Editor PicksPantaiPulauSeputar Travelling

Mengenal Togean, Taman Laut Terindah di Sulawesi Tengah

Togean adalah sebuah Kepulauan yang juga merupakan Taman Nasional Laut yang terletak di Teluk Tomini bagian dari Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Kepulauan Togean juga dikenal sebagai taman nasional laut yang kaya akan terumbu karang dan berbagai biota laut langka dan dilindungi.

Pesona Bawah Laut Kadidiri (foto @rikasharsa)

Untuk menuju ke kepulauan Togean ada 2 alternatif rute yang bisa kamu pilih yakni

1. Via Kota Palu

Dari pusat ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah  yakni kota Palu bisa ditempuh dalam waktu 10 jam perjalanan menuju Pelabuhan Ampana.

Jaraktempuhnya memang cukup jauh yakn 375 kilometer melewati kota Poso dan kota-kota lainya di Sulawesi Tengah. Meeting Point utama biasanya dipusatkan di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie. Dari bandara ini kita harus menyewa kendaraan mobil menuju pelabuhan Ampana.

Foto newakurat.com

Setibanya di pelabuhan Ampana, ambil pelayaran menuju Wakai. Pastikan kalian tidak ketinggalan kapal mengingat jam  keberangkatan setiap harinya mulai jam 10.00 – 11.00 pagi.

2. Via Gorontalo

Selain dari Kota Palu, kita bisa melalui kota lainya di Sulawesi yakni melalui  Gorontalo. Meeting point utama akan dipusatkan di Bandara Jalaluddin Gorontalo.

Dari Bandara Gorontalo kita harus menyewa kendaraan untuk menuju ke Pelabuhan Gorontalo. Nah dari pelabuhan tersebut kita melanjutkan perjalanan lagi menggunakan kapal Fery dengan Rurte Tuna Tomini – Wakai Togean.

Jadwal kapal Fery yang melayani rute ini hanya akan berangkat pada hari Selasa dan Jumat saja setiap pukul 18.00 WITA dengan waktu tempuh lebih kurang sekitar 12 jam.

Akses & Trasnportasi Selama di Togean

Karena Togean merupakan sebuah kepulauan maka satu-satunya akses penghubung antar pulau adalah melalui speed boat atau kapal nelayan dan kapal fery.

Penginapan di Togean

Untuk beberapa pulau wisata sudah ada resort yang dibangun. Misalnya saja dipulau Kadidiri, disini ada resort ternama yang juga menjadi objek wisata seperti :

1. Kadidiri Paradise

Penginapan ini menjadi penginapan yang paling sering dikunjungi. Tarif atau Range harga hotel ini berkisar Rl 200-500 sesuai jenis kamar yang dipilih. Contact : 081343722072

2. Black Marlin

Foto blackmarlindiving.com
Black Marlin berlokasi di Pulau Kadidiri, dengan lama waktu tempuh sekitar 30 menit dari Pelabuhan Wakai.

Harga per kamarnya bervariasi, dari Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu per malam. Contact : Telepon: (0856) 5720 2004

Penginapan murah di Togean bisa juga kita jumpai dipulau Malange. Dipulau ini ada beberapa losmen atau homestay yang biasa disewakan kepada para wisatawan yang datang ke togean dengan harga yang jauh lebih murah.

3. Lestari Cottage

Cottage ini Berlokasi di Pulau Malege dimana tarif permalam di Lestari Cottage mulai dari Rp 110 ribu sampai Rp 200 ribu per malam. Contact : 085241998586

Foto : Tripadvisor.com

4. Fadilla Cottage

Cottage ini berafa didepan pantai pulau Katupat. Untuk standar tarif per malamnya mulai dari harga Rp 200 ribu sampai Rp 250 ribu. Untuk menuju pulau katupat kita membutuhkan waktu satu jam dari Wakai. Contact 085241003685

5. Poya Lisa

Penginapan Poya Lisa terletak di Pulau Poyalisa. Tarif per malamny adalah Rp 150 ribu. Telepon: 081239538675.

Ada Wisata Apa Saja di Togean.

Di kepulauan Togean sendiri ada banyak destinasi wisata yang bisa kita kunjungi mulai dari wisata Alam Pantai, Binatang khas Sulawesi hingga wisata budaya masyarakat asli sana.

Namun umumnya wisata laut dan pantai masih menjadi primadona dikawasan taman Nasioanl kepulauan  Togean. Tak heran bila banyak para diver yang menjadikan Togean sebagai salah satu destinasi menyelam mereka.

Foto @tife89

Beberapa objek wisata yang ada di Kepulauan Togean yaitu

1. Pulau Kadidiri

Jika kalian berkunjung ke Taman Nasional Kepulauan Togean, jangan lupa berkunjung kedestinasi utama wisata di Togean yakni Pulau Kadidiri.

Pulau Kadidiri adalah sebuah pulau yang  terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah dan Pulau Kadirdiri juga masuk kedalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean.

Foto @yanuarriansyah

Pulau kadidiri memiliki pasir putih yang bersih dan juga lautnya yang bewarna Biru.  Ditempat ini ada lebih dari 200 macam biota laut. Itulah salah satu alasan mengapa pulau ini bisa menjadi daya tarik bagi turis-turis asing yang ingin menyelam keindahan bawah laut Togean.

Pesona Bawah Laut Kadidiri (foto @rikasharsa)

Selengkapnya tentang Pulau Kadidiri bisa dibaca disini : Pulau Kadidiri Togean

2. Pulau Malenge

Pulau Malenge adalah sebuah pulau wisata yang juga masuk dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau Malenge terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah dan secara administratif terletak di desa Malenge, kecamatan Walea Kepulauan, Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah, Indonesia.

Foto @tetraodontiform

Pulau Malenge memiliki banyak sekali potensi wisata terutama wisata Bawah laut dan wisata pantai. Wisatawan yang datang berkunjung kepulau ini bisa melakukan aktifitas snorkeling, menyelam, tracking dan rekreasi di pasir putih yang berada di Pantai Kadoda, Bonavang, Pantai Poponoton, dan Pantai Batuengkang.

Foto @tetraodontiform

Selengkapnya tentang pulau Malange bisa kalian lihat disini : Pulau Malange

3. Gunung Colo
4. Karina beach
5. Danau ubur-ubur
6. Pantai sera
7. California reef
8. Taipi wall
9. Pulau papan

Itu dia guys sekilas informasi mengenai taman wisata yang yang ada di Kepulauan Togean, Sulawesi Tengah. Jangan lupa tetap jaga kebersihan diarea wisata selama berkunjung kesana ya. Satu lagi jangan menyentuh karang atau biota laut lainya saat menyelam atau snorkling.

Tags

Emye

Seorang Traveller yang hanya membantu untuk mempromosikan setiap wisata di Indonesia. ( Follow Instagram @kataomed - wa 081237395539 )

Related Articles

1 thought on “Mengenal Togean, Taman Laut Terindah di Sulawesi Tengah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close