah So original ini cocok buat kamu yang seleranya tidak neko-neko, hehe. Cukup merogoh kocek sebesar lima belas ribu rupiah saja, kamu bisa menikmati ayam geprek original lengkap dengan seporsi nasi putih.

Ayam Geprek Sambal Bawang

Sambal bawang memang tidak pernah mengecewakan. Perpaduan antara bawang putih, cabai rawit, dan garam yang diracik juru masak berpengalaman tidak pernah gagal membuat diet kamu gagal, hahaha. Karena asli, ini enak banget!

Ayam Geprek Mbah So Sambal Bawang di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

Ayam Geprek Sambal Matah

Sambal matah semakin populer saja di Kota Solo akhir-akhir ini. Sambal yang berasal dari Bali ini memang terasa unik di lidah. Aromanya menguar membuat perut keroncongan dan ingin segera makan dengan lahap. Bagaimana tidak, irisan cabai, bawang, daun jeruk, dan terasi dengan campuran minyak kelapa ini begitu menusuk aromanya. Membangkitkan selera!

Ayam Geprek Mbah So Sambal Matah di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

Ayam Geprek Saus Lada hitam

Ayam geprek dengan guyuran saus lada hitam menjadi pilihan yang tepat saat kamu bosan dengan aneka sambal yang “itu lagi-itu lagi”. Saus lada hitam dengan rasa pedas dan gurih yang berkolaborasi harmonis di atas ayam geprek, akan membuat anganmu melayang tentang betapa beruntungnya kita tinggal di Indonesia dengan beragam olahan kuliner lezat.

Ayam Geprek Mbah So Saus Lada Hitam di Rumah Seni Banjarsari (foto : misterransel.com)

Ayam Geprek Saus Asam Manis

Ayam geprek saus asam manis merupakan menu baru di Ayam Geprek Mbah So. Menu ini hadir untuk menjawab permintaan penggemar ayam geprek di Kota Solo. Saus asam manis memang punya penggemar sendiri . Tidak heran, karena perpaduan antara saus tomat yang masam dan gula pasir yang manis serta bumbu lainnya menjadi pemikat dalam aktivitas bersantap. Ayam geprek dengan siraman saus asam manis dapat menjadi pilihan anda dan orang tersayang.

Ayam Geprek Mbah So

Buka Jam : 10.00 WIB – 24.00 WIB

Rumah Banjarsari – Ruang Publik & Seni.

Alamat : Jl. Syamsurizal No. 10, Setabelan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Telp : 0812 1533 9691 / IG : @Ayamgeprekmbahso

 

Tags

Maya Nirmala Sari

Citizen Journalist - www.nirmalamedia.com - maeshare.blogspot.com - Suka belajar dan mencoba hal baru. Penikmat kuliner. Pemerhati lingkungan. Cinta bumi dan buah-buahan. - Tinggal di Solo, Jawa tengah, Indonesia. IG @nirmalamedia - IG @kuliner.soloraya - IG @Maenequeen - IG @maya.nirmalasari

Related Articles

4 thoughts on “Lezatnya Ayam Geprek Mbah So”

  1. pengeeeeeeeeeennnnn…ayam gepreknya murce bangett..
    liat gambarnya bikin laper ngecessss abis.
    kuncinya kualitas daging dan rempah yang bikin istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *